TRIMESTER 1
27 Mei 2020

3 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Ibu Hamil

Nutrisi seimbang harus Moms dapatkan saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Pola makan saat hamil memegang kesuksesan dalam perkembangan dan menjaga kesehatan janin.

Untuk itu, nutrisi dan gizi diperlukan Moms selama masa kehamilan, salah satunya adalah asupan asam lemak omega 3.

Mengapa hal ini penting? Menurut studi dari Nutrients, asam lemak omega 3 berperan penting pertumbuhan dan perkembangan janin, serta mampu menurunkan risiko depresi pada ibu, hingga mencegah terjadi kelahiran prematur.

Manfaat Omega 3 untuk Ibu Hamil

Tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak omega 3 sendiri, sehingga harus dicerna melalui makanan atau suplemen yang mendukung.

Dilansir dari studi yang dikembangkan oleh jurnal Obstetrics & Gynecology, asam lemak omega 3 memiliki manfaat selama kehamilan, di antaranya:

1. Meningkatkan Perkembangan Janin

manfaat omega 3 untuk ibu hamil-2.jpeg

Foto: successiblelife.com

Mengonsumsi asam lemak omega 3 selama kehamilan baik dalam makanan atau melalui suplemen dikaitkan dengan peningkatan hasil perkembangan otak janin dan perkembangan saraf pada anak nantinya.

Studi yang dikembangkan dalam jurnal tersebut menyebutkan, ibu hamil yang mengonsumsi ikan lebih banyak selama kehamilan dapat melahirkan anak dengan pengenalan visual dan kecerdasan verbal yang lebih tinggi.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega-3, 6, dan 9, Ini Sumber Makanannya

2. Mencegah Depresi pada Ibu

manfaat omega 3 untuk ibu hamil-3.jpg

Foto: babycentre.co.uk

Faktanya, menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah, beberapa ibu ada yang akhirnya mengalami depresi karena tanggung jawab dan kewajiban yang berat.

Untuk itu, cegah dengan pola makan dan nutrisi yang tepat. Banyak wanita yang enggan minum obat antidepresan saat hamil atau menyusui, maka meningkatkan asupan asam lemak omega 3 bisa dijadikan pilihan.

Asam lemak omega 3 mampu mencegah depresi selama hamil dan seusai persalinan.

3. Mencegah Kelahiran Prematur

manfaat omega 3 untuk ibu hamil-4.jpg

Foto: rbth.com

Jumlah omega 3 yang cukup dapat berasal dari asupan makanan laut yang direkomendasikan atau suplemen harian.

Menurut studi, asam lemak omega 3 dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.

Hal ini dikhususkan bagi wanita yang memiliki sejarah kelahiran prematur sebelumnya atau wanita dengan asupan asam lemak omega 3 yang awalnya rendah.

Baca Juga: 3 Manfaat Ikan Lele untuk Ibu Hamil, Sehat Banget!

Sumber Makanan Mengandung Omega 3

manfaat omega 3 untuk ibu hamil-1.jpg

Foto: babycenter.com

Menurut studi dari Journal of Obstetric, Gynecologic, & Neonatal Nursing, sumber asam lemak omega 3 terbaik bisa didapatkan dari makanan laut.

Sebenarnya, ada juga suplemen omega 3 yang bisa Moms konsumsi saat hamil, namun lebih baik mengonsumsi makanan seperti berbagai jenis ikan dan telur.

Hal yang sering menjadi kekhawatiran adalah saat memilih jenis ikan yang tepat dikonsumsi saat hamil.

Studi yang sama merekomendasikan ikan dan makanan laut yang rendah merkuri bisa Moms dapatkan dalam salmon, ikan cod, sarden, udang, tuna, ikan nila, dan kerapu.

Sebaliknya, ikan dengan kandungan merkuri yang besar terdapat dalam jenis ikan seperti ikan todak, king mackerel, dan ikan hiu.

Menurut laman Food Safety, hal yang terpenting saat mengonsumsi ikan dan makanan laut lainnya adalah dimasak sampai matang.

Hal itu yang membuat ibu hamil dilarang untuk makan sushi dengan porsi ikan yang mentah.

“Mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang dapat membuat bayi yang sedang tumbuh terkena merkuri, bakteri, dan parasit yang berbahaya. Hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh wanita hamil rentan terhadap infeksi dan juga dapat meningkatkan risiko keguguran, lahir mati, infeksi rahim, dan kelahiran prematur,” ungkap Dr. Kristian Morey, ahli gizi klinis dari The Center for Endocrinology.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Sushi, Perhatikan 3 Hal Ini!

Itulah manfaat omega 3 selama masa kehamilan. Tidak sampai di situ, ternyata omega 3 juga bermanfaat untuk ibu menyusui karena dapat menurunkan risiko alergi pada bayi.

Jadi, cukupkan kebutuhan omega 3 Moms selama hamil dan menyusui, ya!

Artikel Terkait