PROGRAM HAMIL
15 Februari 2019

Manfaat Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Menyusui dan Bayi

Asam folat berperan penting dalam perkembangan otak bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Asam folat adalah bentuk sintetis yang disediakan dalam multivitamin dan makanan. Kata folat sendiri berasal dari kata folium, nama Latin untuk daun. Folat muncul secara alami dalam makanan, terutama sayuran berdaun hijau gelap.

Selama ini asam folat diketahui sebagai salah satu asupan yang sangat penting bagi ibu hamil. Padahal, asam folat juga punya banyak manfaat untuk ibu menyusui dan bayi usia 0-12 bulan lho Moms. 

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Menyusui

newbornmotherasian2

Foto: Redbrickdaily.com

Dikutip dari Breastfeedingwithlove.com, asam folat membantu tubuh Moms untuk menghasilkan sel-sel baru. Ini sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung, kanker serviks, kanker usus besar, dan stroke.

Konsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah secara normal, sehingga mencegah terjadinya anemia. Oleh karena itu, mengonsumsi asam folat harian dalam jumlah yang tepat sangatlah penting untuk kesehatan ibu menyusui.

Asupan asam folat yang direkomendasikan bagi busui adalah sekitar 500 mg per hari. Jumlah asupan tersebut dapat Moms peroleh dengan mengonsumsi suplemen vitamin atau makanan yang mengandung asam folat.

Setelah melahirkan, biasanya dokter akan merekomendasikan vitamin prenatal. Suplemen vitamin tersebut mengandung asam folat sehingga sangat dianjurkan untuk terus dikonsumsi selama menyusui.

Namun, Moms juga perlu mengonsultasikannya dengan dokter apakah perlu atau tidak mengonsumsi suplemen vitamin tersebut.

Baca Juga: 4 Fakta Penting Ibu Menyusui

Manfaat Asam Folat Untuk Bayi

asam folat untuk bayi

Foto: Shutterstock.com

Bukan hanya untuk Moms, asam folat juga memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi. Asam folat juga dibutuhkan untuk memberikan dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi otak bayi, tahap awal untuk kemampuan melihat dan memproses informasi.

Sementara peran penting lainnya termasuk untuk membangun DNA dan RNA di dalam tubuh bayi, membantu Si Kecil tumbuh lebih cepat.

Dikutip dari Happyfamilyorganics.com, bayi usia 0-6 bulan membutuhkan sekitar 65 mcg folat setiap harinya. Setelah memasuki usia 7-12 bulan, kebutuhan asupan tersebut akan meningkat menjadi 80 mcg per hari.

Bayi yang menyusu secara eksklusif tidak memerlukan suplemen asam folat kecuali dianjurkan oleh dokter. Asupan asam folat bagi bayi  dapat dicukupi melalui ASI, sehingga penting untuk Moms selalu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung asam folat.

Bagi bayi di atas 6 bulan yang sudah mulai mengonsumsi makanan padat, pastikan untuk memasukkan makanan yang kaya akan kandungan asam folat dalam menu hariannya. Terus lakukan hal tersebut seiring pertambahan usia Si Kecil sehingga ia mendapatkan cukup asupan nutrisi penting yang satu ini.

Baca Juga: 3 Jenis MPASI Ini Paling Ideal Untuk Bayi

Folat sangat mudah ditemukan secara alami dalam berbagai macam bahan makanan yang dapat Moms siapkan sebagai MPASI untuk Si Kecil, seperti dalam sayuran berdaun hijau gelap, buah-buahan, kacang-kacangan, produk susu, daging, telur, makanan laut, dan biji-bijian. Bayam, asparagus, dan kubis Brussel termasuk makanan yang kaya akan kandungan asam folat juga Moms.

Vitamin apapun yang dikonsumsi oleh ibu menyusui pada akhirnya memang menjadi asupan yang sangat dibutuhkan pula oleh bayi. Maka dari itu, sangat penting untuk membentuk pola makan yang sehat dan membantu bayi tumbuh sebaik mungkin selama 1000 hari pertama kehidupannya.

Sudahkah Moms mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat hari ini? Share yuk Moms!

(RGW)

Artikel Terkait