3-12 BULAN
20 Oktober 2019

Kenali Manfaat Mandi ASI untuk Bayi

Selain merawat dari dalam, ASI juga bisa digunakan untuk merawat kulit bayi dari luar
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

ASI layak mendapat julukan sebagai 'emas cair'. Mengapa? Karena cairan ini mampu memberi makan bayi Moms baik dari dalam, maupun dari luar.

Kadang-kadang air mandi bayi dicampur dengan ASI dalam jumlah tertentu. Air ini digunakan untuk merendam bayi di bak mandi dan membersihkannya seperti cara biasa. Mandi ASI memberikan manfaat penting bagi bayi.

ASI mengandung 3 hingga 5% lemak, protein 0,8 hingga 0,9%, karbohidrat 6,8 hingga 7,2% dan vitamin dan mineral 0,2%.

Dilansir dari situs Firstcry Parenting kandungan lemak dalam ASI termasuk lemak yang merupakan bahan utama perawatan kulit seperti pelembap. Lemak ini sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut bayi. Karena itu, mandi ASI sangat bermanfaat bagi bayi.

Apa saja manfaat mandi ASI yang diberikan? Simak di bawah ini ya.

Menyembuhkan Eksim, Psoriasis, dan Cradle Crap

mandi ASI, manfaat mandi ASI

Michelle Resco, bidan dan perawat neonatal di Annerley Midwives Clinic di distrik Central Hong Kong, mengatakan mandi ASI adalah cara yang bagus untuk menyebarkan minyak esensial. Namun, bukti ilmiahnya masih terbatas.

Sebuah studi tahun 2015 di Iran menilai 116 bayi dengan eksim, yang mandi ASI dan mengaplikasikan setengah salep hidrokortison pada kulit selama 21 hari dan membandingkan hasilnya.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mandi ASI ini bermanfaat, dan sama efektifnya dengan hidrokortison.

Melembapkan Kulit Kering dan Mengurangi Gatal

mandi ASI, manfaat mandi ASI

ASI mengandung asam palmitat, asam lemak jenuh, yang merupakan pelembap yang sangat baik.

Ini juga mengandung asam lemak omega yang disebut asam oleat yang ditemukan dalam jaringan manusia.

Asam oleat dapat melembapkan dan amenyembuhkan kulit kering, dan melawan penuaan.

Mengutip dari situs Firstcry Parenting, kandungan lain dari ASI adalah asam vaksin, yang melindungi dan memberi nutrisi pada kulit.

Asam linoleat adalah unsur lain dari ASI yang melembapkan, mencerahkan bintik-bintik, dan meminimalkan peradangan.

Jadi, manfaat mandi ASI dapat menyembuhkan kulit kering dan mengurangi gatal pada bayi. Menerapkan beberapa tetes ASI juga dapat menyembuhkan puting kering, pecah-pecah dan sakit pada ibu.

Mengurangi dan Memperbaiki Kerusakan Kulit

mandi ASI, manfaat mandi ASI

Dari situs Mom Junction diketahui bahwa asam linolenat yang ada dalam ASI memiliki dua varian yaitu asam lemak omega 3 dan omega 6. Asam ini mengurangi kerusakan pada kulit bayi karena sinar matahari.

Aplikasi topikal asam lemak omega 3 dan 6 dapat menurunkan respons inflamasi kulit yang rusak akibat sinar UV. Ini berarti manfaat mandi air susu ibu dapat membantu menyembuhkan kulit terbakar pada bayi.

Menyembuhkan Luka Kecil

mandi ASI, manfaat mandi ASI

Asam lemak omega dalam ASI dapat menyembuhkan luka ringan dan meredakan sakit. Asam lemak mencapainya dengan mengintervensi fungsi perbaikan luka pada kulit.

Menenangkan Ruam Popok

mandi ASI, manfaat mandi ASI

Karena ASI penuh dengan antibodi, mandi ASI untuk bayi dapat dengan cepat menyerang dan menghancurkan bakteri yang menyebabkan ruam popok.

Sebuah studi 2013 dalam jurnal Pediatric Dermatology menemukan bahwa ASI sama efektifnya dengan hidrokortison pada bayi dengan ruam popok.

Itu dia Moms beberapa manfaat mandi ASI untuk buah hati. Bisa dicoba di rumah lho!

Artikel Terkait