KESEHATAN
21 Februari 2020

7 Manfaat Kunyit Asam Selain untuk Nyeri Haid

Manfaatkan jamu kunyit asam untuk berbagai keluhan penyakit!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Jamu kunyit asam selama ini dikenal sebagai obat yang manjur untuk mengurangi nyeri haid yang dialami banyak kaum hawa. Apakah Moms suka mengonsumsinya ketika tamu bulanan datang?

Dalam kunyit asam (kunyit dan asam jawa) terkandung kurkumin yang dapat mengurangi produksi hormon prostaglandin yang menciptakan rasa sakit.

Tak hanya itu, jamu kunyit asam pun memiliki kandungan saponin, tannin, alkaloid, dan zat lainnya yang memengaruhi sistem saraf di otak. Dari otak, kontraksi rahim saat nyeri haid dapat diredakan.

Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects mengungkapkan bahwa manfaat kunyit bisa didapatkan secara maksimal dengan cara dikonsumsi.

Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan

Selain dapat dimanfaatkan ketika haid, jamu kunyit asam juga baik untuk kesehatan dan memiliki banyak khasiat lainnya. Yuk simak manfaat kunyit asam bagi kesehatan!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat kunyit asam - meningkatkan daya tahan tubuh.jpg

Kunyit dan asam jawa merupakan antioksidan alami. Asam jawa sangat kaya akan vitamin C sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C merupakan pelindung utama dari ancaman virus dan bakteri yang mungkin Moms temui selama aktivitas sehari-hari.

Jadi, manfaat kunyit asam sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit, seperti flu.

2. Baik untuk Kesehatan Kulit

Asam jawa kaya akan anti oksidan sehingga dapat membantu dalam melawan radikal bebas yang merupakan satu penyebab utama anti penuaan.

“Selain itu dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Rempah ini juga membantu kulit pulih dengan cepat dari infeksi,” terang ahli nutrisi, Dr. Swari Dave.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

3. Menurunkan Berat Badan

manfaat kunyit asam - menurunkan berat badan.jpg

Manfaat kunyit asam berikutnya adalah menurunkan berat badan. Asam jawa memiliki zat asam hidroksitikit atau disebut HCA.

Dalam penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, zat HCA mampu menghambat penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Meski efeknya tidak terlalu besar, zat HCA juga dipercaya berpengaruh dalam menurunkan berat badan.

Moms yang sekarang lagi menjalani program diet bisa mulai mencoba menkonsumsi kunyit asam untuk mendapatkan berat badan ideal yang Moms inginkan!

4. Mengendalikan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, manfaat kunyit asam bisa jadi solusi untuk menstabilkan gula darah, lho, Moms.

Kandungan kurkumin dalam kunyit ternyata dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Selain menstabilkan kadar gula darah, kunyit juga dapat membantu meningkatkan fungsi insulin dan membantu menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan.

‘Kurkumin adalah agen anti inflamasi yang sangat kuat untuk melawan peradangan di dalam tubuh,” ujar Prof Manohar Garg, Direktur Program Penelitin Nutraceuticals di University of Newcastle.

Baca Juga: Sakit Perut saat Menstruasi, Ini 7 Cara Mengatasinya!

5. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

20161227-Ginger_Turmeric_Detox-Glass-Web.jpg

Dengan meminum kunyit asam, Moms bisa mengeluarkan lebih banyak urine.

Artinya, kunyit asam sebenarnya dapat “menyiram” lemak yang berlebihan, bakteri jahat, dan zat lainnya yang tidak diinginkan melalui ekskresi urine.

Buang air kecil secara teratur akan membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Dengan meminum kunyit asam pula Moms bisa terhindar dari infeksi saluran kemih.

6. Memperlancar Pencernaan

Asam jawa digunakan dalam banyak obat tradisional sebagai pencahar, mencegah sembelit, dan mengatasi cacingan pada anak-anak.

Selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk mencegah gangguan pencernaan, seperti asam lambung dan gangguan empedu.

Baca Juga: Asam Lambung Naik Saat Hamil, Ini 7 Cara Mengatasinya!

7. Mengobati Nyeri Sendi

manfaat kunyit asam - meredakan nyeri sendi.jpg

Manfaat kunyit asam yang satu ini pas sekali untuk Moms yang sering bermasalah dengan nyeri sendi.

Sifat analgesik kurkumin dari jamu kunyit asam sangat efektif mengurangi rasa sakit.

Selain efektif mengurangi kram perut saat datang bulan, bisa juga mengurang rasa sakit pada sendi yang disebabkan oleh artritis.

Zat anti-inflamasi pada jamu kunyit asam juga dapat membantu mengurangi peradangan di dalam sendi.

Nah, ternyata banyak sekali ya manfaat kunyit asam bagi kesehatan kita. Mari konsumsi kunyit asam untuk mendapatkan beragam khasiatnya!

(DI/ERW)

Artikel Terkait