BALITA DAN ANAK
8 Juli 2020

Moms Perlu Tahu, 6 Manfaat Memasak Bersama Anak

Jangan ragu lagi mengajak Si Kecil untuk berkreasi di dapur ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tahukah Moms sebenarnya mengajak Si Kecil untuk memasak bersama di dapur memiliki banyak manfaat?

Mengajak anak memasak tidak hanya mengajarkannya untuk berani mencoba makanan baru, tetapi juga merupakan proses belajar bagi Si Kecil. Memasak bersama anak memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan, tetapi tidak perlu sampai dijadikan beban ya, Moms.

Dilansir dari Healthy Children, Dr Nimali Fernando yang merupakan dokter spesialis anak dan founder Doctor Yum (LSM yang bergerak di bidang nutrisi anak), saat anak memasak bersama Moms, ia akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan karena dapat menghilangkan kecemasan untuk mencoba makanan baru bagi mereka. Memasak juga membangun kepercayaan diri bagi Si Kecil dan menumbuhkan fungsi-fungsi indera mereka, lho.

Manfaat Memasak Bersama Anak

Lalu, apa saja manfaat memasak bersama anak? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

manfaat memasak bersama anak 1.jpeg

Foto: Pexels.com

Memasak ternyata meningkatkan peluang untuk mengembangkan kemampuan berbahasa bagi Si Kecil, Moms. Hal ini terjadi karena saat memasak, Moms bisa mengajak anak terus berbicara. Misalnya untuk mengenalkan bumbu atau memberi instruksi apa yang harus dilakukan.

Moms juga bisa menanyakan hal-hal seperti apa yang akan dimasak hari ini, bagaimana tekstur dari adonan yang dimasak, mengajak Si Kecil untuk menghitung bahan makanan, dan mengajak Si Kecil menyaksikan ketika bahan makanan yang dimasak mulai berubah warna.

Baca Juga: 9 Penemuan Alat Dapur Kekinian Ini Buat Memasak Lebih Mudah

2. Mengembangkan Kemampuan Kognitif

manfaat memasak bersama anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Manfaat memasak bersama anak yang kedua yaitu kemampuan kognitif Si Kecil dapat terus berkembang.

Memasak dapat membantu anak untuk belajar berpikir, menyelesaikan masalah, dan melatih kreativitasnya. Memasak juga meningkatkan peluang bagi anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki, misalnya berhitung dan membaca petunjuk resep.

3. Mengajarkan Basic Life Skill

manfaat memasak bersama anak 3.jpeg

Foto: Pexels.com

Manfaat memasak bersama anak berikutnya yaitu untuk mengajarkan kemampuan bertahan hidup. Mempelajari keterampilan dasar memasak, dapat dirasakan manfaatnya selama seumur hidup bagi Si Kecil.

Dengan memulai memasak saat di usia muda, kemampuan tersebut akan terus berkembang dan menjadi keterampilan yang tentu akan berdampak baik ketika mereka dewasa.

Baca Juga: Ingin Anak Cerdas dan Mandiri? Ini Tipsnya Menurut Psikolog!

4. Membuat Hidup Lebih Sehat

manfaat memasak bersama anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Memasak di rumah berarti juga menjaga kesehatan tubuh. Menurut riset berjudul Is cooking at home associated with better diet quality or weight-loss intention?’ yang dilakukan oleh Universitas Cambridge, memasak makanan rumah dapat menjadikan tubuh menjadi lebih sehat dan bahagia serta mengurangi konsumsi gula dan makanan olahan.

Melibatkan Si Kecil di dapur juga dapat menumbuhkan kebiasaan baik seumur hidupnya, Moms.

5. Membuat Anak Semakin Percaya Diri

manfaat memasak bersama anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Ketika Si Kecil berhasil menyelesaikan satu resep masakan, mereka akan merasa bangga dan percaya diri. Nyatanya, anak yang bisa memasak memiliki tingkat kemandirian lebih tinggi, yang akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan dan harga diri mereka di masa depan kelak.

Dengan memasak, anak-anak pun akan lebih menghargai proses untuk mendapatkan hasil yang baik.

Baca Juga: 5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak Pemalu

6. Menciptakan Quality Time Keluarga

manfaat memasak bersama anak 6.jpeg

Foto: Pexels.com

Moms dapat mengetahui Si Kecil lebih baik dengan memasak dan juga sebaliknya. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan berbagi resep makanan, teknik memasak, dan lain-lain.

Memasak bersama anak juga mengajarkan untuk bersabar, belajar saling mengasihi satu sama lain, dan memaafkan kesalahan-kesalahan kecil. Moms bisa merencanakan jadwal memasak bersama Si Kecil misalnya setiap hari Minggu dengan mencoba berbagai resep baru. Sangat menyenangkan, bukan?

Moms, ternyata banyak sekali manfaat memasak bersama anak, ya. Jadi, mulai hari ini tak perlu ragu lagi untuk mengajak Si Kecil mempersiapkan makan malam. Moms dapat mencoba pula resep-resep nikmat yang ada di Orami. Selamat berkreasi!

Artikel Terkait