FASHION & BEAUTY
20 November 2019

6 Manfaat Madu untuk Wajah, Bisa Kurangi Keriput!

Bisa mengurangi keriput di wajah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Selain enak, madu memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Madu mentah atau yang tidak dipasteurisasi memiliki segudang manfaat kecantikan saat digunakan pada kulit wajah kita.

Selama berabad-abad, cairan berwarna emas yang lezat ini telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari yang menawarkan khasiatnya sebagai obat dan bahan makanan.

Baca Juga: Manfaat Madu Bagi Ibu Menyusui

Madu kaya akan antioksidan dan flavonoid, madu memiliki banyak kegunaan dalam kaitannya dengan kesehatan umum kita. Sementara sifat antibakterinya membuatnya kulit wajah semakin sehat dan cerah.

Untuk mencari tahu manfaat madu untuk wajah, yuk kita langsung cek saja Moms!

1. Sebagai Anti Aging

manfaat madu

Penuh dengan probiotik, antioksidan, nutrisi dan enzim, manfaat madu ini baik sebagai obat anti-penuaan karena membantu meregenerasi dan melembapkan kulit kita, serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Menurut Dr. Surbhi, dokter kecantikan, mengatakan bahwa madu memiliki sifat emolien, humektan, menyejukkan, dan mengatur tingkat pH kulit.

2. Mengurangi Keriput

allergies-madu.png

Usia adalah sesuatu yang tidak bisa kita hentikan. Namun, kita dapat menggunakan produk yang memperlambat atau mengurangi tanda-tanda penuaan di tubuh.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Membuat Keriput Muncul Sebelum Waktunya

Menurut Journal of Cosmetic Dermatology, manfaat madu untuk wajah adalah menghambat pembentukan kerutan dan menghilangkan kerutan, meskipun tidak sepenuhnya.

Madu mengandung berbagai antioksidan, termasuk polifenol dan flavonoid yang membantu kulit mengatasi kerusakan pada kolagen yang pada gilirannya mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat.

3. Menyembuhkan Bekas Luka

manfaat madu

Memiliki bekas luka pada kulit tentu akan mengurangi penampilan dan harga diri kita.

Pelembap alami, antiseptik alami, dan sifat anti-oksidan memperbaiki kulit kita yang rusak dan mempercepat hilangnya bekas luka dari jerawat, atau penyebab lainnya.

Dilansir dari penelitian Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin, madu hanuka sudah terbukti mengandung anti-mikroba dan manfaat menyembuhkan, sehingga saat ini sudah banyak digunakan sebagai obat oles untuk luka.

4. Obat Jerawat

manfaat madu

Karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya, manfaat madu untuk wajah adalah menghilangkan minyak berlebih dari permukaan sehingga membersihkan semua penyumbatan atau pori-pori yang tersumbat.

Pori-pori tersumbat ini jika dibiarkan tanpa pengawasan akan menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.

Baca Juga: Mencuci Wajah dengan Air Keran Ternyata Picu Timbulnya Jerawat

5. Menghidrasi Kulit

manfaat madu

Kurangnya kelembapan yang memadai pada kulit, akan membuat kulit menjadi kering, kasar, dan gatal. Madu mentah dapat melembapkan kulit, menjadikannya lembut, cerah, dan bercahaya.

Ini karena pelembap alami dan emolien yang terkandung dalam madu yang meningkatkan kadar air dan mengurangi kekeringan pada kulit bahkan setelah kita membilasnya.

6. Membersihkan Pori

manfaat madu

Ketika diaplikasikan pada wajah, madu membuka pori-pori kulit wajah untuk membersihkannya dan menyingkirkan komedo.

Sifat antioksidan, antiseptik, dan antibakteri pada madu akan membantu kita melawan jerawat dengan menjaga pori-pori bebas dari kotoran berminyak. Namun, di saat yang bersamaan juga menjaga agar tetap terhidrasi dan mengencangkan kulit.

Wah, banyak sekali ya Moms manfaat madu untuk kulit kita! Moms sudah mencobanya belum?

Artikel Terkait