DI ATAS 5 TAHUN
18 Mei 2020

3 Manfaat Penting Mengajak Anak Ke Museum

Apa lagi yang bisa dipelajari anak di museum?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Intan Aprilia

Selain untuk membuka wawasan serta menambah pengetahuan, rupanya ada berbagai manfaat mengajak anak ke museum yang sering tidak disadari oleh orang tua lho, Moms.

Apalagi saat ini museum tidak sekadar memajang koleksi dan informasi singkat saja, tapi juga menyediakan berbagai aktivitas interaktif untuk membantu pengunjung belajar dengan cara yang menyenangkan.

Manfaat Mengajak Anak ke Museum

Sebelum mengajak Si Kecil ke museum lagi, coba simak dulu berbagai manfaatnya berikut ini ya, Moms.

1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Bukan Cuma Edukatif, Ini 3 Manfaat Penting Mengajak Anak Ke Museum 1.jpeg

Foto: queensland.com

Museum adalah tempat di mana anak bisa bebas bereksplorasi dan menyerap informasi tanpa terlalu terikat dengan aturan atau pendapat dari orang lain, terutama jika Si Kecil aktif mengikuti kegiatan interaktif yang disediakan disana.

Sebuah studi yang dilansir jurnal internasional Learning Environment Research mengungkap kalau aktif bertanya dan mengikuti berbagai aktivitas di museum dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis anak.

Bukan hanya itu, rajin berkunjung ke museum juga dikatakan bisa menguatkan pemahaman anak tentang konsep sebab akibat, cara kerja dunia di sekitarnya, serta asal muasal berbagai hal yang ada di sekelilingnya.

Baca Juga: 6 Museum Seru di Dunia Ini Cocok Untuk Destinasi Liburan Anak

2. Memupuk Toleransi dan Empati

Bukan Cuma Edukatif, Ini 3 Manfaat Penting Mengajak Anak Ke Museum 2.jpg

Foto: mummytravels.com

Moms tentu sudah tahu, betapa pentingnya menumbuhkan toleransi dan empati dalam diri anak sejak sedini mungkin.

Bukan hanya karena berasal dari negara dengan beragam adat dan budaya, tapi juga karena di masa depan Si Kecil harus bisa berbaur dengan orang lain dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Nah, menurut Greater Good Science Center UC Berkeley, salah satu manfaat mengajak anak ke museum adalah menanamkan toleransi dan empati tanpa menggurui.

Dengan berkunjung ke museum, anak belajar melihat dunianya dari berbagai sudut pandang dan menemukan kesamaan dalam perbedaan, sehingga tidak mudah berprasangka buruk pada hal asing atau orang yang berbeda dengannya.

Baca Juga: Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Mengajak Si Kecil ke Museum

3. Mengembangkan Kemampuan Bahasa

Bukan Cuma Edukatif, Ini 3 Manfaat Penting Mengajak Anak Ke Museum 3.jpg

Foto: chrysler.org

Anak usia sekolah juga perlu terus didukung perkembangan kemampuan bahasanya lho, Moms. Salah satu caranya adalah dengan berkunjung ke berbagai jenis museum.

Saat di museum, Si Kecil bukan hanya akan menemukan banyak kosa kata dan istilah baru, tapi juga konsep dan ide yang memancing percakapan dan diskusi.

Nah, secara tidak langsung ini juga akan melatih kemampuan anak dalam menyusun kalimat untuk mengekspresikan diri atau menggambarkan suatu konsep.

Baca Juga: 10 Museum di Jakarta untuk Ajari Anak Pengetahuan

Supaya bisa merasakan manfaat mengajak anak ke museum dengan maksimal, pastikan Moms dan Dads mendorongnya untuk mengikuti berbagai kegiatan interaktif di museum dan membuka diskusi setelah kunjungan selesai.

Apa Moms punya rekomendasi museum ramah anak di kota tempat tinggal Moms?

Artikel Terkait