FASHION & BEAUTY
25 September 2019

5 Manfaat Micellar Water Selain untuk Membersihkan Makeup

Yuk, cari tahu manfaat lain dari micellar water!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tampaknya micellar water kini menjadi salah satu skincare yang wajib dimiliki. Banyak perempuan yang memakainya untuk membersihkan wajah dari make up dan merasa puas dengan hasilnya.

Kelihatannya memang seperti air biasa, ya. Namun micellar water ternyata mampu membersihkan sisa makeup hingga tuntas. Terbuat dari bahan air, micellar water pun dapat menghidrasi kulit wajah dengan baik.

Beberapa pembersih wajah memang bisa membersihkan riasan tetapi ada yang sifatnya keras pada kulit.

Ada pula yang lembut namun masih meninggalkan residu. Karena itulah micellar water dapat menjadi jawaban atas masalah tersebut.

Selain untuk membersihkan wajah, manfaat micellar water ternyata masih banyak, Moms. Apa saja?

Dijadikan Cleanser

manfaat micellar water - dijadikan cleanser.jpg

Manfaat micellar water memang untuk membersihkan. Jadi, Moms dapat saja langsung menjadikannya sebagai cleanser. Kotoran di kulit wajah mampu diangkat oleh micellar water.

Pembersih berbasis air ini ditemukan oleh Jean-Noël Thorel asal Prancis. Awalnya micellar water diciptakan untuk membersihkan dan menghidrasi karena air keran yang biasanya digunakan untuk membersihkan wajah sifatnya terlalu keras pada kulit, sehingga dapat menyebabkan kulit kering dan kusam.

"Air keran yang keras diisi dengan sejumlah besar mineral terlarut. Hal ini dapat memengaruhi pelindung kulit dan bahkan memperburuknya, membuat kulit rentan terhadap kerusakan lingkungan dan polusi," kata Julie Russak, MD, dari Russak Dermatology Clinic di New York.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

Sebagai Pelembap

manfaat micellar water - sebagai pelembab.jpg

Jika selama ini Moms suka mengoleksi pelembap wajah atau moisturizer, dengan adanya micellar water, bisa jadi Moms tidak perlu membelinya lagi. Ternyata manfaat micellar water juga bisa melembapkan kulit kering.

Micellar atau misel merupakan molekul kecil lipid yang tersuspensi ke dalam dalam air lunak. Dan menurut penelitian, lipid dapat menghidrasi kulit, serta meningkatkan fleksibilitas, kehalusan, dan kelembutannya.

“Semua jenis kulit sebenarnya dapat mengambil manfaat micellar water, tetapi saya merekomendasikannya untuk mereka yang memiliki kulit kering, sensitif atau berjerawat,” ujar Debra Luftman, MD, Dermatologist di Beverly Hills.

Pengganti Berbagai Produk Skincare

manfaat micellar water - pengganti skincare.jpg

Micellar water bisa membuat Moms menghemat budget pengeluaran untuk membeli skincare. Berbagai produk skincare bisa disubsitusi oleh micellar water.

Micellar water dapat menggantikan skincare harian yang Anda pakai. Saya sarankan menggunakannya di pagi hari, lalu diikuti dengan pelembab ber-SPF dan dipakai sekali lagi saat malam hari diikuti dengan krim malam," ungkap Debra Luftman, MD.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

Membersihkan Kotoran di Sepatu

manfaat micellar water - membersihkan sepatu.jpg

Bagi Moms yang memiliki sepatu bahan suede dan kulit, bisa juga, lho, membersihkan noda di sepatu tersebut dengan micellar water. Seorang pengguna Twitter, Kiera O'Hagan, berhasil membuktikannya!

Ia menuang micellar water ke kapas dan menggosok noda di sepatunya lalu dibiarkan kering. Hasilnya, noda bisa berkurang. Apa yang dilakukannya ini kemudian diikuti oleh beberapa pengguna Twitter lainnya.

Memperbaiki Bedak Compact yang Retak

manfaat micellar water - memperbaiki bedak retak.jpg

Pernah tidak Moms baru saja membeli bedak padat, blush on atau eye shadow, tiba-tiba jatuh dan retak? Wah, rasanya pasti kesal dan gemas, ya.

Tapi jika hal ini terjadi, Moms dapat memperbaikinya dengan micellar water!

Moms cukup tuangkan beberapa tetes micellar water ke bagian yang retak dan ratakan sebelum disimpan semalaman. Lihat hasilnya keesokan harinya!

Baca Juga: 5 Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur

Bagaimana, ternyata manfaat micellar water tidak hanya untuk membersihkan makeup kan? Selamat mencoba Moms!

(DI/ERW)

Artikel Terkait