KESEHATAN
28 Juli 2020

17 Manfaat Lavender Oil untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Mengurangi Jerawat!

Tidak hanya sebagai aromaterapi, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms pasti mengenal lavender oil kan? U.S. National Library of Medicine menjelaskan bahwa lavender oil adalah minyak yang dibuat dari bunga atau tanaman lavender.

Seperti essential oil lainnya, Moms sebaiknya mencampurkan lavender oil dengan carrier oil terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada kulit.

Carrier oil dapat berupa minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, atau minyak avokad.

Kalau Moms mengaplikasikannya ke bagian kulit yang bermasalah, lebih baik gunakan kapas, jangan secara langsung. Untuk kulit keriput dan kering, Moms bisa langsung mengoleskannya dengan tangan.

Perhatikan untuk memberhentikan pemakaian lavender oil bila terjadi efek samping seperti gatal, panas, atau kemerahan pada kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Avocado Oil untuk Kulit Bayi

Manfaat Lavender Oil untuk Kulit

Lavender oil umumnya digunakan sebagai aromaterapi, tapi juga punya banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat lavender oil untuk tubuh? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Jerawat

manfaat lavender oil (1).jpg

Foto: thehealthy.com

Lavender oil bekerja untuk membunuh bakteri, sehingga mencegah sekaligus mengobati jerawat.

Untuk merasakan manfaat lavender oil yang satu ini, Moms harus melarutkannya dengan minyak kelapa atau carrier oil lainnya, lalu aplikasikan ke wajah setelah cuci muka.

Moms juga bisa menggunakan lavender oil sebagai toner dengan mencampurkan dua tetes lavender oil dan satu sendok teh witch hazel.

2. Menenangkan Eksim

Kondisi eksim bisa dialami siapa saja, termasuk Si Kecil. Saat mengalami eksim, kulit biasanya jadi kering, gatal, dan bersisik.

Karena lavender oil memiliki kandungan anti jamur dan mengurangi inflamasi, minyak ini bisa membantu menenangkan eksim.

3. Mengurangi Hiperpigmentasi

Khasiat lavender oil yang mungkin belum banyak diketahui adalah mencerahkan kulit. Lavender oil mampu mengurangi hiperpigmentasi, seperti kulit belang atau noda hitam.

4. Mencegah Penuaan

Manfaat lavender oil yang lain adalah mencegah penuaan. Radikal bebas adalah salah satu penyebab garis-garis halus dan kerutan di wajah. Nah, lavender oil kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Baca Juga: Tea Tree Oil untuk Mengatasi Jerawat saat Hamil, Amankah?

5. Meningkatkan Sistem Saraf

manfaat lavender oil (3).jpg

Foto: healthline.com

Penelitian yang diterbitkan Jurnal Hindawi menunjukkan bahwa menghirup lavender oil bisa membantu memberikan efek menenangkan sistem saraf.

Karena efek menenangkan itu, lavender oil ini juga menjadi alternatif bagus untuk meringankan stres, ketakutan, depresi, hingga kelelahan.

6. Meredakan Mual

Minyak esensial lavender mungkin terkenal karena sifatnya yang menenangkan. Menggunakan lavender oil secara topikal atau dalam diffuser dapat membantu pikiran Moms terurai saat bersiap untuk tidur. Kandungan yang sama ini juga dapat membuat lavender efektif dalam memerangi mual.

Jika mual Moms disebabkan oleh kecemasan atau sakit fisik, kekuatan lavender untuk bersantai mungkin tepat. Obat ini bekerja paling baik ketika Momsmeletakkan beberapa tetes lavender dalam diffuser minyak esensial dan menghirup perlahan ketika aroma memenuhi udara.

7. Meringankan Sakit Kepala

Jurnal European Neurology menyebutkan bahwa menghirup lavender oil atau memijat dengan lavender oil di area pelipis, dahi, dan leher terutama di area belakang telinga bisa meringankan sakit kepala.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Minyak lavender adalah pilihan aromaterapi yang populer untuk tidur dan relaksasi. Jurnal Frontier of Pharmacology menunjukkan penggunaan minyak lavender untuk aromaterapi dapat meningkatkan kualitas tidur, termasuk pada orang dengan insomnia, depresi, dan kecemasan.

Aromaterapi menggunakan minyak lavender juga dapat meningkatkan waktu yang dihabiskan dalam.

Moms bisa memasukkan beberapa tetes lavender oil yang ke diffuser yang ditaruh di sebelah tempat tidur saat malam hari bisa membantu Moms rileks dan tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Benarkah Virgin Coconut Oil Bermanfaat untuk Meningkatkan Kesuburan?

9. Memulihkan Luka Ringan

Jurnal Hindawi menyebutkan bahwa lavender oil yang telah disuling dan dioleskan apda luka ringan bisa membantu merangsang regenerasi sel dan menyembuhkan luka lebih cepat.

10. Meringankan Sakit Menstruasi

manfaat lavender oil (2).jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Moms suka merasa sakit area perut saat menstruasi? Lavender oil ini bisa jadi salah satu solusinya. Lavender oil ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri kram perut saat menstruasi jika dioleskan di bagian yang sakit.

11. Menutrisi Kulit

Lavender dikenal mengandung antioksidan yang bisa meindungi dan menutrisi kulit. Nah, lavender oil pun sama Moms. Karena itu juga, tidak heran banyak skincare yang menjadikan lavender oil sebagai salah satu kandungan unggulannya.

12. Mencegah Herpes Mulut

Selain itu, lavender oil juga bermanfaat untuk melawan herpes mulut lho Moms. Lavender oil punya kandungan antimikroba dan antijamur yang cocok sekali untuk melawan herpes mulut.

Caranya mudah sekali moms, pertama-tama panaskan minyak zaitun sebanyak 1 cangkir ke microwave. Sebentar saja ya Moms. Kemudian tambah atau campurkan dengan minyak lavender beberapa tetes, dan lilin lebah. Diamkan hingga dingin, lalu dioleskan ke kulit yang terkena herpes.

13. Meredakan Gatal di Kulit

Manfaat lavender oil lainnya adalah untuk meredakan gatal di kulit. Lavender punya kandungan antiperadangan. Jadi, cocok sekali untuk mengatasi kulit yang meradang dan gatal karena eksim atau gigitan serangga, seperti dikutip dari jurnal Phytotherapy Research.

14. Mengurangi Ketombe

Lavender oil juga bermanfaat untuk mengurangi ketombe Moms karena punya kandungan antimikroba yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Kandungan ini yang dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Ketombe yang dihasilkan sebum (minyak) berlebih ini membuat keadaan kulit kepala dan rambut juga berminyak. Lavender oil akan membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit kepala sehingga ketombe lebih mudah diatasi.

Caranya, coba campurkan lavender oil dengan minyak zaitun lalu pijatkan ke kulit kepala untuk mengurangi ketombe.

Baca Juga: Manfaat dan Efek Samping Penggunaan Essential Oil, Simak di Sini

15. Merangsang Pertumbuhan Rambut

manfaat lavender oil

Foto: Orami Photo Stock

Lavender oil juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Lavender sendiri bisa membantu melancarkan sirkulasi darah yang dampaknya adalah meningkatkan pertumbuhan rabut saat diaplikasikan ke rambut dengan campuran minyak zaitun.

16. Pewangi Alami

Lavender dikenal punya aroma yang lembut dan menyegarkan. Jadi, lavender oil bisa jadi salah satu pilihan untuk pewangi alami Moms.

17. Melembapkan Bibir

Bibir kering bikin penampilan tidak maksimal? Belum lagi rasa sakitnya yang tidak tertahankan. Tapi tenang Moms, ada solusi alami untuk masalah ini, yakni lavender oil.

Ya, manfaat lain dari lavender oil adalah untuk melembapkan bibir. Coba campurkan dua tetes lavender oil dengan 1 sendok teh minyak kelapa lalu oleskan pada bibir. Gunakan tiga kali sehari ya Moms. Jangan lupa juga banyak minum air putih. Bibir dijamin akan lembap kembali.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Horse Oil, Bahan Skincare Unik yang Bermanfaat Bagi Kulit

Tidak perlu khawatir soal keamanan penggunaan lavender oil ini Moms. National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA) menyebutkan lavender oil sebagai salah satu minyak esensial yang aman digunakan selama kehamilan.

Lavender oil dan minyak beraroma citrus biasa menjadi pilihan para ibu hamil untuk mengurangi stres dan membuat pikiran serta tubuh lebih rileks.

Bahkan NAHA menjelaskan kalau pijat dengan menggunakan lavender oil bisa mengurangi stretch marks.

Namun, pastikan pijat dilakukan oleh terapis ahli dan pemakaian lavender oil sudah dikonsultasikan pada dokter kandungan ya!

Nah, itulah segudang manfaat lavender oil untuk tubuh. Banyak sekali ya Moms.

Artikel Terkait