KESEHATAN
30 Juni 2020

6 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan yang Wajib Moms Tahu

Banyak lho manfaatnya untuk kesehatan tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Manggis adalah buah tropis yang memiliki cita rasa agak manis dan asem secara bersamaan.

Buah ini kadang-kadang disebut juga sebagai manggis ungu karena warna ungu tua kulitnya berkembang ketika matang. Sebaliknya, daging bagian dalam yang berair berwarna putih cerah.

Baca Juga: Resep Puding Jeruk Kelapa Muda Nikmat untuk Buka Puasa

Meskipun manggis tidak banyak difavoritkan, nyatanya manggis memiliki banyak manfaat. Tidak hanya buahnya saja, bahkan kulit manggis juga memiliki banyak manfaat yang tidak boleh kita abaikan.

Mengutip dari Journal of Food Science and Technology, di antara kulit buah, kulit manggis mengandung sumber penting antioksidan fenolik alami. Kulit manggis juga mengandung berbagai zat bioaktif, yaitu asam fenolik dan flavonoid, juga sifat antioksidan.

Manfaat Kulit Manggis

Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari kulit manggis? Yuk kita lihat.

1. Mencegah Kanker

manfaat kulit manggis

Foto: Orami Photo Stock

Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, atau mereka yang mengidap kanker. Tingginya antioksidan dalam kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, xanthone, antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis, dapat mencegah proliferasi sel kanker. Ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker. Tapi, kita harus ingat bahwa kulit manggis tidak dapat membunuh sel kanker sepenuhnya.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara, Ini Daftarnya

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat kulit manggis

Foto: Orami Photo Stock

Kulit manggis mengandung vitamin C yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Itulah mengapa kulit manggis bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, karena vitamin C mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja tubuh kita bertemu dengan agen infeksi, sehingga kita tidak akan mudah sakit.

Kulit manggis juga memiliki sifat anti-mikroba yang sangat efektif terhadap staphylococcus aureus. Ini membuat kulit manggis bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kekebalan tubuh rendah, seperti pasien tuberkulosis dan HIV / AIDS.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

manfaat kulit manggis

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat dari kulit manggis selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Kulit manggis memiliki kalori yang sangat sedikit. Ini membuat kulit manggis sangat aman bagi penderita diabetes.

Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal, dengan mengikat gula di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.

Baca Juga: Seberapa Penting Periksa Gula Darah Saat Hamil?

4. Mencegah Konstipasi

manfaat kulit manggis

Foto: Orami Photo Stock

Serat dalam kulit manggis membantu mencegah sembelit. Serat memberi massa lebih banyak pada tinja, dan juga menyerap air dari luar usus besar, membuat tinja lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol

manfaat kulit manggis

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan serat dalam kulit manggis memiliki kemampuan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis berikatan dengan LDL dan trigliserida dalam darah dan mempercepatnya untuk diproses menjadi asam empedu, yang nantinya akan dihilangkan dari tubuh.

6. Mencegah Stroke

manfaat kulit manggis

Foto: Orami Photo Stock

Kulit manggis memiliki manfaat kesehatan untuk mencegah stroke karena dapat mencegah aterosklerosis.

Baca Juga: Ketahui Pertolongan Pertama saat Stroke

Antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis dapat menjaga elastisitas pembuluh darah, mencegahnya dari aterosklerosis dini yang dapat menyebabkan stroke dan penyakit terkait trombosis lainnya.

Itu dia sederat manfaat yang bisa didapatkan dari kulit manggis. Moms mau mulai mengonsumsinya?

Artikel Terkait