TRIMESTER 1
28 September 2020

13 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi!

Yuk, kenali manfaat kesehatan "ratu buah" ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Di masa kehamilan, Moms perlu mengonsumsi makanan yang sehat sebagai asupan nutrisi untuk janin. Salah satunya dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Dari sekian banyak buah-buahan yang menyegarkan, salah satu buah yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah buah manggis. Ada manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

Manggis (Garcinia mangostana) sering dijuluki sebagai "ratu buah". Buah ini merupakan jenis buah eksotik yang berasal dari Asia Tenggara dan banyak dibudidayakan di Indonesia.

Jika Moms bertanya, amankah mengonsumsi buah manggis saat hamil? Jawabannya iya, buah manggis aman dikonsumsi saat hamil. Namun, seperti semua buah lainnya, Moms hanya boleh makan dalam jumlah terbatas saat sedang hamil.

Kandungan nutrisi buah, seperti mineral, vitamin, dan folat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan dan melindungi bayi kita yang belum lahir dari cacat lahir, kelainan, dan malnutrisi secara efektif. Jadi, sebaiknya makan manggis saat hamil ya Moms.

Bicaralah dengan dokter untuk memastikan bahwa buah itu aman untuk kita. Hindari penggunaan obat atau olahan yang mengandung kulit buah manggis, karena dapat mempengaruhi bayi yang belum lahir, menurut buku Trees and Shrubs of Mpumalanga and Kruger National Park.

Untuk Moms yang penasaran dengan manfaat buah manggis, ketahui lebih lanjut tentang manfaat manggis untuk ibu hamil berikut ini yuk.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini Dia 5 Buah untuk Ibu Hamil agar Selalu Sehat

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Buah-buahan pada umumnya merupakan bagian diet yang dianjurkan untuk ibu hamil, tidak terkecuali manggis. Pada dasarnya, manggis dipercaya mengandung antioksidan, antibiotik, dan antivirus yang tinggi.

Berdasarkan kandungannya, berikut beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

1. Melancarkan Pencernaan

manfaat manggis untuk ibu hamil-pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Masalah pencernaan kerap menjadi keluhan yang banyak diserukan oleh para ibu hamil.

Namun, manfaat buah manggis untuk ibu hamil bisa memperkecil kemungkinan terkena masalah ini karena buah ini mengandung serat alami yang dapat menyehatkan sistem pencernaan.

Buah manggis juga dapat memicu aktivitas bakteri baik di dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang menderita diare maupun terkena infeksi saluran kemih.

Meski demikian, manfaat manggis untuk ibu hamil ini harus diteliti lebih lanjut.

2. Menyehatkan Sistem Imun

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil ini didapat dari kandungan serat dan vitamin C di dalamnya.

Serat merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam sistem imun, sedangkan vitamin C dapat mengoptimalkan kinerja sel-sel yang mendukung sistem imun di dalam tubuh.

Selain itu, sifat antibakteri yang dimiliki buah manggis juga dapat melawan bakteri yang masuk ke tubuh sehingga tidak sampai ke janin. Meski demikian, khasiat ini masih harus diteliti lebih dalam.

Baca Juga: Benarkah Rambut Beruban Berkaitan dengan Sistem Imun Tubuh?

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

manfaat manggis untuk ibu hamil-gula darah

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa ibu hamil tidak jarang mengalami diabetes gestasional alias diabetes yang hanya terjadi selama masa kehamilan. Mengonsumsi manggis dipercaya dapat menurunkan risiko ini karena kandungan antioksidan unik dalam buah manggis yang bernama xanthone.

Kandungan serat juga dapat memainkan manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang satu ini.

Pasalnya, serat dalam mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya resistensi insulin, namun klaim ini masih harus diteliti lebih lanjut.

4. Menyehatkan Janin

Manfaat buah manggis bukan hanya akan dirasakan oleh ibu hamil, melainkan juga bayi yang dikandungnya. Salah satu kandungan buah manggis adalah folat yang dapat mencegah kelainan bawaan, seperti kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Namun, Moms tetap harus minum suplemen asam folat untuk mencukupi kebutuhan folat selama masa kehamilan.

Selain folat, manfaat buah manggis untuk ibu hamil juga mengandung mangan, nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan sistem tulang pada janin.

Kandungan antioksidan dalam buah manggis juga berfungsi mencegah terjadinya kerusakan sel pada janin.

Baca Juga: Dukungan Suami saat Hamil, Cara Paling Ampuh untuk Jaga Kesehatan Ibu dan Janin

5. Mengandung Gizi yang Tinggi

manfaat manggis untuk ibu hamil-3

Foto: Orami Photo Stock

Manggis relatif rendah kalori namun memberikan banyak nutrisi penting. Satu porsi 1 cangkir (196 gram) porsi manggis kalengan yang dikeringkan memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 143
  • Karbohidrat: 35 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 9% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin B9 (folat): 15% dari RDI
  • Vitamin B1 (tiamin): 7% dari RDI
  • Vitamin B2 (riboflavin): 6% dari RDI
  • Mangan: 10% dari RDI
  • Tembaga: 7% dari RDI
  • Magnesium: 6% dari RDI

Vitamin dan mineral dalam manggis penting untuk menjaga banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, kekebalan, dan pensinyalan saraf.

Selain itu, satu cangkir (196 gram) buah ini menyediakan hampir 14% RDI untuk serat, nutrisi yang sering kali kurang dalam makanan orang. Ini menjadi manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang tentunya menarik.

6. Mengurangi Risiko Cacat Lahir Pada Janin

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil mengandung folat dalam jumlah yang baik. Satu cangkir manggis mengandung 61 mikrogram folat.

Folat memainkan peran penting dalam mencegah risiko perkembangan kelainan tertentu dan cacat lahir, seperti cacat lahir pada otak dan tulang belakang, pada bayi yang belum lahir.

Jadi, dalam buku Health Benefits of Mangosteens, makan manggis selama kehamilan dikatakan dapat melindungi janin Moms dari risiko kelainan.

7. Melindungi Tubuh dari Risiko Kanker

manfaat manggis untuk ibu hamil-4

Foto: Orami Photo Stock

Pericaps manggis terdiri dari senyawa yang populer sebagai xanthone yang memberi Moms manfaat anti kanker.

Salah satu jurnal dalam U.S. National Library of Medicine mengatakan bahwa xanthone menghambat pertumbuhan sel kanker di tubuh kita selama kehamilan.

Jadi, manfaat buah manggis untuk ibu hamil melindungi Moms dan bayi Moms yang belum lahir dari efek berbahaya dari penyakit mematikan.

8. Kaya akan Antioksidan yang Kuat

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil salah satunya juga termasuk senyawa manggis yang paling penting, yaitu profil antioksidannya yang unik.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Buah manggis mengandung beberapa nutrisi dengan kemampuan sebagai antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Plus, ini menyediakan xanthones, jenis senyawa tanaman unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Dalam jurnal yang diterbitkan oleh U.S. National Library of Medicine, dikatakan bahwa aktivitas antioksidan xanthone telah menghasilkan efek anti-inflamasi, antikanker, anti-penuaan, dan antidiabetik.

Dengan demikian, xanthone dalam manggis mungkin bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan potensial.

Baca Juga: 3 Buah Lokal Terbaik untuk Ibu Hamil

9. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

manggis bisa mencegah anemia pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil juga dikenal dapat mencegah anemia.

Kekayaan zat besi, asam folat, vitamin B12, dan banyak khasiat obat lainnya, membantu mengatur sel darah, sehingga mencegah anemia pada ibu hamil.

10. Mengontrol Kolesterol dan Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil juga dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung. Makan buah manggis saat hamil dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, karena kandungan seratnya yang kaya.

Ini berpotensi untuk meningkatkan aliran darah di sistem saraf dan dengan demikian mengontrol terjadinya stroke dan serangan jantung.

Jumlah kalium yang baik di dalamnya bermanfaat dalam menyeimbangkan kadar natrium dan tekanan darah.

11. Memiliki Sifat Anti-Peradangan

menggis bisa mengurangi peradangan

Foto: Orami Photo Stock

Xanthone yang ditemukan dalam manggis dapat berperan dalam mengurangi peradangan. Ini menjadi manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang bagus.

Penelitian tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa xanthone memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit inflamasi, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Manggis juga kaya serat yang menawarkan berbagai manfaat. Misalnya, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mengurangi respons peradangan tubuh kita.

Meskipun data ini cukup membuat bahagia, diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami bagaimana manggis memengaruhi peradangan dan perkembangan penyakit pada manusia.

12. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Meskipun Moms sedang hamil, pasti tetap ingin memiliki kulit yang sehat dan bagus. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari adalah kejadian umum dan merupakan penyumbang utama kanker kulit dan tanda-tanda penuaan. Tentu Moms tidak menginginkan hal ini kan.

Sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition selama 3 bulan pada manusia menemukan bahwa orang yang diobati dengan 100 mg ekstrak manggis setiap hari mengalami lebih banyak elastisitas pada kulit mereka dan lebih sedikit akumulasi senyawa tertentu yang diketahui berkontribusi pada penuaan kulit.

Para peneliti menegaskan bahwa kapasitas antioksidan dan anti-inflamasi manggis adalah alasan utama efek perlindungan kulit ini, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Pentingnya Nutrisi Ibu Hamil dan Ini yang Terjadi Ketika Kekurangan

13. Mencegah Tuberkulosis

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah manggis untuk ibu hamil akan menghambat dan membunuh Mtb atau Microbacterium tuberculosis, salah satu penyebab tuberkulosis. Manggis bisa dinikmati segera setelah Moms cuci dan kupas.

Mendapatkan manfaat buah manggis untuk ibu hamil, Moms cukup mengonsumsinya dalam bentuk segar. Tetapi, Moms tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi si ratu buah ini.

Seperti halnya buah lain, tetap ada kemungkinan Moms mengalami reaksi alergi setelah makan buah manggis yang biasanya ditandai dengan rasa gatal di lidah atau sekitar mulut.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah manggis juga dapat bereaksi pada ibu hamil yang juga tengah menjalani terapi radiasi atau kemoterapi.

Selain itu, manfaat buah manggis untuk ibu hamil bukan digunakan sebagai referensi pengganti obat atau suplemen yang diresepkan dokter kandungan. Bila Moms ingin menjadikan ekstrak buah manggis sebagai diet kehamilan, konsultasikan dengan dokter.

Berikut ini kami berikan tips cara untuk membeli manggis. Untuk bisa memilih beli manggis segar, ibu hamil harus memperhatikan beberapa tips di bawah ini:

  • Pilih buah manggis ukuran sedang, hindari memilih buah besar karena buah besar akan berbiji banyak, besar, jadi tidak enak.
  • Ambil buah manggis dan lihat bagian bawah (berlawanan dengan batang, berbentuk seperti bunga yang menjulur) dan hitung jumlah sayapnya. Berapa banyak kelopak bunga yang dimiliki bunga ini? Semakin banyak manggis, semakin kecil atau sedikit bijinya. Oleh karena itu, sebaiknya pilih buah yang pantatnya memiliki banyak kelopak.
  • Pilih buah-buahan dengan kulit coklat, kasar, kasar, hindari buah yang terlalu glossy. Menurut pengalaman, manggis ini akan memberikan rasa yang enak.
  • Tekan manggis dengan lembut: Kulit manggis sangat tebal, tetapi jika sudah matang, mudah juga untuk ditekan. Oleh karena itu sebaiknya manggis ditekan dengan lembut, bila lunak, mudah ditekan, buah ini sudah matang dan enak dikonsumsi.
  • Jika Moms menemukan manggis yang keras, lancang, atau keras, sebaiknya jangan memilih karena ini sering kali merupakan buah yang pecah.
  • Pilih buah yang memiliki noda kuning pada kulitnya: Ini pertanda buah manggis sudah tua, matang, dan rasanya enak.

Itu dia Moms, ragam manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang patut diketahui. Tetap konsumsi dalam jumlah secukupnya dan jangan berlebihan, ya.


Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait