BALITA DAN ANAK
6 Februari 2020

5 Manfaat Madu untuk Anak, Berkhasiat Banget!

Sejak nenek moyang, madu dipercaya sangat bermanfaat bagi tubuh hingga bisa menyembuhkan penyakit pada anak. Apa benar?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dita Indrihapsari
Disunting oleh Orami

Rasanya yang manis membuat madu disukai anak-anak. Di dalam madu terkandung monosakarida, fruktosa, dan glukosa dalam jumlah yang tinggi sehingga memberikan rasa manis pada madu.

Di balik rasanya yang manis, madu mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk bagi anak-anak. Namun perlu diingat bahwa pemberian madu disarankan untuk anak di atas usia 1 tahun.

Manfaat Madu untuk Anak

Berikut ini 5 manfaat madu yang akan didapat anak-anak yang mengkonsumsi madu.

1. Dapat Menyembuhkan Luka

Manfaat madu untuk anak - menyembuhkan luka.jpg

Manfaat madu untuk anak yang pertama adalah dapat menyembuhkan luka. Si Kecil sedang lincah-lincahnya sehingga sering jatuh dan terluka?

Nah, jangan sampai terlewat untuk menyiapkan madu di rumah, ya, Moms. Madu dipercaya ampuh untuk menyembuhkan luka, bahkan luka bakar sekalipun sejak zaman Mesir kuno hingga sekarang.

Berbagai studi tentang perawatan luka dengan madu menemukan fakta bahwa madu palung efektif untuk menyembuhkan luka bakar dan luka parsial yang terinfeksi setelah operasi.

Para peneliti percaya kekuatan penyembuhan madu berasal dari efek antibakteri dan anti-inflamasi yang terkandung di dalam madu serta kemampuannya untuk menyehatkan jaringan di sekitarnya.

Baca Juga: Madu untuk Bayi, Bolehkah?

2. Membantu Meredakan Batuk

Manfaat madu untuk anak - meredakan batuk.jpg

Manfaat madu untuk anak yang selanjutnya adalah untuk meredakan batuk. Jika Si Kecil batuk, coba, deh, Moms untuk memberinya sesendok madu.

Menurut Ronald McCoy dari Royal Australian College of General Practitioners (RACGP), ada beberapa penelitian yang menunjukkan sesendok madu setiap beberapa jam dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan anak.

“WHO merekomendsikan madu untuk menyembuhkan batuk di banyak negara berkembang dimana terdapat akses yang erbatas untuk pengobatan,” ujar Dr. McCoy.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan dosis setengah sendok teh madu sebelum tidur dapat meringankan batuk dan mengurangi ketidaknyamanan yang dialami anak-anak.

Adanya zat alami antioksidan dan antimikroba yang terdapat di dalam madu menjelaskan alasan mengapa madu bisa membantu meredakan batuk pada anak. Selain itu, rasa manis madu memungkinkan mengubah sensitivitas serat sensorik pada saat menelan.

3. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat madu untuk anak - menyehatkan pencernaan.jpg

Manfaat madu untuk anak yang selanjutnya adalah menyehatkan pencernaan. Masalah pencernaan menjadi masalah umum yang biasanya terjadi pada anak-anak.

Madu ternyata juga bisa igunakan untuk mengobati masalah pencernaan, seperti diare. Madu terbukti efektif sebagai pengobatan bakteri Helicobacter pylori (H. Pylori).

Madu juga merupakan prebiotik kuat yang dapat memelihara bakteri baik hidup di dalam usus. Hal ini bukan hanya untuk kesehatan pencernaan tapi juga kesehatan anak secara keseluruhan.

4. Mencegah Asam Lambung

Manfaat madu untuk anak - mencegah asam lambung.jpg

Manfaat madu untuk anak yang selanjutnya adalah mencegah asam lambung. Selain dapat menyehatkan pencernaan, menurut penelitian terbaru madu juga dapat mengurangi aliran asam lambung ke atas dari makanan yang tidak tercerna.

Madu melapisi dengan baik kerongkongan dan lambung sehingga hal tersebut bisa terjadi. Karena itu, madu pun membantu mengurangi risiko refluks gastroesofagel (GERD) yang dialami oleh banyak anak-anak.

Baca Juga: Cara Mencegah GERD (Penyakit Lambung) Pada Anak

5. Melawan Infeksi

Manfaat madu untuk anak - melawan infeksi.jpg

Manfaat madu untuk anak yang selanjutnya adalah melawan infeksi. Ilmuwan dari Pusat Medis Akademik di Universitas Amsterdam Belanda melaporkan bahwa kemampuan madu untuk membunuh bakteri terletak pada protein yang disebut defensin-1.

Sebuah studi yang lebih baru dalam Jurnal Eropa Mikroobiologi Klinis dan Penyakit Menular juga menunjukkan bahwa jenis madu tertentu, yaitu madu Manuka, dapat membantu mencegah bakteri Clostridium difficile menetap di tubuh.

Bakteri ini dapat menyebabkan diare dan penyakit lainnya.

Madu Manuka juga dipercaya efektif untuk pengobatan infeksi MRSA. Infeksi ini dapat berupa infeksi kulit ringan hingga infeksi berat, seperti infeksi aliran darah dan infeksi lain yang sulit ditangani.

Baca Juga: 10 Khasiat Luar Biasa Madu untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata, banyak ya Moms manfaat madu untuk anak. Bagaimana, sudah siap sedia madu untuk Si Kecil, Moms? Dengan rutin minum madu, sistem imunitas tubuh anak-anak pun dapat terjaga dengan baik.

(DI/ERN)

Artikel Terkait