2-3 TAHUN
17 September 2019

Baik Bagi Tulang dan Otak, Ini 10 Manfaat Kurma untuk Anak

Kurma memiliki nilai gizi yang tinggi untuk membantu pertumbuhan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Kurma merupakanan buah yang baik untuk dimasukkan dalam diet Si Kecil mulai dengan mengonsumsi makananan padat.

Kurma memiliki sumber mineral yang baik seperti zat besi, kalsium, natrium fosfor, magnesium, kalium dan seng. Bahkan juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin A, B6 dan vitamin K.

Baca Juga: 8 Permainan Anak Seru untuk Bayi 9 Bulan

Tak hanya itu, kurma juga merupakan sumber gula dan serat yang baik. Gula sederhana, termasuk fruktosa dan dekstrosa yang ada dalam kurma diketahui memberi energi instan.

“Manfaat kurma yaitu mempertahankan energi sepanjang hari, Mereka dapat dikonsumsi kapan saja — sarapan, makan siang, atau sebagai camilan malam — dan merupakan sumber nutrisi, baik makro dan mikro, vitamin dan mineral,” kata ahli gizi integratif, Payal Kothari .

Saat memberikan kepada Si Kecil, Moms bisa menawarkannya dalam bentuk tumbuk atau dikukus. Mulai dengan satu kurma sehari dan secara bertahap meningkat menjadi 2-3 per hari.

Dilansir dari beingparents.com, ada beberapa manfaat kurma untuk anak. Salah satunya untuk perkembangan otak lho, Moms!

1. Perkembangan Tulang

Makan Kurma

Kurma memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi. Sehingga, manfaat kurma yaitu untuk perkembangan tulang terutama bila Si Kecil mengonsumsi secara rutin.

2. Perkembangan Otak

Kalium membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, dan nutrisi yang cukup ini terdapat dalam manfaat kurma, sehingga memungkinkan perkembangan kognitif Si Kecil secara keseluruhan.

3. Mencegah Gangguan Percernaan

Gangguan Pencernaan

Kurma diyakini membantu menghilangkan organisme parasite dan membantu menumbuhkan bakteri ramah di usus.

Ini juga membantu mencegah masalah usus yang menjadi kekhawatiran umum pada Si Kecil.

4. Perlindungan Hati

Moms, Si Kecil cukup rentan untuk tertular infeksi virus dan bakteri, yang pada gilirannya akan memiliki efek buruk pada hati.

Ini juga yang berkontribusi tinggi pada kejadian kondisi hati seperti penyakit kuning, tipus, dan hepatitis.

Namun, manfaat kurma lain yaitu sifat melindungi hati dan karenannya merupakan makanan diet preventif yang baik untuk dimasukkan dalam menu Si Kecil.

5. Gigi Lebih Kuat

Gigi-Anak-Hero.jpg

Kurma yang matang dapat diberikan ketika Si Kecil sedang tumbuh gigi untuk perkembangan gigi yang lebih baik.

Manfaat kurma lainnya dipastikan membantu memperkuat gusi dan membuat gigi tumbuh lebih kuat dan lebih cepat. Mengunyah kurma yang matang bisa menjadi latihan gigi yang baik.

6. Makanan Bergizi Selama Demam dan Cacar

Kurma dapat membantu dalam mempercepat pemulihan Si Kecil dari demam atau cacar.

Karena campuran nutrisi yang kaya dari kurma. Moms bisa juga mencampur kurma dengan susu.

7. Obat untuk Disentri

Flu Perut Pada Anak

Ketika Si Kecil mengalami disentri karena infeksi bakteri di usus besar. Manfaat mengonsumsi kurma dapat mengontrol bakteri lewat pemberian yang dikemas dalam bentuk bubur.

8. Obat dari Sembelit

Jumlah serat yang tinggi dalam kurma meningkatkan penyerapan air dan mengikat feses. ini juga membantu pergerakan usus halus untuk Si Kecil

9. Meningkatkan Kadar Hemoglobin dalam Darah

Sirup Kurma, Pemanis Alami Untuk MPASI 2.jpg

Moms, kurma memliki kandungan zat besi yang tinggi. Ini membantu dalam meningkatkan jumlah hemoglobin dalam sel darah merah Si Kecil.

“Lantaran kaya akan zat besi, manfaat kurma pun meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang membantu pertumbuhan rambut lebih cepat. Ini terjadi karena oksigen tersebar dengan baik ke seluruh tubuh,” ungkap dokter kulit di Delhi, Dr Geetika Mittal Gupta.

10. Meningkatkan Berat Badan

Jika Si Kecil perlu menambah berat badan yang ideal, selain memberi makan secara kencang maka kurma pun bisa menjadi solusinya. Kurma kaya akan kalori diyakini solusi sempurna menaikkan berat badan.

Baca Juga: Benarkah Menyusui Bayi Hilangkan Berat Badan?

Walaupun begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan kurma pada Si Kecil seperti yang dilansir dalam momjunction.com, yaitu :

  • Beli kurma yang matang karena bila tidak matang sering menimbulkan efek yang berlawanan.
  • Kurma hanya bisa dikonsumsi setelah Si Kecil memulai makanan padat
  • Hindari merebus karena akan menghilangkan manfaat kurma
  • Saat memperkenalkan kurma, pilihlah yang tanpa biji untuk berada di sisi yang aman atau berhati-hati dengan cara mengeluarkan biji sebelum memberi.
  • Meskipun, kurma membantu membuat anak-anak lebih kuat dan bebas alergi ,Moms harus berhati-hati terhadap tanda-tanda alergi dalam 24 jam pertama memperkenalkan kurma pada makanan anak Anda.

Terakhir, Sebelum memperkenalkan makanan baru Si Kecil, ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter anak untuk dimasukkan dalam menu harian ataupun tambahan.

Artikel Terkait