FASHION & BEAUTY
6 Maret 2020

5 Manfaat Masker Putih Telur untuk Perawatan Wajah

Ingin kulit wajah sehat? Gunakan masker putih telur di rumah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Telur kaya akan protein. Tidak dapat dipungkiri lagi protein sangat bagus untuk memberi nutrisi pada tubuh.

Nutrisi dalam telur juga bagus untuk memelihara kulit, termasuk kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat putih telur untuk wajah, Moms dapat dengan mudah menggunakannya sebagai masker alami. Cara membuat masker berbahan dasar putih telur pun cukup mudah!

Pisahkan putih dari kuning telur dan kocok putih telur hingga berbusa. Oleskan dengan kuas pada wajah Moms dengan mengarah ke bagian atas. Biarkan mengering selama sekitar 15 sampai 20 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat.

Untuk menambah khasiatnya, Moms juga bisa menambahkan beberapa bahan lainnya ke dalam masker putih telur, seperti beberapa sendok teh jus lemon atau madu.

Manfaat Masker Putih Telur

Sebenarnya apa saja manfaat masker putih telur bagi wajah? Yuk, simak selengkapnya Moms!

1. Mengencangkan Kulit

manfaat masker putih telur untuk wajah - mengencangkan kulit.jpg

Efek yang paling terasa setelah Moms menggunakan masker putih telur adalah kulit wajah terasa lebih kencang! Hal ini biasanya akan berlangsung sekitar satu jam setelah Moms membilas masker.

Tidak sedikit juga orang yang percaya bahwa manfaat masker putih telur mirip dengan facelift jangka pendek.

Dengan rutin menggunakan masker ini, Moms dapat lebih menghemat budget perawatan wajah, kan?

Selain mengencangkan kulit, wajah pun akan terlihat lebih cerah karena masker putih telur juga dapat berfungsi untuk mengurangi tampilan garis-garis halus pada wajah.

Sel kulit mati yang tidak terangkat ketika membersihkan wajah dengan cara biasa juga dapat diangkat maksimal melalui masker ini.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

2. Mengatasi Komedo Putih

manfaat masker putih telur untuk wajah - mengatasi komedo putih.jpg

Apa Moms sudah gemas dengan keberadaan komedo putih yang tidak juga pergi walau wajah sudah rutin dibersihkan? Tenang saja Moms, saatnya menggunakan masker putih telur untuk mengatasinya!

Komedo putih dapat terbentuk akibat dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran.

Para ahli di Acnetalks.com menyarankan menggunakan masker putih telur dengan sedikit perasan jeruk lemon untuk membantu menghilangkan komedo putih.

3. Menyerap Kelebihan Minyak di Wajah

manfaat masker putih telur untuk wajah - menyerap kelebihan minyak.jpg

Manfaat masker putih telur bagus untuk pemilik kulit berminyak. Cobalah kocok satu putih telur sampai kaku lalu tambahkan satu sendok teh air lemon dan satu sendok teh madu.

Air lemon berfungsi menyerap minyak berlebih dan mencerahkan warna kulit, sementara putih telur mengencangkan pori-pori.

Madu akan menambah kelembapan pada kulit tanpa menambahkan minyak, serta memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat bagi kulit berminyak. Biarkan masker selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

4. Membersihkan Kotoran di Pori-pori Wajah

manfaat masker putih telur untuk wajah - membersihkan kotoran di pori-pori.jpg

“Campuran putih telur dan yoghurt dapat membersihkan kotoran di pori-pori dengan lebih maksimal. Asam laktat dalam yogurt melepaskan kotoran di pori-pori, sedangkan putih telur akan mengeringkannya,” ujar Ava Shamban, MD, dermatologis dan pendiri SKINxFIVE.

Selain kedua bahan tersebut, Moms juga dapat menambahkan alpukat untuk melembabkan dan melawan peradangan.

Siapkan masker kulit dengan memadukan putih telur, satu sendok makan yogurt, dan setengah alpukat. Oleskan masker tersebut, diamkan selama 10 menit lalu bilas.

5. Mengatasi Lingkaran Hitam di Mata

manfaat masker putih telur untuk wajah - mengatasi lingkaran hitam.jpg

Untuk menghilangkan bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata, oleskan dengan lembut masker putih telur di sekitar area mata. Tunggu sampai kering, kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Ternyata manfaat masker putih telur bagi wajah luar biasa, ya, Moms. Gunakan masker putih telur secara rutin tergantung tipe kulit wajah.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah dulu sebelum mengaplikasikan masker dan setelah selesai Moms dapat menggunakan moisturizer untuk hasil maksimal.

Masker putih telur memang bermanfaat bagi kulit, tapi Moms harus menghindarinya bila memiliki alergi telur.

Dilansir dari jurnal Molecular Immunology, belum terdapat obat permanen untuk alergi telur, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menghindari sumbernya.

(DI)

Artikel Terkait