KEHAMILAN
24 September 2019

Manfaat Minum Susu Ibu Hamil dari Awal Kehamilan Hingga Jelang Persalinan

Inilah manfaat susu ibu hamil bagi kesehatan ibu dan janin.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Menjaga tubuh agar tetap sehat adalah kewajiban ibu hamil. Pasalnya, Moms saat ini sedang mengandung calon buah hati. Pasti sudah tidak sabar ingin segera bertemu, kan? Oleh karena itu, perhatikan berbagai macam asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi serta aktivitas yang dilakukan.

Baca Juga: Berbagai Minuman Bernutrisi Untuk Ibu Hamil

Pastikan Moms memilih asupan makanan dan minuman yang sehat, bernutrisi, dan tentu bergizi. Ibu hamil membutuhkan asupan kalori tambahan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi demi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Susu merupakan salah satu minuman pelengkap yang bisa menjadi jawabannya. Untuk itu, Moms sangat disarankan mengonsumsi susu ibu hamil. Kalau belum yakin akan manfaat dari susu ibu hamil, cek manfaatnya di bawah ini!

Memenuhi Asupan Protein

pregnant-woman-drinking-milk_53876-18.jpg

Foto: rawpixel.com

Susu ibu hamil adalah bermanfaat memenuhi asupan gizi dan protein yang dibutuhkan oleh janin. Protein merupakan salah nutrisi yang sangat penting di setiap kehidupan manusia, apalagi untuk janin.

Si Kecil di dalam tubuh Moms sedang berkembang dan sangat bergantung pada protein untuk membangun sel-sel baru yang sehat. Karena janin tumbuh cukup cepat terutama di trimester kedua dan ketiga, kebutuhan protein paling tinggi berada di tahap terakhir kehamilan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Health, Population and Nutrition pada tahun 2013, asupan protein yang tidak tercukup selama kehamilan bisa memengaruhi pertumbuhan janin dan menghasilkan berat badan lahir yang lebih rendah.

Kaya akan Kalsium

glass-jar-full-milk_23-2148211461.jpg

Foto: Freepik.com

Selain protein, kalsium merupakan asupan penting yang harus dipenuhi selama kehamilan. Moms bisa mendapatkan asupan ini di dalam segelas susu ibu hamil. Kalsium agak digunakan tubuh untuk membantu membangun tulang, gigi, jantung, otot, dan saraf.

Baca Juga: Alergi Susu Ibu Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

Dikutip dari marchofdimes.org, selama kehamilan kebutuhan kalsium Moms melonjak hingga 1.000 miligram per hari. Satu cangkir susu ibu hamil memiliki sekitar 275 miligram, atau lebih dari 25 persen dari kebutuhan sehari Moms. Sisanya bisa Moms dapatkan dari asupan makanan lainnya.

Memiliki Kandungan Vitamin D

milk-healthy-dairy-products-table_1150-17635.jpg

Foto: Freepik.com

Vitamin D berjalan bersamaan dengan asupan kalsium, karena tanpa kalsium tubuh tidak akan bisa menyerap mineral dalam jumlah yang mencukupi. Kedua nutrisi ini berfungsi untuk menjaga tulang kuat selama kehamilan.

Baca Juga: Minum Susu Khusus Ibu Hamil Tapi Belum Hamil, Bolehkah?

Tidak hanya itu, vitamin D juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, seperti membantu menangkal infeksi dan menjaga janin di dalam kandungan aman. Vitamin D bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu sesuai kebutuhan selama kehamilan.

(MA/KM)

Artikel Terkait