GAYA HIDUP
27 Maret 2020

5 Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan, untuk Tulang Hingga Jantung!

Bisa membantu menjaga kesehatan jantung, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kentang adalah sayuran akar yang sangat populer. Makanya biasanya ibu-ibu rumah tangga menggunakan kulit kentang untuk berbagai hidangan, salah satunya yang paling umum adalah sup.

Tetapi tahukah Moms, bahwa bukan hanya kentang saja yang memiliki beragam manfaat? Kulit kentang ternyata memiliki manfaat yang juga beragam lho. Kulit kentang menghasilkan lebih banyak serat, vitamin, mineral, dan phytochemical.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Kentang Agar Tidak Mudah Busuk

Selama kulit kentang tersebut tidak dicampur dengan berbagai campuran lain seperti mentega, krim, keju atau daging, kulit kentang rendah kalori dan akan memberikan manfaat kesehatan yang membantu pencernaan, mengelola tekanan darah, menjaga tulang tetap kuat dan menangkal berbagai penyakit.

Manfaat Kulit Kentang

Apa saja manfaat yang ditawarkan oleh kulit kentang? Mari kita simak.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat kulit kentang

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kesehatan kulit kentang lainnya berasal dari kandungan mineral tertentu yang penting untuk pemeliharaan struktur dan kekuatan tulang. Nutrisi ini termasuk magnesium, kalium, fosfor, kalsium, tembaga, besi, dan seng.

Berdasarkan National Institutes of Health (NIH), Sekitar 50 hingga 60 persen magnesium di tubuh berada di tulang. Mengonsumsi kulit kentang dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan membantu mengurangi risiko osteoporosis pada wanita setelah menopause.

Diet kalium memiliki efek yang menguntungkan pada sistem kerangka dengan mengurangi kehilangan kalsium dari tulang, yang mengarah pada peningkatan kepadatan mineral tulang.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Fungsi Vitamin K Berikut Ini

2. Obat Antiinflamasi dan Menjaga Sistem Kekebalan tubuh

manfaat kulit kentang

Foto: Orami Photo Stock

Kulit kentang adalah sumber alami flavonoid, sejenis fitonutrien yang menunjukkan efek antiinflamasi dan antioksidan yang melindungi tubuh kita dari penyakit dan infeksi.

Salah satu flavonoid yang ditemukan di kulit kentang adalah senyawa yang disebut quercetin, yang dikenal karena stimulasi sistem kekebalan tubuh dan telah terbukti memiliki sifat antivirus yang dapat menghambat pelepasan histamin.

Sebuah studi dalam U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa quercetin efektif untuk pengobatan asma bronkial, rinitis alergi, dan reaksi anafilaksis yang diinduksi kacang.

Para penulis melaporkan bahwa quercetin yang diekstraksi dari tumbuhan adalah bahan utama dalam banyak obat anti-alergi yang potensial.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat kulit kentang

Foto: letsfixit.co.uk

Manfaat kesehatan kulit kentang juga termasuk membantu menjaga jantung kita berfungsi dengan baik.

Mengonsumsi kulit kentang dapat membantu kita mengelola tekanan darah secara alami melalui kandungan mineral: kalsium, magnesium, dan kalsium.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

Kalsium membantu fungsi otot, yang diperlukan untuk melemaskan dinding pembuluh darah. Ini membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium juga digunakan untuk melakukan sinyal listrik di jantung untuk mengontrol detak jantung yang tidak teratur.

4. Membantu Menjaga Otak dan Sistem Saraf

manfaat kulit kentang

Foto: Orami Photo Stock

Kulit kentang mengandung senyawa yang disebut kolin, yang merupakan blok pembangun lesitin, bagian dari dinding sel, plasma dan lipoprotein.

Otak dan sistem saraf kita membutuhkan kolin untuk mengatur suasana hati, memori, dan kontrol otot, di antara fungsi-fungsi lainnya.

Satu kulit kentang mengandung 18 miligram kolin yang berkontribusi pada jumlah harian yang disarankan antara 425 dan 550 miligram untuk orang dewasa, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

5. Melancarkan Pencernaan

manfaat kulit kentang

Foto: hutchinsontransmission.com

Serat dalam kulit kentang dapat membantu kita tetap teratur. BAB Serat adalah bagian selulosa dari makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Ini menambahkan curah dan menyerap air untuk melunakkan tinja sehingga dapat melewati sistem pencernaan dengan lancar dan membantu mencegah sembelit.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Serat juga dapat membantu meringankan divertikulitis, sindrom iritasi usus, wasir dan kondisi usus lainnya. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, serat makanan juga ditemukan memiliki potensi untuk mengurangi risiko kanker usus besar.

Itu dia Moms beberapa manfaat kulit kentang yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Artikel Terkait