KEHAMILAN
14 September 2020

12 Manfaat Ajaib Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Minyak zaitun punya segudang khasiat bagi ibu dan janin, apa saja ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Tahukah Moms bahwa ada banyak manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yang bisa didapatkan? Minyak yang katanya baik digunakan untuk diet ini ternyata punya segudang manfaat bagi Moms yang sedang hamil, lho.

Dalam U.S. Department of Agriculture Nutrient Data Laboratory, disebutkan bahwa satu sendok makan minyak zaitun mengandung nutrisi seperti kalsium, lemak, vitamin K, juga vitamin E.

Lalu, seperti apa manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil? Cari tahu jawabannya berikut ini, Moms!

Baca Juga: Banyak Kegunaannya! Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bayi

Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil Muda

Biasa digunakan dalam diet Medditeranian, tetapi tidak ada salahnya Moms mengonsumsi minyak zaitun dengan jumlah yang tepat. Lalu, apa saja ya manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil?

1. Memperkuat Sistem Imun

ibu hamil pakai vape-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat ini bisa Moms dapatkan karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi.

Sebanyak 73% minyak zaitun terdiri dari lemak tak jenuh. Pada berbagai riset, salah satunya riset yang diterbitkan dalam European Journal Clinical Nutrition, lemak tak jenuh mampu meningkatkan kerja sistem imun.

Cara kerjanya dengan merangsang produksi antibodi. Maka itu, sistem imun Moms pun akan semakin kuat dan tak mudah sakit saat hamil.

Ditambah lagi, manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil juga memiliki sifat antibakteri alami yang dapat menjaga tubuh Moms dari serangan berbagai bakteri, khususnya bakteri jahat dalam sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam minyak zaitun melindungi sistem kekebalan sekaligus menjaga Moms tetap aman dari infeksi.

Vitamin A juga dikaitkan dengan mata yang sehat dan membantu membentuk penglihatan yang lebih baik pada bayi yang sedang tumbuh.

2. Membantu Meningkatkan Perkembangan Janin

Inilah yang Terjadi pada Janin jika Moms Kurang Gizi 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya bisa membantu melawan kuman penyakit, kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun ini baik bagi perkembangan janin. Ini menjadi manfaat lain minyak zaitun untuk ibu hamil.

Jenis lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun adalah asam lemak omega-3. Asam lemak ini mampu meningkatkan pembentukan jaringan saraf ketika janin berada di trimester ketiga.

Oleh karena itu, menurut penelitian dalam jurnal Prostaglandins Leukot. Essent. Fatty Acids, manfaat minyak zaitun akan bekerja maksimal pada trimester akhir karena saat itu sistem saraf janin sedang berkembang pesat.

Selain itu, manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yaitu memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu pertumbuhan bayi, dan mempersiapkannya untuk dilahirkan.

Baca Juga: 5 Pengobatan Rumahan Jerawat pada Ibu Hamil, Mudah

3. Mengobati Jerawat

Wajah Berjerawat

Foto: Orami Photo Stock

Masalah kulit lain yang kerap kali dihadapi oleh Moms adalah muncul jerawat di mana-mana, termasuk bagian wajah. Ini biasanya terjadi akibat perubahan hormon selama kehamilan.

Akan tetapi, Moms bisa menggunakan minyak zaitun untuk ibu hamil sebagai salah satu perawatan wajah alami.

Minyak zaitun dapat menjadi pembersih wajah yang baik karena mampu membersihkan kotoran hingga ke pori-pori. Tentu, membersihkan wajah sampai tuntas bisa mencegah munculnya jerawat yang tak diinginkan.

Ternyata, manfaat minyak zaitun tak berhenti sampai di situ. Minyak zaitun juga mampu membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat dan melembapkan wajah Moms.

Jadi, jangan lupa masukkan minyak zaitun ke dalam tahapan skincare Moms, ya.

4. Dapat Melembapkan Kulit di Masa Kehamilan

minyak zaitun untuk ibu hamil-melembapkan wajah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah melembapkan kulit. Manfaat ini tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi minyak zaitun bermanfaat bagi kecantikan.

"Minyak zaitun sangat bagus untuk kulit karena kandungan polifenol, vitamin E, dan pitosterolnya yang tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-peradangan," kata Jessa Blades, pakar kecantikan alami dan penata rias.

"Minyak zaitun membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan kelembapan kulit. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai pelembab seluruh tubuh," jelasnya lagi.

5. Mengurangi Rasa Sakit Selama Kehamilan

ibu hamil sakit pinggang

Rasa pegal dan nyeri juga sering mengintai Moms saat hamil. Dari bagian punggung, kaki, hingga leher. Untuk mengurangi rasa pegal tersebut, Moms juga bisa mengandalkan minyak zaitun untuk ibu hamil.

Pasalnya, minyak ini punya sifat antiradang yang dapat bantu meredakan rasa nyeri di bagian tubuh.

6. Membantu Menjaga Berat Badan

minyak zaitun untuk ibu hamil-menjaga berat badan saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil juga termasuk untuk mempertahankan berat badan sehat. Apalagi, masa kehamilan cenderung membuat Moms memiliki kenaikan berat badan yang berlebihan.

Tetapi, pentin diingat bahwa konsumsi minyak zaitun bisa dilakukan dalam jumlah yang tepat, dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

"Lemak minyak zaitun tidak membuat Anda gemuk, dan juga penting dalam menjaga berat badan yang sehat, dan bahkan merupakan bagian penting dari metode penurunan berat badan," kata Dr. Frank Lipman, pendiri Pusat Kesehatan Be Well and the Eleven Eleven, New York.

"Lemak sehat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang mencegah makan berlebihan yang sering dirasakan pada orang yang melakukan diet rendah lemak," tambahnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil Tua

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu yang hamil muda, tetapi minyak zaitun untuk ibu hamil juga bermanfaat bagi yang telah memasuki trimester akhir. Yuk, cari tahu apa saja manfaat dari minyak zaitun bagi kehamilan berikut ini.

7. Mengatasi Stretch Mark

Kenali Cara untuk Mencegah Stretch Mark saat Hamil-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Hampir semua Moms alami stretch marks selama kehamilan, terutama pada trimester akhir di mana perut Moms sudah merenggang. Guratan di kulit ini memang membuat banyak Moms jadi tak percaya diri.

Nah, manfaat minyak zaitun pada ibu hamil dapat menyamarkan stretch mark tersebut. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu membuat kulit Moms jadi lebih sehat dan bantu meregenerasi kulit.

Tak sulit menggunakannya, Moms hanya tinggal mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang bermasalah. Gunakan dengan rutin supaya bisa terlihat hasilnya, ya, Moms.

8. Mencegah Komplikasi Kehamilan

top image darah tinggi sebabkan komplikasi kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan vitamin E dan vitamin K menambah deretan manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil. Vitamin E dan K diketahui sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah proses kimiawi yang bisa menyebabkan Moms terserang berbagai penyakit, dari yang ringan hingga serius. Konsumsi cukup vitamin E saat hamil juga dapat mencegah bayi lahir cacat dan persalinan prematur.

9. Meningkatkan Refleks pada Bayi

minyak zaitun untuk ibu hamil-refleks bayi

Foto: Orami Photo Stock

Menurut penelitian terbaru, bayi yang lahir dari ibu yang mengonsumsi minyak zaitun untuk ibu hamil memiliki keunggulan perkembangan, dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang tidak mengonsumsi minyak zaitun.

Refleks psiko-motorik bayi-bayi di mana sang ibunya pernah mengonsumsi minyak zaitun ini terbukti lebih baik.

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

10. Perkembangan Janin yang Sehat

minyak zaitun untuk ibu hamil-perkembangan janin

Foto: Orami Photo Stock

Minyak zaitun untuk ibu hamil memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi yang dianggap baik untuk jantung. Saat dikonsumsi oleh ibu hamil, minyaknya bisa memiliki peran positif dalam perkembangan janin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun meningkatkan fungsi otak serta keterampilan belajar anak-anak pasca melahirkan.

Ada juga hubungan antara konsumsi minyak zaitun oleh ibu dan pengaruhnya terhadap berat badan, tinggi badan, dan perkembangan kognitif anak.

11. Membantu Menyembuhkan Kulit Setelah Operasi

minyak zaitun untuk ibu hamil-sembuhkan luka caesar

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yaitu dapat membantu menyembuhkan kulit setelah operasi caesar.

Ini karena minyak zaitun dikemas dengan vitamin K dan E dan dapat membantu mengatasi jaringan parut pasca operasi jika Moms melahirkan bayi melalui operasi caesar.

Selain itu, mengutip Mustela USA, vitamin K sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah tubuh, yang membantu tubuh menyembuhkan luka, memar, dan area yang terkena operasi.

Vitamin E adalah antioksidan kuat dan, jika dioleskan secara topikal, dapat membantu menutrisi dan melindungi kulit dari kerusakan.

12. Punya Sifat Antibakteri

minyak zaitun untuk ibu hamil-punya sifat antibakteri

Foto: Orami Photo Stock

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya, salah satunya Helicobacter pylori, bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan bisul perut dan kanker perut.

Dalam jurnal National Library of Medicine, studi tabung menunjukkan bahwa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bekerja dengan melawan delapan jenis bakteri ini, tiga di antaranya resisten terhadap antibiotik.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan keluarga. Ternyata banyak sekali ya Moms manfaatnya.

Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Ketahui Porsi yang Tepat!

Tips Mengonsumsi Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

tips menggunakan minyak zaitun untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Buah zaitun tumbuh di pohon zaitun, yang banyak ditemukan di kawasan Mediterania di Eropa dan Afrika.

Zaitun kaya akan kekuatan dengan berbagai manfaat kesehatan. Selain kaya serat makanan, buah zaitun juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan zat besi.

Minyak zaitun diekstraksi menggunakan proses yang disebut maserasi dari buah zaitun. Minyak zaitun sangat lembut di perut sehingga sangat aman dikonsumsi selama kehamilan.

Dalam menggunakan minyak zaitun untuk ibu hamil, Moms bisa mengonsumsi langsung, atau dengan diaplikasikan sebagai perawatan wajah atau rambut.

Jika minyak zaitun diaplikasikan ke kulit, ini membantu mencegah stretch mark dan mengontrol rambut rontok yang dihadapi banyak ibu selama kehamilan.

Moms cukup mengambil 1 sendok makan minyak zaitun, dan pijat dengan lembut di perut dua kali sehari. Sementara untuk rambut, bisa dioleskan tiga kali seminggu 2 jam sebelum cuci kepala.

Bila Moms hendak mengonsumsi minyak zaitun untuk ibu hamil, bisa digunakan untuk menumis atau dituangkan di salad sebagai saus.

Saat minyak zaitun dikonsumsi di masa kehamilan, tidak hanya mencegah penyakit kardiovaskular pada ibu hamil, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk janin seperti, membantu perkembangan otak dan mata bayi.

Itu dia Moms, manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil muda dan tua. Jika Moms ingin mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk dosis yang disarankan, ya.

Artikel Terkait