TRIMESTER 1
12 Agustus 2019

6 Manfaat Ajaib Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Minyak zaitun punya segudang khasiat bagi ibu dan janin, apa saja ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tahukah Moms bahwa ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa didapatkan selama masa kehamilan? Minyak yang katanya baik digunakan untuk diet ini ternyata punya segudang manfaat bagi Moms yang sedang hamil, lho. Apa saja ya manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil?

1. Memperkuat Sistem Imun

ibu hamil pakai vape-1.jpg

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat ini bisa Moms dapatkan karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi.

Sebanyak 73% minyak zaitun terdiri dari lemak tak jenuh. Pada berbagai riset, salah satunya riset yang diterbitkan dalam Europ Journal Clinical Nutrition, lemak tak jenuh mampu meningkatkan kerja sistem imun.

Cara kerjanya dengan merangsang produksi antibodi. Maka itu, sistem imun Moms pun akan semakin kuat dan tak mudah sakit saat hamil.

Ditambah lagi, minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri alami yang dapat menjaga tubuh Moms dari serangan berbagai bakteri, khususnya bakteri jahat dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

2. Membantu Meningkatkan Perkembangan Janin

Inilah yang Terjadi pada Janin jika Moms Kurang Gizi 3.jpg

Tak hanya bisa membantu melawan kuman penyakit, kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun ini baik bagi perkembangan janin.

Jenis lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun adalah asam lemak omega-3. Asam lemak ini mampu meningkatkan pembentukan jaringan saraf ketika janin berada di trimester ketiga.

Oleh karena itu, menurut penelitian dalam jurnal Prostaglandins Leukot. Essent. Fatty Acids, manfaat minyak zaitun akan bekerja maksimal pada trimester akhir karena saat itu sistem saraf janin sedang berkembang pesat.

3. Mencegah Komplikasi Kehamilan

top image darah tinggi sebabkan komplikasi kehamilan

Kandungan vitamin E dan vitamin K menambah deretan manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil.

Vitamin E dan K diketahui sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah proses kimiawi yang bisa menyebabkan Moms terserang berbagai penyakit, dari yang ringan hingga serius.

Konsumsi cukup vitamin E saat hamil juga dapat mencegah bayi lahir cacat dan persalinan prematur.

Baca Juga: 6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

4. Mengatasi Stretch Marks

Kenali Cara untuk Mencegah Stretch Mark saat Hamil-2.jpg

Hampir semua Moms alami stretch marks selama kehamilan. Guratan di kulit ini memang membuat banyak Moms jadi tak percaya diri.

Nah, manfaat minyak zaitun pada ibu hamilnya adalah menyamarkan stretch marks tersebut.

Kandungan antioksidan yang tinggi mampu membuat kulit Moms jadi lebih sehat dan bantu meregenerasi kulit.

Tak sulit menggunakannya, Moms hanya tinggal mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang bermasalah.

Gunakan dengan rutin supaya bisa terlihat hasilnya, ya, Moms.

5. Mengobati Jerawat

Wajah Berjerawat

Masalah kulit lain yang kerap kali dihadapi oleh Moms adalah muncul jerawat di mana-mana, termasuk bagian wajah.

Ini biasanya terjadi akibat perubahan hormon selama kehamilan. Akan tetapi, Moms bisa menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu perawatan wajah alami.

Minyak zaitun dapat menjadi pembersih wajah yang baik karena mampu membersihkan kotoran hingga ke pori-pori. Tentu, membersihkan wajah sampai tuntas bisa mencegah munculnya jerawat yang tak diinginkan.

Ternyata, manfaat minyak zaitun tak berhenti sampai di situ. Minyak zaitun juga mampu membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat dan melembapkan wajah Moms.

Jadi, jangan lupa masukkan minyak zaitun ke dalam tahapan skincare Moms, ya.

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

6. Mengurangi Rasa Sakit Selama Kehamilan

ibu hamil sakit pinggang

Rasa pegal dan nyeri juga sering mengintai Moms saat hamil. Dari bagian punggung, kaki, hingga leher.

Untuk mengurangi rasa pegal tersebut, Moms juga bisa mengandalkan minyak zaitun. Pasalnya, minyak ini punya sifat antiradang yang dapat bantu meredakan rasa nyeri di bagian tubuh.

Ternyata banyak sekali ya manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil? Mari gunakan minyak zaitun untuk mengatasi berbagai masalah saat kehamilan!

(IA/ERW)

Artikel Terkait