FASHION & BEAUTY
27 Maret 2020

Manfaat Masker Lumpur untuk Kulit Berminyak

Cara merawat kulit berminyak bisa dilakukan dengan menggunakan masker
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, ada yang cenderung kering, berminyak dan mudah berjerawat, atau kombinasi antara keduanya.

Nyatanya, jenis kulit berminyak paling membutuhkan perawatan intensif karena cenderung memiliki pori-pori yang besar sehingga sebabkan komedo dan jerawat.

Clinmed International Library mengungkapkan, kulit berminyak mudah terlihat kusam sehingga penggunaan masker dinilai efektif untuk merawat kulit Moms secara mendalam.

Nah, jenis masker yang bisa dicoba adalah masker lumpur atau biasa disebut mud mask.

Jenis masker ini dapat membersihkan kulit sampai ke pori-porinya. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari masker lumpur dari kulit berminyak? Ini ulasannya.

Baca Juga: 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

Manfaat Masker Lumpur

Manfaat Masker Lumpur-1.jpg

Foto: womanandhome.com

Studi dalam Journal of Cosmetic Science mengungkapkan, masker lumpur memiliki kandungan mineral yang tinggi dan mampu merangsang sirkulasi darah serta membersihkan sel-sel kulit mati.

Masker lumpur akan bertambah baik apabila dicampurkan dengan garam. Nah, Moms bisa menemukan kandungan tersebut dalam berbagai jenis produk mud mask yang beredar di pasaran.

Studi yang sama juga menjelaskan manfaat masker lumpur untuk kulit berminyak, yaitu menghilangkan kotoran dan mampu membersihkan sampai ke pori-pori mendalam.

Jenis masker ini sangat cocok dipakai sesudah Moms memakai makeup, sehabis beraktivitas, atau ketika sebum terasa menumpuk di wajah.

Tak hanya itu, ternyata masker lumpur juga cocok digunakan bagi Moms yang memiliki masalah kulit seperti psoriasis, dermatitis seboroik, dan dermatitis atopik.

Oleh sebab itu, kandungan lumpur sendiri sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar dari persiapan sabun, krim, dan salep untuk perawatan kulit.

Namun, bagi Moms yang memiliki kulit kering dan sensitif, sebaiknya hindari memakai masker lumpur.

Alasannya, masker lumpur bertugas untuk menyerap minyak berlebih di wajah, sedangkan kulit kering justru membutuhkan sebum agar kulitnya tetap lembap.

Jika Moms tetap ingin mencobanya, bisa digunakan sesekali hanya tidak berlebihan karena dapat membuat kulit menjadi iritasi.

Sebaliknya, pemilik kulit kering sebaiknya memakai sheet mask untuk menjaga kesehatan kulit secara mendalam.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker untuk Kulit Berminyak

Masker Lain untuk Kulit Berminyak

Manfaat Masker Lumpur-2.jpg

Foto: young-again.eu

Hal yang penting diperhatikan untuk kulit berminyak adalah mudah kusam, pori-pori besar, dan mudah berjerawat.

Sehingga, pemilihan juga tidak boleh sembarangan. Selain masker lumpur, ada beberapa jenis masker lain yang bisa Moms pilih.

Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada tahun 2011 lalu mengungkapkan, masker madu memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik yang baik untuk kulit berminyak.

Moms bisa memakai masker madu selama 10 menit untuk dapat mengurangi jerawat dan merawat kulit berminyak agar tetap lembut.

Selain itu, masker yang mengandung oatmeal juga baik untuk menjaga kulit berminyak.

Masker oatmeal dapat membantu membersihkan kulit, mengandung antioksidan yang tinggi, dan merupakan masker yang mampu menenangkan kulit yang iritasi.

Baca Juga: 4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

Cara Merawat Kulit Berminyak

Manfaat Masker Lumpur-3.jpg

Foto: today.com

Cara terbaik untuk menjaga kulit berminyak adalah membersihkan kulit dengan baik setiap harinya.

Namun, hindari menggunakan bahan sabun muka yang terlalu keras karena dapat mengiritasi kulit.

“Bersihkan kulit dua kali setiap hari, biasanya di pagi dan malam hari. Pilih produk perawatan kulit yang bebas minyak dan non comedogenic. Jangan lupa juga gunakan pelembap setiap hari dan sunscreen mengandung SPF untuk menjaga kulit dari paparan tabir surya,” ujar Dr. Shumaila Khan, dokter kulit dari Pakistan.

Selain itu, hindari tidur dengan makeup masih menempel di wajah. Kebiasaan ini hanya membuat wajah semakin kusam dan merangsang munculnya komedo serta jerawat yang meradang.

Hindari juga menyentuh wajah sepanjang hari, karena sumber segala kotoran dapat berasal dari tangan kita, ya, Moms.

Artikel Terkait