BAYI
18 Maret 2020

3 Manfaat Membacakan Buku pada Bayi Newborn, Bikin Makin Cerdas!

Membacakan buku pada bayi lebih dini akan membuat Si Kecil semakin cerdas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernah membacakan buku pada bayi, bahkan sejak Si Kecil masih dalam kandungan? Jika iya, Moms telah mengenalkan kebiasaan baik pada bayi.

Moms akan lebih menyukai membacakan buku pada bayi, karena akan melihat responsnya yang menggemaskan.

Bayi kecil mungkin tidak tahu apa tentang arti gambar-gambar dalam buku, tetapi Si Kecil dapat fokus buku terutama gambar wajah, warna-warna cerah, dan pola yang berbeda. Bayi juga akan fokus pada cara Moms bercerita kepadanya.

Menurut American Academy of Pediatrics, orang tua yang membacakan buku untuk anak-anak, ternyata akan mengasah keterampilan sastranya.

“Peningkatan keaksaraan dapat membuat perbedaan dalam kehidupan anak-anak dan keluarga,” kata Pamela C. High, MD, MS, FAAP, penulis utama Literacy Promotion: An Essential Component Praktik Pediatrik Perawatan Primer.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Membacakan Buku pada Bayi untuk Perkembangannya

Manfaat Membacakan Buku pada Bayi Newborn

Selain itu, masih ada lho manfaat membacakan buku pada bayi newborn yang perlu Moms ketahui. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Membangun Kebiasaan Positif

Membacakan Buku Pada Newborn Ternyata Banyak Manfaatnya -1.jpg

Foto: Cadence-academy.com

Dilansir dari Kidshealth.org, meski bayi belum mengerti, membacakan buku pada bayi apalagi dengan suara keras akan menjadi aktivitas yang luar biasa dan menjadi kebiasaan yang bagus untuk Si Kecil yang dapat Moms teruskan selama bertahun-tahun.

Kebiasaan positif ini penting untuk otak bayi. Karena saat membacakan buku untuk bayi, secara tidak langsung juga Moms memperkenalkan konsep-konsep seperti angka, huruf, warna, dan bentuk dengan cara yang menyenangkan.

Mendengar kata-kata yang Moms bacakan dari buku juga akan membantu bayi dalam membangun jaringan kata yang kaya di otaknya. Anak-anak yang orang tuanya sering mengajak berbicara dan membacakan buku, biasanya akan memiliki lebih banyak kosa kata pada usia 2 daripada anak-anak yang belum pernah dibacakan buku.

“Membaca adalah kebiasaan yang harus didorong oleh orang tua sebelum bayi berusia satu tahun. Pengalaman bonding tidak terkalahkan,” kata Patricia Cowan, koordinator program nasional untuk Reach Out and Read, sebuah proyek yang memberikan buku anak-anak selama pemeriksaan medis.

2. Mengajarkan Tentang Komunikasi

Membacakan Buku Pada Newborn Ternyata Banyak Manfaatnya -2.jpg

Foto: Mochymommy.com

Saat Moms membacakan buku untuk bayi, Si Kecil juga akan belajar cara berkomunikasi yang akan memberikan informasi pada bayi tentang dunia di sekitarnya.

Cara bayi meningkatkan keterampilan bahasanya adalah dengan menyalin suara, mengenali gambar, dan belajar kata-kata dari Moms.

Saat usia satu tahun, Si Kecil akan mempelajari semua suara dan kata yang diperlukan untuk berbicara. Semakin sering membacakan buku pada bayi, semakin banyak kata-kata yang akan didengar bayi yang akan meningkatkan kosa katanya dalam berbicara.

Saat membacakan buku pada bayi dengan menggunakan berbagai emosi dan suara ekspresif, itu akan mendukung perkembangan sosial dan emosional, membangun keterampilan mendengarkan, ingatan, dan kosa kata bayi.

Ini juga akan mendorong bayi untuk melihat, mengarahkan, menyentuh, dan menjawab pertanyaan yang akan membantu pengembangan sosial dan keterampilan berpikir Si Kecil.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Bayi dan Balita dengan Cerita yang Menarik

3. Meningkatkan Bonding

Membacakan Buku Pada Newborn Ternyata Banyak Manfaatnya -3.jpg

Foto: Us.clipdealer.com

Tetapi mungkin alasan paling penting untuk sering membacakan buku pada bayi karena akan meningkatkan bonding antara Moms dengan Si Kecil. Saat buku dibacakan, Si Kecil akan menyukainya karena bisa dekat dengan Moms dan juga dengan buku.

Menghabiskan waktu membaca untuk bayi menunjukkan bahwa membaca itu penting. Dan jika bayi dan anak-anak sering dibacakan dengan sukacita, kegembiraan, dan kedekatan, Si Kecil akan mulai mengasosiasikan buku-buku dengan kebahagiaan.

Dan hal itu adalah hasil dari membacakan buku pada bayi sedini mungkin.

"Ini akan membantu orang tua membangun interaksi dengan anak-anak mereka ke dalam kehidupan sehari-hari. Karena ini dapat menciptakan hubungan pengasuhan, yang mempromosikan perkembangan otak awal, literasi awal, pengembangan bahasa, dan kesiapan sekolah," kata Perri Klass, M.D., FAAP, direktur medis nasional Reach Out and Read.

Selama beberapa bulan pertama kehidupan, bayi hanya suka mendengar suara Moms. Jadi, Moms dapat membaca hampir semua hal, terutama buku dengan lagu atau nyanyian teks berima.

Orang tua yang menghabiskan waktu membaca untuk anak-anak mereka akan menciptakan hubungan pengasuhan yang penting untuk perkembangan kognitif, bahasa dan sosial-emosional anak.

Baca Juga: Tips Memilih Buku untuk Dibacakan pada Bayi

Nah, itulah manfaat membacakan buku pada bayi newborn. Selain memberikan sekeranjang mainan, siapkan juga berbagai bacaan dan waktu untuk membacakan buku pada bayi ya Moms.

Artikel Terkait