KESEHATAN
27 Februari 2019

Yuk Minum Air Hangat Setiap pagi, Ini 7 Manfaatnya

Simak yuk Mom apa saja manfaat minum air hangat setiap pagi!
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Yuk Moms, sebelum beraktivitas, biasakan minum air hangat setiap pagi terlebih dahulu.

DIkutip dari jurnal Food and Nutrition Sciences, menurut Ahli Gizi Klinis Stella Metsovas, minum air hangat di pagi hari dapat meningkatkan pengencangan usus. Minum air hangat juga akan membantu pencernaan dan mengatur pergerakan usus.

“Minum air hangat dengan rendaman lemon yang tinggi polifenol atau teh yang dapat mengurangi radikal bebas tubuh,” Jelasnya.

Nah, selain itu, masih banyak manfaat lain dengan mengonsumsi air hangat setiap pagi. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Melancarkan Pencernaan

1 slide rsz 1shutterstock 377070193

Pengobatan Tiongkok kuno menyebutkan bahwa dengan minum air hangat di pagi hari akan mengaktifkan sistem pencernaan yang membantu mengurangi masalah pencernaan. Air hangat yang masuk ke dalam tubuh akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

2. Mengurangi Berat Badan

6 gettyimages 663845678 scale 1518010254

Cara Walsh, R.D, seorang ahli diet dari Medifast Weight Control Centers of California mengatakan, minum air hangat di pagi hari dengan lemon dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh menjadi optimal dalam membakar kalori yang lebih banyak.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat Lebih Baik untuk Kesehatan daripada Air Dingin?

3. Menghilangkan Sinus

primary face dc62d738 0038 4dfa a7c4 d41fc30335e7

Jika Moms memiliki sinus, sebaiknya selalu minum air hangat di pagi hari. Menghirup uap hangat dari air hangat yang akan Moms minum di pagi hari dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat.

4. Mengeluarkan Racun

howlady health 23

Dengan Moms minum air hangat di pagi hari, suhu tubuh akan perlahan naik dan kemudian berkeringat. Hal ini menjadi proses penting dalam pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh.

Menurut dr. Luiza Petre, assistant clinical professor of Cardiology at The Mount Sinai School of Medicine, minum air hangat secara teratur dengan menambahkan lemon dapat membantu menyeimbangkan tingkat asam dari makanan yang kita konsumsi.

5. Penyembuh Alami Rasa Sakit

wrist hand painb9ce3406149c6502a29dff00004a72eb

Minum air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah ke setiap jaringan tubuh. Hal ini memungkinkan otot untuk rileks. Menurut dr Petre, secara tidak langsung akan membantu meredakan semua jenis rasa sakit, mulai dari nyeri sendi, kram, sampai menstruasi.

Baca Juga: Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Ternyata Punya 7 Manfaat Menakjubkan untuk Tubuh

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

2054 drinking hot water 732x549 thumbnail

Dikutip dari Healthline.com, sama seperti mandi air hangat, minum air hangat di pagi hari dapat membantu peredaran darah lebih lancar ke seluruh tubuh dan sekaligus meningkatkan sirkulasinya. Hal itu sekaligus membuat tekanan darah menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

7. Meringkankan Sembelit

7 ways to reduce constipation

Terakhir, dr. Petre menjelaskan manfaat dari minum air hangat di pagi hari adalah dapat meringankan sembelit. Hal ini karena sembelit dapat terjadi karena kurangnya air di dalam tubuh sehingga tidak ada pergerakan usus. Air hangat akan meningkatkan temperatur dan merangsang peristaltik usus yang lambat.

Banyak juga ya Moms manfaatnya dengan minum air hangat di pagi hari. Yuk Moms, mulai besok pagi minum air hangat!

(IRN)

Artikel Terkait