KESEHATAN
19 September 2019

5 Manfaat Kunyit Dalam Melancarkan Haid

Begitu banyak khasiat kunyit untuk kesehatan, lalu bagaimana khasiat kunyit untuk memperlancar haid?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Amenore merupakan istilah medis untuk menyebut salah satu gangguan saat menstruasi. Tak jarang wanita mengalami gangguan karena tidak lancarnya menstruasi.

Maka tak sedikit pula wanita yang mengonsumsi obat untuk melancarkan menstruasi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kunyit.

Curcuma longa atau nama latin dari kunyit yang merupakan tanaman akar dengan warna mencolok dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan manfaat yang luar biasa ampuh menangani banyak penyakit.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang serupa dengan salah satu hormon seks wanita yang penting dalam siklus menstruasi, yakni estrogen.

Gejala seperti, kram perut, pusing, mood yang tak baik, hingga sembelit dialami sebagian wanita saat menstruasi, apalagi jika siklus haid tidak lancar. Kunyit memberikan banyak manfaat untuk menangani hal tersebut.

Apa saja manfaat kunyit untuk wanita yang tidak lancar masa menstruasinya?

1. Memperlancar siklus menstruasi

khasiat kunyit untuk memperlancar haid.jpg

Wanita yang mengalami menstruasi tak teratur atau lebih dari 35 hari masa menstruasi dapat menyebabkan nyeri yang lebih dari biasanya.

Aliran darah biasanya akan lebih deras atau malah sedikit. Kunyit sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita dapat bertindak sebagai fitoestrogen.

Selain itu, manfaat kunyit memiliki sifat emmenagogue yang menstimulasi aliran darah di area panggul dan rahim.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

2. Mengatasi nyeri

khasiat kunyit untuk memperlancar haid 3.jpg

Menjadi hal yang sangat umum ketika wanita yang akan atau sedang menstruasi mengalami nyeri pada bagian perut, panggul, payudara, sampai punggung bawah. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas wanita.

Sifat analgesik dari kunyit ternyata dapat mengurangi rasa nyeri saat sedang menstruasi.

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat menghambat hormon yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan.

3. Mengatasi kram perut

khasiat kunyit untuk memperlancar haid 2.jpg

Gangguan seperti kram perut merupakan salah satu hal yang sangat dihindari oleh wanita saat menstruasi.

Biasanya wanita yang mengalami kram perut akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Kram perut ini terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim.

Kunyit yang memiliki sifat antispasmodik dapat membantu meredakan gejala premenstrual syndrome atau biasa disingkat PMS seperti kram perut atau nyeri haid.

Menurut University of Maryland Medical Center, kunyit dengan kandungan anti radang dapat mengurangi rasa sakit pada penderita osteoarthritis.

Seorang nutrisionis asal India bahkan memberikan resep obat untuk memperlancar siklus menstruasi dengan bahan dasar kunyit.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Asam Selain untuk Nyeri Haid

4. Mengurangi mood swing

khasiat kunyit untuk memperlancar haid 4.jpg

Orang-orang biasanya akan sangat berhati menghadapi wanita yang sedang menstruasi, karena sebagian wanita akan mudah marah dan emosional.

Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita yang sedang menstruasi yang kemudian menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis.

Menurut penelitian yang dilakukan di Belanda, kunyit merupakan salah satu bahan dasar yang dapat mengendalikan emosi saat sedang menstruasi.

Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat menyeimbangkan berbagai macam zat kimia pada otak sehingga dapat mengatur emosi hingga terhindar dari mood swing.

5. Menghindari Gejala PMS (Premenstrual Syndrome)

khasiat kunyit untuk memperlancar haid 5.jpg

Sindrom pramenstruasi atau PMS memang sering terjadi pada sebagian wanita sebelum menstruasi. Beberapa mengalami berbagai gejala seperti berjerawat, lemas, sakit kepala, hingga flu.

Kunyit lagi-lagi dapat membantu melawan gejala-gejala PMS, yakni memperkuat daya tahan tubuh agar tetap bekerja dengan baik.

Baca Juga: 6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Tak hanya untuk kesehatan dan kecantikan manfaat kunyit ternyata begitu penting untuk wanita ya, Moms.

Menjelang menstruasi tiba, Moms bisa mengonsumsi minuman kunyit apalagi jika Moms selalu dilanda rasa sakit berlebih saat menstruasi. Selamat mencoba!

(PSF/ERW)

Artikel Terkait