KEHAMILAN
7 Juni 2020

4 Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil, Simak di Sini!

Bisa meningkatkan perkembangan otak untuk Si Kecil dalam kandungan, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat Moms hamil tentu sudah membuat hati berbunga-bunga dan mampu tersenyum hingga berhari-hari. Tapi, mendadak Moms bangun di malam hari lalu penasaran apakah kunyit aman selama kehamilan?

Menurut artikel Herbal Medicine : Biomolecular and Clinical Aspects, kunyit atau juga disebut sebagai rempah emas karena warna kuningnya yang cerah memiliki sejarah panjang. Faktanya, pengunaannya berasal dari 4.000 tahun yang lalu untuk budaya Veda di India.

Para peneliti belum melakukan penelitian tentang keamanan konsumsi kunyit untuk ibu hamil. Namun berdasarkan Medicalnewstoday, kunyit untuk ibu hamil haruslah berupa segar atau kering karena aman untuk dikonsumsi namun dalam jumlah kecil seperti yang ditemukan dalam makanan.

Kunyit untuk ibu hamil harus dihindari bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ini termasuk kapsul atau suplemen yang mengandung kunyit atau kurkumin, yang merupakan bahan aktif utamanya.

Mengkonsumsi curcumin dalam jumlah besar selama kehamilan dapat mengubah kadar hormon estrogen dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kontraksi rahim atau perdarahan. Efek ini bisa cukup untuk memicu keguguran atau persalinan dini.

Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil

Namun, Moms tak perlu khawatir karena kunyit pun memiliki manfaat.Nah, berikut ini beberapa manfat kunyit untuk ibu hamil:

Baca Juga: 5 Manfaat Ibu Hamil Makan Biji Bunga Matahari, Patut Dicoba!

1. Menghilangkan Heartburn saat Hamil

Manfaat Kunyit bagi Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms mengalami heartburn saat hamil, pasti mencari apapun yang membawa kelegaan. Nah, dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayuverdic, kunyit telah digunakan sebagai alternative untuk mengobati heartburn dan penyakit pencernaan lainnya.

Sementara itu, tidak ada penelitian pada manusia untuk menunjukkan efektivitas kunyit dalam mengurangi heartburn, namun Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition, menunjukkan bahwa faktor proinflamasi dan stres oksidatif terlibat dalam pengembangan penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Dengan efek anti-inflamasi yang telah terbukti, kunyit mungkin dapat membantu meredakan GERD, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian tentang keamanan dan kemanjuran atau manfaat kunyit untuk ibu hamil.

2. Meredakan Gusi Berdarah Saat Hamil

Gusi berdarah.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Gigi Moms sempurna saat hamil. Moms menyikat dua kali setiap hari. Sekarang, tiba-tiba gusi berdarah. Apa yang menjadi penyebabnya? Adalah kesalahan progesterone hormone kehamilan. Memuncak antara bulan ke-2 dan ke-8 kehamilan, progesteron dapat membuat wanita hamil lebih rentan terkena gingivitis kehamilan.

Kehamilan gingivitis menandakan proses peradangan tubuh. Jadi, bisakah obat kumur berbasis kunyit menghentikannya? Menurut uji klinis yang diterbitkan Journal of Indian Society of Periodontology, jawabnnya adalah ya. Obat kumur kunyit sama efektifnya dengan antimikroba standar dalam pencegahan plak dan radang gusi.

Tetapi penelitian ini tidak dilakukan pada ibu hamil, sehingga keamanan menggunakan obat kunyit harus didiskusikan dengan dokter kandungan serta dokter gigi Moms.

Baca Juga:5 Manfaat Kunyit Dalam Melancarkan Haid

3. Mencegah Preeklamsia

preeklamsia.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Preeklamsia adalah suatu kondisi yang hanya terjadi pada kehamilan biasanya setelah minggu ke-20. Itu terjadi ketika tekanan darah sangat tinggi dan ada protein dalam urin atau masalah ginjal atau hati.

Preeklamsia hanya memengaruhi hingga 8 persen kehamilan menurut Cleveland Clinic, dan sebagian besar wanita dengan preeklamsia melahirkan bayi yang sehat dan sepenuhnya pulih.

Tetapi dalam semua transparansi, kondisi ini bisa serius, menyebabkan kecacatan ibu atau bayi atau kematian jika tidak segera ditangani. Apa yang menyebabkan wanita hamil mengalami preeklampsia belum sepenuhnya diketahui, tetapi peradangan diduga berperan.

Satu studi unik yang membandingkan plasma wanita dengan preeklamsia dengan yang tidak menunjukkan bahwa curcumin atau senyawa utama dalam kunyit dapat mengurangi penanda inflamasi pada wanita hamil dan membantu mencegah preeklamsia.

Meskipun menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk merekomendasikan kunyit untuk pencegahan preeklamsia.

Baca Juga:Yuk Coba Masker Kunyit, Ini 6 Manfaatnya!

4. Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi

Manfaat Kunyit bagi Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, ingin Si Kecil menjadi jenius, bukan? Moms makan bluberry setiap hari, mendapatkan omega-3, mendengarkan music klasik, dan berbicara dnegan Si Kecil dalam kandungan sejak hari pertama Moms serta Dads mengetahui keberadaannya.

Penelitian menunjuk ke hal lain yang dapat memengaruhi otak dan perkembangan neurologis bayi Anda: tingkat peradangan tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi dari ibu dengan tingkat inflamasi yang tinggi selama kehamilan berada pada risiko yang meningkat untuk mengembangkan gangguan perkembangan saraf, seperti gangguan spektrum autisme dan gangguan hiperaktif defisit perhatian.

Sebuah studi 2018 dari Science Translational Medicine menunjukkan korelasi antara penanda inflamasi ibu yang lebih tinggi dan skor memori fungsional yang lebih rendah pada usia 2.

Moms mungkin berpikir bahwa mengonsumsi kunyit dapat mengurangi peradangan selama kehamilan dan karenanya meningkatkan kekuatan otak bayi, tetapi kata itu masih belum jelas apakah manfaat kunyit untuk ibu hamil lebih besar daripada risikonya.

Baca Juga:7 Manfaat Susu Kunyit untuk Ibu Hamil dan Cara Membuatnya

Kunyit untuk ibu hamil kemungkinan aman ketika mengonsumsinya dalam jumlah yang biasa ada dalam makanan serta minuman.

Sebagian besar ahli sepakat bahwa wanita hamil harus menghindari konsumsi curcumin yang terdapat kunyit dalam jumlah yang terkandung dalam suplemen. Meskipun peneliti tidak dapat mengkonfirmasi risiko sebenarnya dari ibu hamil yang mengkonsumsi curcumin dalam jumlah besar, ada potensi bahwa hal itu dapat memicu persalinan dini atau keguguran.

Jumlah kuliner kunyit mungkin masih memberikan beberapa manfaat anti-inflamasi terkait untuk Moms yang tengah hamil, terutama ketika mereka mengkonsumsi rempah-rempah sebagai bagian dari diet seimbang.

Namun, bila Moms memiliki rasa ragu tentang manfaat kunyit untuk ibu hamil maka tak ada salahnya mendiskusikan kepada dokter kandungan maupun bidan untuk lebih yakinnya.

Artikel Terkait