KEHAMILAN
29 Desember 2019

7 Manfaat Makan Cokelat saat Hamil, BIsa Kurang Risiko Preeklamsia

Yuk cari tahu apa saja manfaat yang didapat dari cokelat
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selama kehamilan, cukup mudah untuk menjadi pecinta cokelat karena ibu hamil seringkali ngidam makanan manis. Bagaimanapun, Moms perlu asupan makan yang lebih banyak demi janin dalam kandungan.

Namun, apakah sebenarnya memang boleh makan cokelat saat hamil?

Jika Moms suka ngemil cokelat saat hamil, maka berbahagialah. Menurut penelitian dari Université Laval Québec City, Kanada, makan cokelat selama kehamilan dapat mengurangi risiko preeklamsia dan meningkatkan fungsi plasenta.

Manfaat Makan Cokelat saat Hamil

Dan tidak hanya itu! Dilansir dari sheknows.com, setidaknya ada tujuh manfaat yang bisa Moms dapatkan dari mengonsumsi cokelat saat hamil. Apa saja manfaat makan cokelat saat hamil? Berikut daftarnya!

Baca Juga: Makan Cokelat Mengurangi Risiko Stroke? Begini Penjelasannya

1. Bayi yang Lebih Bahagia

01 BAYI BAHAGIA - sumber 213rfcom.jpg

Manfaat makan cokelat saat hamil yang pertama adalah bayi lebih bahagia. Memimpikan memiliki bayi yang bahagia setelah melahirkan? Maka konsumsilah cokelat.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Finlandia, perempuan yang makan cokelat selama kehamilan melaporkan memiliki "bayi yang lebih bahagia dan lebih hidup". Makan 30 gram cokelat setiap hari selama kehamilan dapat memberi manfaat pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Ini adalah kesimpulan dari studi baru yang dipresentasikan pada Pertemuan Kehamilan 2016 Masyarakat untuk Kedokteran Maternal-Fetal di Atlanta, GA.

2. Kurangi Stres

02 KURANGI STRES - sumber anniqueboutique.jpg

Manfaat makan cokelat saat hamil yang selanjutnya adalah mengurangi stres. Hormon yang naik turun pada masa kehamilan, mempengaruhi tingkat stres ibu hamil.

Jika tidak rileks, kehamilan bisa menjadi sangat menegangkan. Salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres adalah makan cokelat. Para peneliti menemukan bahwa makan cokelat hitam setiap hari secara signifikan mengurangi tingkat stres.

Hal ini juga karena cokelat mengandung kafein. American College of Obstetricians dan Gynecologists merekomendasikan bahwa ibu hamil menjaga asupan kafein mereka di bawah 200 miligram (mg) sehari.

Cokelat batangan hanya mengandung sekitar 10 mg kafein. Tetapi beberapa cokelat hitam mengandung lebih banyak. Jika Moms minum minuman berkafein dan suka mengemil cokelat, berhati-hatilah agar tidak melebihi batas ya.

3. Mengurangi Kemungkinan Keguguran

03 KURANGI RISIKO KEGUGURAN - sumber bounty.jpg

Manfaat makan cokelat saat hamil yang selanjutnya adalah mengurangi risiko keguguran. Meskipun tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran, perempuan yang makan cokelat setiap hari memiliki peluang 20 persen lebih kecil untuk mengalami keguguran. Terutama di trimester pertama.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

04 JANTUNG SEHAT - sumber 9honey.jpg

Manfaat makan cokelat saat hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Cokelat penuh dengan flavonoid, antioksidan kuat yang memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat serius.

Mengkonsumsi cokelat hitam membantu meningkatkan sistem kekebalan dan kesehatan jantung serta mengurangi tekanan darah lho, Moms. Cokelat hitam kaya akan flavonoid yang dapat menguntungkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga: Kulit Terlihat Lebih Muda dengan Cokelat

5. Menjaga Berat Badan

05 MENJAGA BERAT BADAN - sumber lifegate.jpg

Manfaat makan cokelat saat hamil yang selanjutnya adalah menjaga berat badan. Cokelat bisa membantu menjaga berat badan Moms melebihi normal. Terutama cokelat hitam.

Dengan mengkonsumsinya, Moms membantu menjaga kenaikan berat badan yang sehat dan menurunkan kolesterol. Namun, cokelat yang terlalu banyak pemanisnya juga tidak baik dikonsumsi berlebihan.

Pemanis inilah yang biasa membuat berat badan Moms melebihi yang seharusnya.

6. Peluang Preeklamsia Lebih Rendah

06 - sumber utsouthwestern medical centre.jpg

Manfaat makan cokelat saat hamil yang selanjutnya adalah mengurangi risiko preeklamsia. Dalam sebuah penelitian di Finlandia, perempuan yang mengkonsumsi cokelat setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena preeklamsia.

Menurut American Journal of Obstetrics and Gynecology, kandungan flavanol yang tinggi pada cokelat bisa meningkatkan fungsi plasenta dan menurunkan risiko preeklamsia.

Preeklamsia adalah suatu kondisi medis serius yang dapat menyebabkan kelahiran prematur, pembekuan darah, kejang-kejang, dan bahkan kematian. Percaya tidak, dengan memakan cokelat, Moms mengurangi risiko ini hingga 50 persen, lho!

7. Perkembangan Janin Lebih Baik

07 JANIN - sumber confectionery.jpg

Manfaat makan cokelat saat hamil yang selanjutnya adalah perkembangan janin lebih baik. Dalam studi yang sama, perempuan yang mengonsumsi cokelat selama kehamilan mendapat manfaat dari pertumbuhan dan perkembangan plasenta.

Dampaknya, janin menjadi lebih baik, sehingga makan cokelat bisa berarti bayi sehat akan menemui Moms pada hari persalinan.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Cokelat Untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Preeklamsia Juga Lho!

Meskipun ada banyak manfaat potensial dalam mengonsumsi cokelat selama kehamilan, pemilihan jenis cokelat juga penting. Cobalah memilih cokelat yang lebih gelap dengan persentase kakao yang lebih tinggi, karena ini adalah varietas yang mengandung senyawa yang paling meningkatkan kesehatan.

Jika memungkinkan, cari cokelat organik yang mengandung sedikit gula.

(CIL)

Artikel Terkait