KEHAMILAN
9 Maret 2020

6 Manfaat Mendengarkan Musik saat Hamil, Bisa Meringankan Stres!

Musik diyakini memiliki kekuatan penyembuhan dan telah digunakan sebagai bentuk terapi
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ibu hamil sangat rentan terhadap gangguan kecemasan, gelisah hingga stres yang biasanya mampu menyebabkan bayi prematur atau berat badan Si Kecil yang rendah. Menurut penelitian dari Universitas Lisbon, gangguan tersebut memengaruhi sekitar 20 persen ibu hamil.

Dikatakan bahwa dengan mendengarkan musik mampu melakukan penyembuhan, dan efek menenangkan pada emosi kita terutama bagi ibu hamil karena membantu menghilangkan stress, rileks, serta mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Manfaat Mendengarkan Musik saat Hamil

American National Association for Music Therapy mendefinisikan terapi musik sebagai penggunaan musik untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan psikologis. Jadi, tidak ada keraguan bahwa musik itu membangkitkan semangat dan berfungsi untuk menghibur Moms setiap saat.

Di samping itu, berikut adalah beberapa kemungkinan manfaat mendengarkan musik bagi ibu hamil yang perlu Moms ketahui. Yuk simak!

1. Asah Indera Pendengaran

Ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat mendengarkan musik saat hamil yang pertama adalah mengasah indera pendengaran Si Kecil. Moms, musik akan muncul sebagai gelombang suara ritmis untuk Si Kecil dalam kandungan.

Bayi berkonsentrasi pada hal-hal ini, dan ini merangsang keterampilan kognitif dan indera pendengaran sambil meningkatkan refleks.

2. Membentuk Kepribadian

bayi tertawa-4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat mendengarkan musik saat hamil yang selanjutnya adalah membentuk kepribadian Si Kecil. Dipercaya bahwa jenis musik yang Moms dengarkan selama kehamilan dapat membantu membentuk kepribadian Si Kecil saat ia tumbuh dewasa.

Dengan demikian, musik yang menenangkan mungkin mendorong sikap tenang sementara musik keras mungkin membawa sifat agresif ke depan.

3. Meringankan Stres

ilustrasi ibu hamil stres

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat mendengarkan musik saat hamil yang selanjutnya adalah meringankan stres. Musik membuat ibu hamil rileks serta mampu menenangkan saat stres atau cemas.

Ini pada gilirannya akan menenangkan Si Kecil juga. Sehingga, cara ini efektif mengatasi stres selama kehamilan.

Baca Juga:Ibu Hamil Ingin Menonton Konser Musik? Pahami Dulu Aturannya!

4. Perawatan Preeklamsia

preeklamsia.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat mendengarkan musik saat hamil yang selanjutnya adalah perawatan preeklamsia. Berdasarkan International Journal of Clinical and Experimental Medicine, musik dapat membantu menurunkan tekanan darah pada ibu hamil dengan hipertens /preeklamsia yang diinduksi kehamilan.

Oleh karena itu, musik dapat menjadi tambahan yang berguna untuk perawatan preeklamsia konvensional.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ibu hamil tertidur

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat mendengarkan musik saat hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tidur. Selama kehamilan, kualitas tidur pun mengalami perubahan karena beberapa hal seperti ketidaknyamanan tidur, mual, atau lainnya.

Nah, jurnal dari Women & Health telah menunjukkan bahwa terapi musik dapat meningkatkan kualitas tidur.

6. Pencegahan Depresi Pascamelahirkan

Baby-Blues-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat mendengarkan musik saat hamil yang selanjutnya adalah mencegah depresi pascamelahirkan. Mengatasi kesejahteraan mental yang baik sangat penting selama kehamilan (terutama selama trimester ketiga) untuk mencegah suasana hati yang rendah dan masalah kesehatan mental setelah melahirkan.

Penelitian dari Journal of Reproductive and Infant Psychology telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik pada trimester ketiga kehamilan dapat mengurangi risiko depresi pascamelahirkan.

Baca Juga:Harus Musik Klasik untuk Stimulasi Janin dalam Kandungan?

Nah, itulan mannfaat mendengarkan musik saat hamil. Bukan hanya bermanfaat untuk Moms, tapi juga untuk Si Kecil.

Saat Moms mendengarkan musik, pastikan volumenya tidak lebih tinggi dari 65 desibel ya. Jika Moms merasa akan mendengarkan musik untuk waktu yang lama, pertahankan volume pada atau di bawah 50 desibel.

Mendengarkan musik adalah cara yang bagus untuk bersantai dan merasa positif dan musik serta suara yang tepat dapat menjadi keuntungan bagi bayi Moms yang belum lahir.

Pilih musik yang menurut Moms menenangkan dan manfaatkan waktu untuk bersantai dan ikatan dengan bayi yang belum lahir.

Musik apa yang Moms dengarkan saat hamil?

Artikel Terkait