KESEHATAN
11 Oktober 2019

3 Manfaat Hebat Madu untuk Kesehatan Jantung

Tak hanya untuk kecantikan, Madu juga punya manfaat bagi kesehatan jantung
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Madu memang salah satu bahan makanan yang punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Dari melembutkan kulit, membuat rambut berkilau, bahkan baik bagi penderita diabetes.

Nah, tak banyak yang tahu jika madu ternyata berkhasiat untuk menjaga fungsi jantung. Lantas apa saja ya manfaat madu untuk jantung?

1. Bantu Menurunkan dan Menjaga Tekanan Darah Normal

Tekanan Darah Normal

Bagi Moms dan Dads yang punya riwayat tekanan darah tinggi di keluarga, mungkin bisa coba mengonsumsi madu dengan rutin.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Activity, membuktikan bahwa minum madu rutin bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Para peneliti mengungkapkan bahwa manfaat madu untuk jantung ini didapat karena madu memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi.

Antioksidan dapat mencegah penyumbatan aliran darah sehingga mencegah tekanan darah naik.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Zuriat yang Tak Banyak Diketahui

2. Menurunkan Jumlah Kolesterol

Kadar Kolesterol

Mungkin Moms sudah tahu bila kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang mesti dipantau kadarnya di dalam tubuh. Kolesterol juga sering disebut-sebut sebagai faktor penyebab dari penyakit jantung.

Sebenarnya, jenis kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung adalah kolesterol jahat alias LDL.

Nah, agar kadar lemak jahat selalu terkendali dengan baik, Moms dan keluarga bisa membiasakan diri minum madu.

Manfaat madu yang satu ini telah terbukti dalam beberapa penelitian, salah satunya penelitian dari jurnal Circulation.

Pada jurnal ini, disebutkan bahwa orang yang minum madu rutin selama 30 hari, mempunyai kadar lemak jahat dan trigliserida yang lebih rendah ketimbang yang tidak sama sekali.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Rambut

3. Mencegah Risiko Serangan Jantung

Jantung Sehat

Manfaat madu untuk jantung lainnya adalah menurunkan risiko serangan jantung. Serangan jantung adalah penyakit yang biasanya terjadi tiba-tiba akibat adanya penyumbatan di pembuluh darah.

Menurut sebuah penelitian pada tikus yang dilansir dari Healthline, madu dapat menurunkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah sebanyak 30%.

Hal itu terjadi karena madu mengandung zat polifenol, jenis antioksidan, yang sangat tinggi.

Bahkan tak hanya itu, ada beragam jenis antioksidan lain yang bisa mencegah stroke serta gagal jantung seperti quercetin, caffeic acid phenethyl ester (CAPE), acacetin, kaempferol, dan galangin.

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Aturan Sehat Minum Madu

Ketahui Takaran Konsumsi Madu yang Baik Menurut Ahli

Meski punya banyak manfaat dan disebut-sebut sebagai pengganti gula yang lebih sehat, Moms juga harus tahu bahwa madu juga mengandung kalori yang cukup tinggi.

Menurut informasi dari Healthline, kalori yang terkandung di dalam satu sendok makan madu adalah sekitar 50 kalori.

Jadi pastikan bahwa Moms dan keluarga tetap mengonsumsinya dalam porsi yang aman, ya. Bila ragu, Moms juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk tahu porsi minum madu yang dianjurkan.

Pilih juga madu yang alami, bukan yang telah melalui proses pengolahan yang lama. Moms juga sebaiknya memilih madu dengan kadar air di bawah 20% agar tidak cepat bakteri. Simpan madu di wadah berbahan kaca supaya lebih awet.

(IA)

Artikel Terkait