KESEHATAN
16 Februari 2020

6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan, hingga obat anti jamur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Mungkin kita sudah sering mendengar tentang kunyit kuning. Kunyit ini biasanya digunakan dalam bumbu masakan sebagai penyedap rasa. Tapi bagaimana dengan kunyit putih?

Kunyit sebenarnya memiliki manfaat lebih dari sekadar bumbu masakan. Tanaman satu ini juga dikenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, berkat senyawa curcumin yang terkandung di dalamnya, yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan.

manfaat kunyit putih

Kunyit putih masuk dalam keluarga jahe-jahean. Tanaman yang sering disebut dengan Zedoaria (Curcuma Zedoaria) ini merupakan jenis tanaman yang hampir semua bagiannya bisa digunakan untuk obat, seperti akar, minyak dan daunnya.

Dilansir dari penelitian di National Center for Biotechnology Information, kunyit putih biasa digunakan dalam pengobatan India (Ayurveda) untuk mengatasi diare, kanker, buang angin, dan masalah gangguan pencernaan.

Baca Juga: 6 Ragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Nah, mari kita simak lebih lengkapnya manfaat kunyit putih bagi kesehatan kita.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat kunyit putih, kunyit putih

Manfaat kunyit putih pertama adalah digunakan untuk memperlancar masalah pencernaan, terutama di saluran pencernaan.

Hal ini juga dapat membantu meredakan perut kembung, buang air besar tidak teratur, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

2. Mengurangi Peradangan

manfaat kunyit putih, kunyit putih

Kunyit putih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu memerangi peradangan, terutama bagi orang yang menderita radang sendi.

"Hal paling keren tentang curcumin adalah sifat anti-inflamasi nya yang paling manjur saat digunakan," kata Dr. Sara Gottfried, pakar kesehatan wanita.

Bahkan, juga dipercaya mampu mengobati luka dan penyakit kulit lainnya. Manfaat kunyit putih yang satu ini akan mengurangi rasa sakit berkat kandungan curcumenol, senyawa yang diperoleh dari tanaman ini.

Baca Juga: Yuk Coba Masker Kunyit, Ini 6 Manfaatnya!

3. Memiliki Berbagai Kandungan Anti Oksidan

manfaat kunyit putih, kunyit putih

Karena adanya berbagai antioksidan, manfaat kunyit putih mampu menghambat pertumbuhan radikal bebas, yang menghancurkan sel-sel tubuh yang menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

"Kunyit putih memiliki antioksidan kuat dan anti-inflamasi yang disebut curcumin," jelas Shadoh Punnapuzha, pendiri Arya Essentials.

Senyawa curcumin bertindak sebagai anti-alergen, yang mencegah pelepasan bahan kimia yang memicu reaksi alergi.

4. Memperkuat Sistem Pernapasan

manfaat kunyit putih, kunyit putih

Masalah pernapasan umumnya disebabkan oleh cairan seperti dahak dan penumpukan lendir di paru-paru dan area tubuh lainnya.

Lendir dan dahak memblokir saluran hidung dan menyebabkan kita kesulitan bernapas dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma, batuk dan pilek.

Baca Juga: Sistem Pernapasan pada Ibu Hamil Berubah, Ketahui Perawatan Gigi yang Tepat

5. Obat Alergi Alami

manfaat kunyit putih, kunyit putih

Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit.

Bahkan sebuah studi, yang diterbitkan dalam jurnal, BioMed Research International, menemukan kunyit putih sangat membantu dalam merawat pasien dengan psoriasis, salah satu kondisi kulit yang paling sulit diobati.

Senyawa ini bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat kimia yang memicu reaksi alergi.

6. Obat Anti Jamur

manfaat kunyit putih, kunyit putih

Kunyit putih adalah anti mikroba dan anti jamur yang ampuh. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan beberapa spesies bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, seperti E. coli.

Jamur ini menyebabkan banyak gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan makanan, serta dan Staphylococcus aureus penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Jika dibandingkan dengan kunyit kuning, kunyit putih memiliki daging yang lebih ringan dan rasanya sangat mirip dengan jahe, tetapi dengan rasa yang lebih pahit.

Sedangkan kunyit kuning berbau seperti campuran jahe dan jeruk dengan rasa agak pedas dan pahit. Warna kuning disebabkan oleh tingginya kadar curcumin (lihat lebih jauh di bawah) dalam kunyit.

Itu dia berbagai manfaat kunyit putih bagi kesehatan. Jadi jangan hanya menggunakan kunyit kuning sebagai bumbu masakan ya, Moms!

Artikel Terkait