FASHION & BEAUTY
23 September 2019

Apa Itu Micellar Water dan Manfaatnya Bagi Wajah?

Tren micellar water sebenarnya sudah ada sejak tahun 1900-an di antara perempuan Prancis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, pernah mendengar atau bahkan menggunakan produk micellar water? Sebenarnya, apa sih micellar water itu dan kenapa banyak orang yang menggunakannya?

Menurut cerita yang beredar, tren micellar water ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu, lho, yakni pada tahun 1900-an di mana para perempuan di Prancis menggunakannya.

"Micellar water terlihat seperti air, produk ini memiliki sifat seperti air tetapi ketika Anda meletakkannya di jari Anda, Anda akan merasakan tekstur yang berbeda dari air," kata Tabasum Mir, seorang dokter perawatan kulit di bidang dermatologi kosmetik dan bedah laser kosmetik dari New York.

Baca Juga: Tidak Hanya Menyakitkan, Ini 5 Bahaya Masker Wajah dari Arang

Lantas, apa itu sebenarnya micellar water dan apa yang membedakannya dengan produk pembersih wajah lain?

Apa Itu Micellar Water?

Apa Itu Micellar Water dan Kegunaannya?1.jpg

Sebelum membahas lebih lanjut tentang micellar water, apakah Moms sudah tahu bagaimana mengeja kata ini? Ternyata, micellar dieja seperti my-sell-er dalam bahasa Inggris.

Menurut ahli kimia kosmetik Joseph Cincotta, micellar water merupakan kombinasi dari air murni yang mengandung bahan-bahan pelembap seperti gliserin dan konsentrasi rendah dari surfaktan yang sangat ringan.

"Molekul-molekul dari surfaktan-surfaktan ringan secara alami bergabung bersama untuk membentuk bidang mikroskopis yang disebut misel, yang bertindak seperti magnet untuk kotoran dan minyak," jelas Cincotta.

Baca Juga: 6 DIY Masker Oatmeal untuk Mencerahkan Wajah

Ketika Moms mengusap bola kapas yang dibasahi micellar water pada wajah, kandungan misel di dalamnya akan menempel dalam kapas sambil menarik makeup, sebum, dan segala kotoran di kulit wajah.

Formula micellar water sangat ringan dan lembut, sehingga Moms tidak perlu membilas wajah lagi setelah menggunakannya. Moms bisa menggunakan bahan pelembap langsung ke wajah setelah menggunakan micellar water.

Selain bisa membersihkan wajah dari kotoran, micellar water pun cocok digunakan untuk jenis wajah yang berjerawat.

“Kandungan misel menghilangkan kotoran-kotoran yang terperangkap di kulit, tetapi tidak membuatnya kering. Saya pun memberitahu pasien saya untuk menggunakan micellar water sebagai pembersih wajah untuk menghindari pori-pori tersumbat,” ujar dokter kulit Francesca Fusco dari New York City.

Kenapa Banyak Orang Memilih Micellar Water?

Apa Itu Micellar Water dan Kegunaannya?2.jpg

Micellar water banyak sekali direkomendasikan oleh para penata rias dan toko makeup. Sebab, formula micellar water mampu menghilangkan dan membersihkan makeup tanpa perlu menambahkan air.

"Formula micellar water sangat lembut sehingga tidak perlu dibilas, sehingga bahan pelembap bisa tetap diserap oleh kulit,” ujar dr. Katie Beleznay, dokter kulit di Carruthers & Humphrey Cosmetic Dermatology, Kanada.

Baca Juga: 10 yang Harus Diketahui sebelum Melakukan Veneer Gigi

Maka dari itu, para penata rias senang menggunakan micellar water karena bisa membersihkan wajah dengan cepat, Moms.

Para pengguna micellar water pun menyukainya karena produk ini membersihkan wajah dengan konsistensi air sehingga tidak meninggalkan sisa residu atau membuat kulit berminyak.

Apa Kegunaan Micellar Water?

Apa Itu Micellar Water dan Kegunaannya?3.jpg

Seperti yang sudah dibahas di atas, fungsi utama dari micellar water adalah sebagai pembersih wajah, Moms. Produk ini bisa digunakan sebagai pengganti pembersih dan toner wajah.

Micellar water pun berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit wajah, membersihkan sisa kotoran dan minyak, serta mengencangkan pori-pori.

Dr. Beleznay pun menyebutkan bahwa micellar water sebetulnya punya manfaat lebih dari sekadar toner, sebab produk ini tidak mengandung alkohol yang menimbulkan bau menyengat atau membuat kulit kering.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Eye Cream untuk Menghilangkan Mata Panda

Produk-produk Micellar Water di Indonesia

top image nivea micellar water

Berikut ini adalah beberapa produk micellar water di Indonesia yang bisa Moms pilih.

  • Make Over Micellar Water (Rp85.000)
  • Garnier Micellar Water (Rp75.000)
  • Nivea Micellair Skin Breathe ((Rp55.000)
  • Pond’s White Beauty Brightening Micellar Water (Rp28.500)
  • Wardah Cleansing Micellar Water (Rp50.000)

Bagaimana Moms dengan penjelasan micellar water di atas? Membersihkan makeup harus benar-benar maksimal jika mau merawat kulit wajah supaya bisa tetap segar dan terjaga.

Pertimbangkan secara matang apabila Moms memang mau memilih menggunakan micellar water sebagai pembersih wajah, ya.

(SR/ERW)

Artikel Terkait