2-3 TAHUN
16 Mei 2020

Manfaat Mendongeng untuk Anak yang Tak Terduga Menurut Pakar

Yuk mulai bacakan dongeng untuk Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms sering membacakan dongeng untuk Si Kecil? Ada beberapa manfaat mendongeng untuk anak yang didapatkan lho, ternyata.

Tidak hanya mempererat bonding, mendongeng bersama anak juga dapat meningkatkan daya imajinasi, serta membantu proses tumbuh kembang anak lewat stimulasi.

Hal ini disampaikan oleh dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A (K) di acara NIVEA Sentuhan Ibu 2019 'World of Imagination' pada Rabu (13/11/2019) di The Terrace, Senayan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: 6 Manfaat Dongeng Dalam Membentuk Karakter Anak

Manfaat Mendongeng untuk Anak

manfaat mendongeng untuk anak-1

Manfaat mendongeng untuk anak salah satunya adalah bentuk stimulasi yang dapat mengaktifkan semua bagian otak.

"Mendongeng adalah salah satu bentuk stimulasi. Pada saat ibu mendongeng dan anak mendengar, ternyata semua bagian otak anak akan aktif," jelas dr. Herbowo.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa aktivitas otak yang mendengarkan cerita, dan yang menceritakan dongeng itu sama (mirroring).

"Pada saat mendongeng, otak anak aktif dan akan membentuk imajinasi (neural coupling). Ada hormon-hormon yang dilepas yaitu dopamin, oksitosin, dan kortisol. Jadi, dongeng ini penting sekali untuk melatih anak kita berempati," tambahnya lagi.

Pada Australasian Journal of Early Childhood, mendongeng bermanfaat untuk membangun rasa komunitas yang lebih besar, meningkatkan pengetahuan dan daya ingat, mendukung pengembangan literasi awal, dan memperluas potensi kreatif pada anak-anak.

Baca Juga: Cara Memilih Cerita Dongeng yang Tepat untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Waktu Tepat untuk Mengajak Si Kecil Mendongeng

manfaat mendongeng untuk anak-2

Terlepas dari manfaat mendongeng untuk anak yang didapatkan, mungkin Moms bertanya-tanya tentang kapan Si Kecil bisa diajak mendongeng bersama.

Dokter Herbowo menjelaskan, "Sebelum-sebelumnya, dongeng itu dari usia baru lahir sampai usia TK. Tapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa dongeng untuk orang dewasa, terutama penderita stroke juga terbukti dapat memperbaiki fungsi otak."

"Jadi, di penelitian terbaru, kegiatan mendongeng itu bisa untuk usia berapa saja," lanjutnya.

Manfaat yang sama juga didapatkan bila Si Kecil sosok yang justru lebih sering bercerita. Moms sebagai pendengar jadi dapat 'menyelami' isi pikiran dan dunia imajinasi anak.

"Tanpa menyelami imajinasi anak, kita tidak bisa menggali potensi yang mereka miliki," ungkap dr. Herbowo.

Baca Juga: Yuk, Bacakan 5 Dongeng Sebelum Tidur Terbaik Ini untuk Anak-Anak Moms

Optimalkan Manfaat Mendongeng dengan Sentuhan

manfaat mendongeng untuk anak-3

Sebagai tips tambahan, manfaat mendongeng untuk anak akan terasa lebih optimal jika kegiatan mendongeng Moms dan Si Kecil disertai dengan sentuhan.

"Penambahan sentuhan sangat berpengaruh, karena sentuhan akan membantu perkembangan amigdala, bagian otak yang mengatur emosi dan memori, serta mengintegrasikan otak kecil di area prefrontal," jelas dr. Herbowo.

Nah, itu dia manfaat mendongeng untuk anak yang tidak terduga. Jadi, apa dongeng yang akan diceritakan Moms sebelum tidur?

Artikel Terkait