TRIMESTER 1
17 Agustus 2019

4 Manfaat Minum Jus Wortel untuk Ibu Hamil

Asal dikonsumsi tak berlebihan, jus wortel baik untuk ibu hamil dan janin
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Wortel tergolong sayur sehingga banyak digunakan dalam hidangan gurih. Tapi, wortel juga bisa dijus untuk mempermudah konsumsinya dalam bentuk mentah.

Wortel mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A. Jus wortel untuk ibu hamil bisa mendatangkan beberapa manfaat sebagai berikut untuk Moms dan bayi dalam kandungan:

Baca Juga: Apakah Jus Buah Bisa Menggantikan Buah Segar?

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

jus wortel untuk ibu hamil

Saat hamil, daya tahan tubuh Moms menurun. Untuk memperkuat sistem imun dan membantu tubuh melawan infeksi, minumlah jus wortel. Jus wortel untuk ibu hamil berguna untuk menjaga kesehatan fisik.

Hal ini disebabkan karena wortel mengandung banyak antioksidan yang melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan inflamasi. Juga vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah flu.

2. Baik untuk Gigi dan Tulang Bayi

Jus wortel untuk ibu hamil

Wortel mengandung banyak kalsium yang sangat penting bagi pembentukan tulang dan gigi sekaligus menjaga kesehatan tulang Moms. Kandungan mangan di dalamnya juga diperlukan untuk pembentukan tulang rawan dalam janin.

Dilansir dari What To Expect, wortel kaya akan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A ini sangat penting untuk perkembangan mata, kulit, tulang, dan organ tubuh bayi. Makanya jus wortel untuk ibu hamil saat bermanfaat!

Baca Juga: Ternyata, Ini Pengaruh Makanan pada Kesehatan Mulut Ibu Hamil

3. Mencegah Cacat Lahir

Jus wortel untuk ibu hamil

Wortel mengandung vitamin B dan asam folat yang baik untuk perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Folat juga dapat mengurangi risiko cacat lahir pada saraf seperti spina bifida.

Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan agar ibu hamil mengonsumsi asam folat setiap hari saat hamil. Sebanyak 400 mcg pada 3 bulan pertama kehamilan, 600 mcg pada 4-9 bulan kandungan, dan 500 mcg saat menyusui.

4. Melindungi dari Radikal Bebas dan Infeksi

Jus wortel untuk ibu hamil

Wortel terkenal dengan vitamin A-nya. Ternyata, bersama vitamin C, vitamin A berperan sebagai antioksidan pada ibu hamil.

Kandungan gizi wortel paling banyak terdapat di kulitnya. Jadi, Moms bisa menyikat wortel sampai bersih lalu blender atau jus wortel bersama kulitnya untuk mendapatkan manfaat optimal.

Baca Juga: Patut Tahu, 3 Makanan yang Menjadi Pantangan untuk Ibu Hamil

Bahaya Meminum Jus Wortel Terlalu Banyak Pada Ibu Hamil

Jus wortel untuk ibu hamil

Apapun jika dikonsumsi terlalu banyak akan berakibat tidak baik, sekalipun itu makanan bergizi seperti wortel. Ini akibat bila Moms minum jus wortel terlalu banyak saat hamil.

  • Wortel kaya vitamin A. Asupan vitamin A yang terlalu tinggi dapat mengganggu tumbuh kembang janin.
  • Karoten menyebabkan wortel berwarna oranye. Jika Moms mengonsumsi wortel terlalu banyak, Moms bisa terkena karotenemia yang membuat kulit berwarna kuning.
  • Wortel adalah sumber betakaroten. Terlalu banyak betakaroten dalam tubuh saat hamil bisa membuat Moms berisiko terkena kanker.

Dengan berbagai manfaat jus wortel untuk ibu hamil, Moms tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya ya. Tapi minumlah jus wortel secukupnya saja, Moms, yakni kira-kira segelas per hari.

(EMA)

Artikel Terkait