KESEHATAN
21 Juli 2020

3 Manfaat Muaythai, Bisa Bikin Tubuh Kuat!

Coba olahraga muaythai untuk dapat menguatkan tubuh, yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Muaythai atau Muay Thai adalah bentuk seni bela diri yang merupakan olahraga nasional dari Thailand, serta sudah dipraktikkan di negara tersebut selama ratusan tahun.

Namun, kini muaythai menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak diminati dan dijadikan untuk melatih kekuatan tubuh.

Disebut juga Thai Boxing, muaythai menggabungkan kickboxing yang intens dan melibatkan penggunaan tangan, siku, kaki, dan lutut. Sama halnya dengan tinju, latihan ini membutuhkan konsentrasi yang kuat.

Jadi, sangat jelas kalau muaythai bisa menjadi sangat menantang bagi beberapa orang. Lantas, apakah olahraga ini layak untuk dicoba? Ini ulasannya.

Manfaat Muaythai untuk Kesehatan

Ya, muaythai adalah jenis olahraga yang bisa dicoba karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, sebaiknya Moms tetap melakukannya dengan teknik yang baik dan ditemani oleh pelatih jika dibutuhkan.

Beberapa manfaat muaythai untuk kesehatan, yaitu:

1. Perpaduan Kardio dan Melatih Kekuatan Tubuh

Manfaat Muaythai-1.jpg

Foto: freepik.com

Reputasi muaythai sebagai olahraga yang menantang memang sudah dikenal sejak lama.

Namun, hal ini juga sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan apabila melakukan muaythai dengan rutin.

“Muaythai menggunakan hampir setiap otot di dalam tubuh. Olahraga ini merupakan perpaduan sempurna dari latihan kardio, melatih kekuatan, dan daya tahan tubuh. Jadi, jelas olahraga ini mampu membakar lemak di dalam tubuh dengan baik,” ungkap Brandon Levi, pemilik dan pelatih olahraga di Evolution Muay Thai, New York.

Dilansir dari Frontiers in Cardiovascular Medicine, seseorang yang rutin melakukan olahraga kardio akan mendapatkan manfaat berikut:

  • Menurunkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskular
  • Memiliki tekanan darah yang stabil
  • Sensitivitas insulin lebih tinggi
  • Profil lipoprotein plasma yang lebih baik
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

2. Belajar Bela Diri

Manfaat Muaythai-2.jpg

Foto: freepik.com

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan saat melakukan muaythai adalah secara tidak langsung Moms juga belajar bela diri dengan cepat. Faktanya, banyak wanita yang mengikuti muaythai karena ini bela diri.

“Teknik-teknik yang dipelajari sederhana, efektif, dan mudah dipelajari. Selama enam bulan setelah seseorang mulai belajar muaythai, mereka dapat mempertahankan diri dengan cukup baik di sebagian besar situasi,” kata Levi menambahkan.

Menurut studi yang dijelaskan dalam jurnal Violence Against Women, wanita yang bisa melakukan bela diri dengan baik akan lebih siap untuk menghadapi orang asing yang berpotensi menyerang, memiliki perasaan lebih positif tentang tubuh mereka, lebih percaya diri, dan memiliki strategi keselamatan yang lebih baik.

3. Mampu Mengatasi Stres

Manfaat Muaythai-3.jpg

Foto: freepik.com

Olahraga muaythai sangat efektif untuk mengatasi stres yang terpendam.

Hal ini berkaitan dengan begitu menantangnya olahraga ini dan banyak waktu yang dihabiskan untuk menendang serta meninju.

Akhirnya, tubuh akan semakin rileks setelahnya karena banyak energi yang dikuras habis-habisan.

Melakukan muaythai juga tidak membosankan karena Moms akan terus belajar gerakan baru sehingga mampu meningkatkan keterampilan dengan lebih baik lagi.

Menurut Harvard Health Publishing, setiap jenis olahraga memang mampu meredakan tingkat stres dan meningkatkan kesehatan mental. Namun, tetap perhatikan kondisi tubuh agar tidak memaksakan diri.

Olahraga berat selama 15 sampai 20 menit, olahraga sedang selama 30 sampai 40 menit, serta tetap terapkan istirahat di sela-sela waktu latihan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga muaythai.

Muaythai tidak hanya mampu meningkatkan kebugaran fisik, tapi juga dapat meningkatkan kemampuan teknis. Tertarik untuk mencobanya?

Artikel Terkait