KESEHATAN
6 September 2020

Kenali 3 Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Kesehatan

Kini banyak jenis olahraga yang bisa Moms pilih, salah satunya adalah pound fit.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms pasti sudah paham bahwa olahraga mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, seringnya rasa malas datang dan membuat Moms enggan untuk menggerakkan badan.

Sebenarnya, kini sudah banyak jenis olahraga yang bisa dipilih sesuai dengan minat agar menjalankannya pun lebih menyenangkan.

Menurut American Heart Association, orang dewasa setidaknya melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau aktivitas aerobik kuat selama 75 menit per minggu, atau kombinasi keduanya.

Jika olahraga dilakukan dengan rutin, maka dampaknya pun semakin baik lagi.

Nah, salah satu jenis olahraga yang kini bisa jadi pilihan Moms adalah pound fit. Apa saja manfaat pound fit untuk kesehatan? Ini penjelasannya.

Kenali Tentang Olahraga Pound Fit

Kenali Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Kesehatan-1.jpg

Foto: poundfit.com

Sebelum mengenal manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan, sebaiknya Moms mengenali konsep dari pound fit itu sendiri.

Laman POUND: Rockout. Workout mengungkapkan, pound fit dibentuk oleh dua wanita bernama Kirsten Potenza dan Cristina Pereenboom yang merupakan pemain drum rekreasi dan mantan atlet perguruan tinggi pada tahun 2011 lalu.

Bermula dari keinginan mereka untuk menciptakan latihan berbasis stabilitas seperti pilates tanpa merasa bosan, maka terbentuklah pound fit.

Maka dari itu, ketika Moms olahraga pound fit maka akan memakai ripstix, stik drum ringan yang dirancang khusus untuk berolahraga.

Gerakan dari pound fit seperti bermain drum tanpa bangku atau berjongkok seolah sedang berada di atas drum kit.

Pound fit adalah olahraga yang menyenangkan karena diiringi dengan musik yang menghentak dan membuat Moms tambah semangat.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Kardio untuk Tubuh Sehat dan Langsing

Pound fit menggabungkan latihan kardio dan latihan kekuatan dengan gerakan yang diadaptasi dari yoga dan pilates.

Pound fit menjadi cara yang efektif untuk berolahraga tanpa perlu merasa bosan sekaligus bisa dilakukan bersama dengan teman-teman.

Manfaat Olahraga Pound Fit

Jika Moms tertarik dengan olahraga pound fit, maka sudah saatnya mulai mengikuti kelas per sesi untuk mencobanya. Diketahui ada banyak manfaat dari berolahraga pound fit, yaitu:

1. Membakar Kalori

Kenali Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Kesehatan-2.jpg

Foto: preen.ph

Gerakan dari olahraga pound fit dapat membakar antara 500 dan 900 kalori per sesi selama 45 menit, jika Moms melakukan setiap gerakan dengan tepat.

Hal ini pun menggambarkan bahwa olahraga ini dapat membantu menurunkan berat badan Moms.

Pound fit juga merupakan olahraga yang bisa dilakukan untuk segala usia dan mudah dimodifikasi.

Artinya, setiap gerakan dapat disesuaikan dengan kemampuan Moms sendiri. Semakin intens, semakin menyenangkan, dan akan semakin banyak kalori yang terbakar.

Baca Juga: Zumba untuk Menurunkan Berat Badan, Seberapa Efektif?

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kenali Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Kesehatan-3.jpg

Foto: timeout.com

Gerakan utama dari pound fit adalah seperti sedang bermain drum.

Ternyata bukan hanya memompa jantung, namun pound fit juga dapat merangsang otak.

“Memukul dengan irama tertentu, terutama dalam sinkron dengan orang lain, menghubungkan banyak area otak. Pada akhirnya, hal ini bisa berdampak baik untuk kesehatan otak,” ungkap Dr. David Burke, profesor kedokteran rehabilitasi dari Universitas Emory.

Selain itu, New York Academy of Science menemukan bahwa latihan menggunakan musik dapat meningkatkan memori verbal dan visual pada orang tua. Jadi, Moms juga bisa melakukan olahraga ini bersama anggota keluarga.

3. Meningkatkan Mood

Kenali Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Kesehatan-4.jpg

Foto: healthfitnessrevolution.com

Pound fit adalah salah satu olahraga aerobik yang tidak hanya menurunkan berat badan, tapi juga mampu meningkatkan mood.

Hal ini berpengaruh pada menurunkan risiko depresi dan mengurangi kemungkinan Moms terkena diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 5 Jenis Pose Yoga Ini Bisa Bantu Atasi Sembelit

Itulah manfaat olahraga pound fit untuk kesehatan. Segala bentuk olahraga sangat bagus untuk menjernihkan pikiran dan meningkatkan fungsi tubuh Moms.

Artikel Terkait