BAYI
15 Juli 2020

4 Manfaat Bayi Memiliki Sedikit Mainan, Sudah Tahu?

Ternyata, kreatif menjadi salah satu manfaat memiliki sedikit mainan lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat membelikan mainan, yang terbayangkan oleh Moms adalah wajah Si Kecil yang bahagia saat menerimanya. Tapi ternyata kebanyakan itu tidak bertahan lama, apalagi jika hadiah mainan yang diterimanya terlalu banyak.

Hal itu juga ditunjukkan oleh sebuah studi. Anak-anak yang memiliki terlalu banyak mainan lebih mudah terganggu dan tidak menikmati waktu bermain yang berkualitas.

Para peneliti di University of Toledo di Ohio, AS, mengundang 36 balita bermain dalam sebuah ruangan selama setengah jam, dengan empat atau 16 mainan.

Peneliti menemukan bahwa anak jauh lebih kreatif ketika memiliki lebih sedikit mainan. Mereka bermain dengan masing-masing mainan dua kali lebih lama, memikirkan lebih banyak kegunaan untuk setiap mainan, memperpanjang dan memperluas jenis permainan mereka.

"Studi ini berusaha untuk menentukan apakah jumlah mainan di lingkungan balita mempengaruhi kualitas permainan mereka," kata pemimpin penulis Dr Carly Dauch dalam jurnal Infant Behavior and Development.

Dalam bukunya, penulis ClutterFree with Kids Joshua Becker juga berpendapat banyak manfaat saat bayi memiliki lebih sedikit mainan. "Seorang anak akan jarang belajar menghargai sepenuhnya mainan di depan mereka ketika ada banyak pilihan yang masih tersisa di rak," katanya.

Baca Juga: 3 Mainan untuk Merangsang Motorik Halus Bayi 0-12 Bulan, Catat!

Manfaat Bayi Memiliki Sedikit Mainan

Selain itu, apa saja manfaat memiliki sedikit mainan untuk Si Kecil?

1. Bayi Belajar Lebih Kreatif

Ternyata Miliki Sedikit Mainan Malah Banyak Manfaatnya Mom -1.jpg

Foto: Freepik.com

Dua petugas kesehatan masyarakat Jerman, Strick dan Schubert melakukan percobaan. Mereka meyakinkan ruang kelas TK untuk menyimpan semua mainan selama tiga bulan.

Meskipun kebosanan muncul selama tahap awal percobaan, anak-anak segera mulai menggunakan lingkungan dasarnya untuk menciptakan permainan dan menggunakan imajinasi dalam permainan mereka.

“Lebih sedikit mainan menyebabkan anak menjadi banyak akal dengan menyelesaikan masalah dengan hanya materi yang ada. Dan akal adalah hadiah tanpa batas,” ujarnya.

2. Memiliki Rentang Perhatian yang Lebih Panjang

Ternyata Miliki Sedikit Mainan Malah Banyak Manfaatnya Mom -2.jpg

Foto: Flo.health

Ketika terlalu banyak mainan diperkenalkan ke dalam kehidupan seorang anak, rentang perhatiannya akan mulai bercabang dan memendek.

Seorang anak akan jarang belajar untuk sepenuhnya menghargai mainan di depannya, ketika ada banyak pilihan yang masih tersisa di rak di belakang mereka.

“Ketika anak-anak memiliki terlalu banyak mainan, mereka secara alami tidak akan merawatnya. Mereka tidak akan belajar untuk menilai mereka jika selalu ada pengganti yang siap,” kata Joshua.

Selain itu, secara alami Si Kecil tidak akan merawatnya. Anak akan menilai bahwa selalu ada mainan lagi jika sudah ada mainan yang rusak. Jika Moms memiliki bayi yang terus-menerus merusak mainan, sisakan saja sedikit mainan agar Si Kecil mulai belajar.

Baca Juga: 4 Permainan Sensori untuk Stimulasi Indera Penglihatan Bayi 0-12 Bulan, Yuk Coba!

3. Tekun dan Pantang Menyerah

Ternyata Miliki Sedikit Mainan Malah Banyak Manfaatnya Mom -3.jpg

Foto: Fatbraintoys.com

Manfaat lain dari memiliki sedikit mainan adalah tidak akan terlalu cepat menyerah. Jika Si Kecil memiliki mainan yang tidak dapat kuasai, mainan itu akan lebih cepat ditinggalkan demi mainan yang berbeda dan lebih mudah.

Si Kecil yanga memiliki mainan yang lebih sedikit akan belajar ketekunan, kesabaran, dan tekad.

Anak yang mendapatkan semua yang diinginkan akan mempercayai bahwa mereka dapat memiliki semua yang diinginkan. Sikap ini akan dengan cepat mengarah kepada gaya hidup yang tidak sehat yang akan memberi efek negatif dalam pengembangan sifat dan karakternya di kemudian hari.

4. Lebih Dekat dengan Lingkungan dan Alam

Ternyata Miliki Sedikit Mainan Malah Banyak Manfaatnya Mom -4.jpg

Foto: Treasures.co.nz

Manfaat lain dari memiliki sedikit mainan adalah lebih dekat dengan lingkungannya dan tidak terpaku pada mainan. Si Kecil akan lebih cenderung bermain di luar dan mengembangkan apresiasi yang mendalam terhadap alam.

Dia juga cenderung terlibat dalam latihan fisik yang menghasilkan tubuh yang lebih sehat dan lebih bahagia.

Saat Si Kecil merasa cukup bermain di dalam rumah dengan mainannya, dia akan mulai mengajak Moms main di luar. Ajak Si Kecil bermain di taman atau teras sebagai tempat bermain lainnya dan biarkan Si Kecil bereksplorasi namun tepat memantaunya.

Baca Juga: 6 Manfaat Permainan Sensori untuk Bayi, Yuk Coba!

Manfaat memiliki sedikit mainan akan lebih banyak lagi jika Moms mencobanya. Ajak Si Kecil yuk.

Artikel Terkait