GAYA HIDUP
3 Desember 2019

5 Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Minyak yang jarang dipakai ini ternyata punya banyak manfaat!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Ada banyak manfaat minyak wijen untuk kesehatan, terlepas dari kegunaannya untuk memasak dan terutama banyak digunakan untuk makanan Oriental. Manfaat minyak wijen tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga dipakai untuk memasak atau untuk kecantikan kulit.

Cari tahu lebih lanjut berikut ini khasiat besarnya untuk kesehatan, ya, Moms.

1. Sumber Lemak Sehat

manfaat minyak wijen-1

Ada banyak sumber lemak yang tersedia, baik itu lemak baik atau lemak yang jahat. Minyak wijen bermanfaat karena dapat menjadi sumber lemak yang sehat.

"Minyak wijen kaya akan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, dan rendah lemak jenuh," kata Edwina Clark, RD, kepala nutrisi dan kesehatan di Yummly.com, mengutip The Healthy.

Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat membuat jantung sehat dan menjaga kadar kolesterol. Sementara, lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan peradangan dan kolesterol, yang buruk bagi jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

manfaat minyak wijen-kesehatan gigi

Tak hanya untuk jantung, manfaat minyak wijen lainnya juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Ketika sikat gigi belum diciptakan, orang zaman dahulu menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut dan membuat napas segar.

"Mengoleskan minyak wijen ke mulut selama 10 menit adalah teknik Ayurvedic lainnya. Penggunaan minyak wijen dapat mengurangi jumlah bakteri di mulut dan membantu menjaga mulut dan gusi tetap sehat," kata Jillian Tuchman, MS, RDN, ahli diet terdaftar dari New York City.

3. Kaya Akan Antioksidan

manfaat minyak wijen-kaya antioksidan

Menurut Journal of Medicinal Food, minyak wijen mengandung sesamol dan sesaminol, dua antioksidan yang mungkin memiliki efek kuat pada kesehatan tubuh. Hal ini yang menjadi manfaat minyak wijen untuk kesehatan.

Antioksidan dapat membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dalam sel tubuh dapat menyebabkan peradangan dan penyakit.

Baca Juga: 6 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

4. Membantu Mengobati Luka

manfaat minyak wijen-sembuhkan luka

Manfaat minyak wijen tidak hanya didapat dengan mengonsumsinya, tetapi minyak wijen juga dapat digunakan secara topikal untuk mengobati luka dan luka bakar.

Studi oleh Journal of Skin and Stem Cell menunjukkan bahwa pengobatan topikal dengan minyak wijen mengurangi waktu penyembuhan luka bakar pada tikus, meskipun penelitian pada manusia masih kurang.

Manfaat minyak wijen untuk mempercepat penyembuhan luka dan luka bakar mungkin dapat dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi pada minyak wijen.

Baca Juga: Efektifkah Mengobati Luka dengan Air Liur? Ini Kata Ahli!

5. Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

manfaat minyak wijen-melindungi dari sinar matahari

Studi oleh Pharmacognosy Reviews menunjukkan bahwa salah satu manfaat minyak wijen yaitu melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Efek ini dipengaruhi karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Minyak wijen memiliki kemampuan untuk menahan 30 persen dari sinar UV, sementara jenis minyak lainnya, seperti minyak kelapa, kacang, dan minyak zaitun, hanya dapat menahan 20 persen sinar UV.

Nah, itu dia Moms beberapa manfaat minyak wijen untuk kesehatan tubuh. Moms bisa menggunakan minyak wijen pada masakan, atau dengan cara topikal untuk merasakan manfaatnya.

(AP/DIN)

Artikel Terkait