KESEHATAN
5 Juni 2019

5 Manfaat Mandi Air Hangat

Ketahui juga durasi mandi air hangat yang tepat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setelah lelah beraktivitas, paling nikmat memang mandi air hangat. Entah itu di dalam bathtub atau air hangat pancuran shower, mandi air hangat adalah hal yang menenangkan.

Mandi air hangat ternyata juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun, ingat agar jangan terlalu lama, karena bisa mengeringkan kulit.

Cukup habiskan 5-10 menit mandi air hangat agar Moms merasakan keajaiban pada tubuh, otot, persendian, dan suasana hati secara keseluruhan.

Dikutip dari Livestrong, berikut manfaat mandi dengan air hangat.

Baca Juga: Mari Menghias Kamar Mandi

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

mandi air hangat-1.jpg

Mandi air hangat dapat mengobati nyeri otot dan persendian yang berhubungan dengan artritis, robekan otot, dan penggunaan otot secara berlebihan.

Sensasi hangat tersebut merangsang sirkulasi dan aliran darah sambil melonggarkan sendi, tendon, jaringan dan otot.

Meskipun mungkin tidak menyembuhkan rasa sakit secara total, lima menit mandi air hangat dapat mengurangi rasa sakit, merangsang penyembuhan dan mengurangi peradangan.

2. Membersihkan Kulit

Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan noda dan penumpukan racun di kulit. Uap saat mandi air hangat dapat membuka pori-pori kulit, membuatnya lebih mudah untuk membersihkan dan melepaskan kotoran.

Langsung bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori dan membuat kulit terasa segar.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Mandi Pakai Air Dingin atau Air Hangat?

3. Meringankan Leher dan Bahu Kaku

mandi air hangat-2.jpg

Selain pijat, mandi air hangat juga menjadi cara ampuh untuk mengatasi leher kaku atau sakit bahu. Membiarkan air hangat mengalir di area ini selama 10 menit untuk mengendurkan otot.

Moms bisa menggerakkan leher dan bahu saat mandi agar otot-otot ini semakin mengendur dan tidak kaku kembali.

4. Meringankan Batuk

Uap dari air hangat dapat melonggarkan dahak dan menyingkirkan lendir yang bisa menyebabkan batuk atau sakit tenggorokan.

Tambahkan minyak kayu putih akan membuat uap lebih efektif dan dapat membantu bernapas jadi lebih mudah. Mandi air hangat juga dapat meredakan sakit tubuh lainnya yang berhubungan dengan pilek.

Baca Juga: 7 Tanaman yang Cocok untuk Kamar Mandi, Hadirkan Suasana Segar!

5. Mengurangi Stres dan Insomnia

mandi air hangat-3.jpg

Mandi air hangat dapat menjadi obat penenang yang alami. Jika Moms stres atau sulit tidur, mandi air hangat selama 10 menit menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf.

Untuk relaksasi ekstra, Moms bisa menambahkan essential oils favorit agar tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Meskipun punya banyak manfaat, penting agar tidak menghabiskan waktu terlalu lama mandi air hangat. Usahakan agar mandi air hangat paling lama 10 menit.

Saat mandi, pastikan membersihkan hanya dengan menggunakan sabun di area-area penting seperti ketiak, pangkal paha, atau kaki untuk mencegah kekeringan di area lain yang lebih sensitif.

Itulah manfaat dari mandi air hangat. Jangan lupa perhatikan durasinya ya Moms.

Artikel Terkait