GAYA HIDUP
24 Juli 2020

Ini 10 Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Minyak yang jarang dipakai ini ternyata punya banyak manfaat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Ada banyak manfaat minyak wijen untuk kesehatan, terlepas dari kegunaannya untuk memasak dan terutama banyak digunakan untuk masakan oriental.

Dalam jurnal Pharmacognosy Reviews, minyak wijen termasuk dalam keluarga Pedaliaceae, sekelompok tanaman yang dipanen untuk benih yang dapat dimakan, dengan nama ilmiah Sesamum indicum.

Minyak wijen terbuat dari biji wijen mentah yang dipres dan banyak digunakan dalam kuliner, obat, dan kosmetik.

Manfaat minyak wijen tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga dipakai untuk memasak atau untuk kecantikan kulit. Yuk, cari tahu seperti apa manfaat minyak wijen bagi kesehatan berikut ini, Moms.

Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan

Meskipun dalam penggunaannya mungkin Moms membutuhkan sedikit waktu untuk membiasakan diri, minyak wijen punya karakteristik unik dan mampu menambahkan rasa ekstra yang juga sehat.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini khasiat minyak wijen untuk kesehatan yang akan menarik perhatian Moms.

1. Sumber Lemak Sehat

manfaat minyak wijen-1

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak sumber lemak yang tersedia, baik itu lemak baik atau lemak yang jahat. Minyak wijen bermanfaat karena dapat menjadi sumber lemak yang sehat.

"Minyak wijen kaya akan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, dan rendah lemak jenuh," kata Edwina Clark, RD, kepala nutrisi dan kesehatan di Yummly.com, mengutip The Healthy.

Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat membuat jantung sehat dan menjaga kadar kolesterol. Sementara, lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan peradangan dan kolesterol, yang buruk bagi jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

manfaat minyak wijen-kesehatan gigi

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya untuk jantung, manfaat minyak wijen lainnya untuk kesehatan juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Ketika sikat gigi belum diciptakan, orang zaman dahulu menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut dan membuat napas segar.

"Mengoleskan minyak wijen ke mulut selama 10 menit adalah teknik Ayurvedic lainnya. Penggunaan minyak wijen dapat mengurangi jumlah bakteri di mulut dan membantu menjaga mulut dan gusi tetap sehat," kata Jillian Tuchman, MS, RDN, ahli diet terdaftar dari New York City.

3. Kaya Akan Antioksidan

manfaat minyak wijen untuk kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Journal of Medicinal Food, minyak wijen mengandung sesamol dan sesaminol, dua antioksidan yang mungkin memiliki efek kuat pada kesehatan tubuh. Hal ini yang menjadi manfaat minyak wijen untuk kesehatan.

Antioksidan dapat membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dalam sel tubuh dapat menyebabkan peradangan dan penyakit.

Baca Juga: 6 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

4. Membantu Mengobati Luka

manfaat minyak wijen-sembuhkan luka

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak wijen tidak hanya didapat dengan mengonsumsinya, tetapi minyak wijen juga dapat digunakan secara topikal untuk mengobati luka dan luka bakar.

Studi oleh Journal of Skin and Stem Cell menunjukkan bahwa pengobatan topikal dengan minyak wijen mengurangi waktu penyembuhan luka bakar pada tikus, meskipun penelitian pada manusia masih kurang.

Manfaat minyak wijen untuk mempercepat penyembuhan luka dan luka bakar mungkin dapat dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi pada minyak wijen.

5. Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

manfaat minyak wijen-melindungi dari sinar matahari

Foto: Orami Photo Stock

Studi oleh Pharmacognosy Reviews menunjukkan bahwa salah satu manfaat minyak wijen yaitu melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Efek ini dipengaruhi karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Minyak wijen memiliki kemampuan untuk menahan 30 persen dari sinar UV, sementara jenis minyak lainnya, seperti minyak kelapa, kacang, dan minyak zaitun, hanya dapat menahan 20 persen sinar UV.

Baca Juga: Efektifkah Mengobati Luka dengan Air Liur? Ini Kata Ahli!

6. Optimalkan Kesehatan Tulang dan Kulit

manfaat minyak wijen untuk kesehatan-2

Foto: Orami Photo Stock

Minyak wijen tidak memiliki profil nutrisi yang sama dengan biji wijen karena minyak dibuat dari bagian tanaman yang terisolasi. Tapi ada salah satu mineral yang kaya dari minyak ini, yaitu seng.

Zat seng ini memang dibutuhkan ketika seseorang mengalami pilek atau flu karena dapat memperpendek atau mengurangi keparahan gejalanya.

Tetapi, zat seng juga digunakan dalam tubuh untuk memproduksi kolagen dan membuat kulit menjadi lebih elastis lho, Moms. Selain itu, seng juga bisa membantu kepadatan tulang.

7. Jadikan Rambut Lebih Berkilau

manfaat minyak wijen untuk kesehatan-3

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin Moms sudah mencoba berbagai macam produk untuk membuat rambut lebih lebat dan berkilau. Tetapi, Moms bisa leoh mencoba menggunakan minyak wijen ke helai rambut.

Ini karena minyak wijen mengandung vitamin B dan E, magnesium, kalsium, dan fosfor, yang merupakan nutrisi penting yang menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Untuk merasakan manfaat minyak wijen untuk kesehatan ini, coba ambil minyak wijen secukupnya lalu pijat-pijat ke akar dan kulit kepala.

"Pijat beberapa tetes minyak wijen ke dalam akar dan kulit kepala dan biarkan meresap selama sekitar 30 menit. Bilas dengan air hangat dan sampo keesokan paginya atau sampo setelah 30 menit awal jika Anda suka," saran Clark.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

8. Membantu Kondisi Arthritis

manfaat minyak wijen untuk kesehatan-4

Foto: Orami Photo Stock

Minyak wijen mungkin tidak mengandung nutrisi sebanyak biji wijen karena beberapa kandungan nutrisi yang hilang selama proses ekstraksi. Tetapi, masih ada manfaat minyak wijen untuk kesehatan, lho.

Minyak wijen memiliki kandungan seng dan tembaga, yang membantu produksi sel darah merah, sirkulasi darah, dan metabolisme.

Tembaga dikenal karena sifat anti-inflamasinya, dan membantu mengurangi nyeri radang sendi, pembengkakan sendi dan memperkuat tulang. Beberapa penelitian dengan subjek hewan pengerat telah mengaitkan minyak wijen dengan perbaikan pada arthritis.

Meskipun penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa minyak wijen dapat menawarkan bantuan arthritis, penelitian pada manusia diperlukan.

9. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat minyak wijen untuk kesehatan-5

Foto: Orami Photo Stock

Bukan tanpa alasan bahwa pada zaman kuno minyak wijen digunakan secara umum dalam memasak.

Menurut sebuah penelitian oleh peneliti India dari Annamalai University dan diterbitkan dalam Yale Journal of Biology and Medicine, manfaat minyak wijen bagi kesehatan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

"Minyak wijen sebagai minyak nabati menurunkan tekanan darah, mengurangi peroksidasi lipid, dan meningkatkan status antioksidan pada pasien hipertensi," tulis studi tersebut.

Baca Juga: 5 Gejala Tekanan Darah Tinggi pada Anak

10. Mengontrol Gula Darah

manfaat minyak wijen untuk kesehatan-6

Foto: Orami Photo Stock

Minyak wijen dapat mendukung regulasi gula darah yang sehat, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Ini menjadi manfaat kesehatan lain dari minyak wijen.

Studi dalam National Library of Medicine, menunjukkan bahwa memberikan minyak wijen pada tikus dengan diabetes selama 42 hari, dan menghasilkan penurunan gula darah, dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makan minyak wijen.

Minyak wijen bahkan dapat berperan dalam regulasi gula darah jangka panjang. Tentunya hal ini menjadi manfaat yang tidak kalah penting.

Itu dia Moms, 10 manfaat minyak wijen untuk kesehatan. Meskipun ada banyak manfaatnya, tetap jaga porsi konsumsinya agar tidak berlebihan, ya.

Artikel Terkait