PROGRAM HAMIL
28 Januari 2020

Ini Manfaat Kunyit untuk Program Hamil, Catat!

Bisakah meningkatkan kesuburan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kunyit adalah tanaman rimpang dari keluarga jahe, yang berasal dari Asia selatan. Tanaman ini telah digunakan sebagai rempah-rempah dan obat selama ribuan tahun. Pertama kali digunakan sebagai pewarna dan kemudian untuk kuliner dan sifat obat.

Senyawa aktif utama dalam kunyit adalah curcumin, yang terbukti memiliki efek yang sebanding dengan obat anti-inflamasi yang dijual tanpa resep, tetapi tanpa efek samping yang berpotensi membahayakan.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Pakaian

Berdasarkan jurnal U.S. National Library of Medicine, curcumin memiliki sifat antibakteri, antivirus, antiinflamasi, dan antikanker, sehingga banyak penelitian yang menunjukkan manfaatnya dalam mengobati berbagai kondisi mulai dari radang sendi hingga kanker hingga penyakit radang usus.

Bahkan manfaat kunyit dinilai cukup baik juga lho untuk meningkatkan kesuburan. Apalagi untuk Moms dan pasangan yang sedang mengikuti program hamil.

Manfaat Kunyit untuk Program Hamil

manfaat kunyit

Foto: kusinanimisis.com

Sebagai antiinflamasi, kunyit mendukung sistem kekebalan tubuh. Kunyit juga merupakan antioksidan kuat, yang berarti mampu melawan radikal bebas berbahaya dan melindungi DNA kita dari kerusakan.

Selain itu juga dapat membantu melindungi terhadap toksisitas logam berat dengan menstimulasi enzim yang bertanggung jawab untuk membuang racun dari tubuh.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Memulai Program Hamil

Saat kita mencoba untuk hamil, mengurangi peradangan berlebih, melindungi DNA dan mengurangi toksisitas logam berat mungkin menjadi prioritas utama, jadi mungkin merupakan satu ide yang baik untuk mempertimbangkan menggunakan kunyit dalam meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Itu artinya, kunyit punya manfaat untuk program hamil Moms dan Dads.

Selain itu, banyak dari kondisi yang mempengaruhi wanita yang mencoba untuk hamil ditandai dengan peradangan dan rasa sakit, jadi manfaat kunyit dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan bagi para wanita yang mencoba .

Contoh kondisi terkait kesuburan di mana manfaat kunyit dapat membantu adalah Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS), endometriosis, fibroid rahim, dan ketegangan pra-menstruasi.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

manfaat kunyit

Foto: yahoo.com

Tidak ada keraguan bahwa kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk program hamil, tetapi selalu merupakan ide yang baik untuk berkonsultasi dengan ahlinya sebelum menggunakannya secara terapeutik.

Baca Juga: Apakah Kunyit Aman Dikonsumsi Ibu Hamil?

Ada beberapa kondisi di mana kunyit atau curcumin dengan dosis tinggi dikontraindikasikan. Cobalah untuk tidak mengonsumsi kunyit dosis tinggi dalam bentuk suplemen ketika mencoba untuk hamil karena berpotensi buruk untuk kehamilan.

Kunyit adalah stimulan uterus ringan, dan bukan sesuatu yang direkomendasikan untuk wanita hamil dalam dosis terapi.

Jika Moms sedang mencoba untuk hamil, mungkin bisa mencoba menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbu untuk memasak. Moms bisa memasukkan kunyit dalam masakan kari misalnya.

Artikel Terkait