KESEHATAN
3 September 2019

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Minyak zaitun kaya akan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk kulit
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, minyak zaitun punya banyak sekali manfaat positif, mulai dari memasak sampai kesehatan tubuh.

Minyak zaitun mengandung paling sedikit lemak jenuh, sehingga tidak heran minyak ini banyak digunakan penderita kolesterol sebagai pengganti minyak sayur. Tak hanya itu, ternyata minyak zaitun pun bisa dijadikan salah satu bahan alami untuk kesehatan kulit, lho.

"Meskipun saya bukan pendukung utama pengobatan alami yang mendorong orang untuk menggunakan bahan makanan di kulit mereka - karena seringkali berakhir dengan reaksi alergi - tetapi minyak zaitun adalah satu pengecualian," kata dr. Tony Nakhla, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri dari Eight Day Skincare. "Minyak zaitun dapat digunakan di mana saja di tubuh sebagai pelembut kulit dan pelembab kulit," ujarnya.

Lantas, sebenarnya apa saja sih manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit?

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

1. Pembersih Makeup

warm compress - makeupalley.jpg

Apabila Moms sedang kehabisan makeup remover atau sedang mencari remover alami tanpa bahan-bahan kimiawi, manfaat minyak zaitun yang satu ini adalah jawabannya.

Kandungan minyak alami di dalamnya bisa menghapus makeup dengan sempurna, juga melembutkan kulit. Selain itu, minyak zaitun pun bisa digunakan untuk tipe kulit apapun.

Oles beberapa tetes minyak zaitun ke wajah, kemudian hapus makeup menggunakan kapas. Jangan lupa bersihkan sisa-sisa makeup Moms dengan cleanser, ya.

2. Menghaluskan Kulit yang Kering

Berbahaya Bagi Kulit Hindari Bahan Ini Dalam Produk Skincare Anda -1.jpg

Punya tangan atau bagian tubuh lain yang super kering dan pecah-pecah? Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah menghaluskan kulit yang kering.

Dr. Nakhla menyarankan, oleskan sekitar satu sendok teh minyak zaitun ke tangan Moms atau bagian yang kering, lalu tutupi tangan Moms dengan plastic wrap/sarung tangan semalaman atau selama beberapa jam.

“Proses ini disebut terapi oklusi dan memaksa minyak masuk ke kulit. Minyak zaitun mengandung polifenol dan antioksidan yang membantu memulihkan dan memperbarui sel-sel kulit,” jelas dr. Nakhla.

Setelah selesai, lepaskan sarung tangan/plastic wrap dan keringkan dengan lembut menggunakan paper towel untuk menghilangkan minyak. Bagian yang kering tadi dijamin akan terasa jauh lebih halus.

3. Menghilangkan Iritasi Kulit

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit iritasi kulit.jpg

Jika Moms mengalami kulit kering, gatal, atau iritasi, coba gunakan minyak zaitun untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut.

“Banyak orang menemukan bahwa minyak zaitun menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang, berkat senyawa yang disebut oleocanthal," ucap dr. Julie Russak, MD, dokter kulit di New York City.

Tambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam air hangat kemudian aplikasikan ke kulit yang iritasi atau alergi.

Baca Juga: 6 Manfaat Ajaib Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

4. Anti-Aging

7 Tips Anti Aging untuk Menjaga Tampilan Rambut -6.jpg

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah anti-aging. Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kerutan, atau flek hitam.

Teteskan 2-3 minyak zaitun di wajah kemudian pijat lembut. Moms juga bisa menambahkan sedikit perasan lemon agar wajah terasa lebih segar. Lakukan rutinitias ini 2-3 kali seminggu.

5. Membuat Kulit Lebih Sehat

Kulit Cerah dan Bersinar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E, yang juga berfungsi untuk menyehatkan kulit, seperti mencerahkan, menjauhkan kulit dari peradangan, jerawat, atau iritasi.

Kandungan antioksidannya juga bisa melindungi kulit dari penyakit serius seperti psoriasis atau kanker kulit.

Untuk hasil optimal, coba campur 2 sdt minyak zaitun dengan dengan ⅓ cangkir yoghurt dan ¼ gelas madu.

Aplikasikan di wajah selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan rutinitas ini seminggu sekali.

6. Eksfoliasi Kulit

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit body scrub.jpg

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah untuk eksfoliasi kulit, Moms. Kandungan di dalam minyak zaitun sangat baik untuk mengelupas dan mempersiapkan sel-sel kulit baru agar kulit Moms siap menghadapi berbagai cuaca.

Campur 2 sdm gula merah organik, 2 sdm kopi bubuk, 1 sdt madu, dan 3 sdm minyak zaitun.

Kemudian balur campuran ini sambil memijat lembut ke seluruh tubuh. Hasilnya, kulit akan terasa sangat lembut dan kenyal.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Payudara

Moms, itulah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit. Apabila Moms mau hasil yang lebih optimal, jaga juga pola hidup sehat dan olahraga teratur agar kulit bisa terawat dari dalam.

(SR/ERW)

Artikel Terkait