KESEHATAN
29 November 2019

4 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit, Bisa Atasi Ruam Popok!

Ternyata ruam popok Si Kecil bisa diatasi menggunakan petroleum jelly!
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms pasti sering mendengar petroleum jelly kan? Petroleum jelly biasa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah karena formulanya yang sangat melembapkan.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit

Tapi selain itu, masih ada manfaat petroleum jelly yang tidak boleh dilewatkan, Moms. Yuk simak ulasannya!

1. Menyembuhkan Luka Kecil

manfaat petroleum jelly

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, petroleum jelly bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka kecil, seperti luka garukan dan luka goresan.

Petroleum jelly menjaga luka agar tetap lembap dan mencegahnya menjadi kering, sebab luka kering akan lebih sulit untuk sembuh.

Manfaat petroleum jelly yang satu ini juga menjaga agar luka tidak membesar, gatal, dan menjadi semakin dalam.

Baca Juga: Pewangi pada Skincare, Berbahayakah?

2. Mengatasi Ruam Popok Bayi

manfaat petroleum jelly - ruam popok bayi

Ini dia manfaat petroleum jelly yang mungkin tidak Moms ketahui, yakni mengatasi ruam popok bayi.

Saat Si Kecil mengalami ruam popok, aplikasikan petroleum jelly setiap kali mengganti popok. Dengan cara ini, ruam popok bisa segera hilang dalam waktu 3-4 hari.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, penggunaan petroleum jelly juga dapat mencegah terjadinya ruam popok.

Hal ini disebabkan karena petroleum jelly menciptakan lapisan pelindung yang bisa melindungi kulit dari kelembapan yang berlebih. Namun, hubungi dokter bila ruam popok buah hati tidak kunjung sembuh ya, Moms.

3. Melembapkan Kulit Bibir

manfaat petroleum jelly

Melembapkan kulit adalah manfaat petroleum jelly yang paling umum. Aplikasikan petroleum jelly pada bibir, kelopak mata, atau bagian kulit lainnya yang mengalami kekeringan.

Tapi hati-hati saat mengoleskannya ke kelopak mata karena bagian itu cukup sensitif, cukup oleskan lapisan tipis saja.

Untuk hasil maksimal, gunakan petroleum jelly saat kulit masih lembap (setengah basah seperti sehabis mandi).

Baca Juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama

4. Menjaga Kesehatan Kuku

manfaat petroleum jelly

Manfaat petroleum jelly yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kuku. Saat sedang memotong dan membersihkan kuku, oleskan petroleum jelly pada kuku dan kutikula. Kegunaannya adalah meminimalisir kuku rapuh dan mudah patah.

Meski petroleum jelly punya banyak manfaat, tapi bukan berarti tidak memiliki efek samping. American Academy of Dermatology Association menganjurkan agar tidak menggunakan petroleum jelly pada wajah, apalagi bila kulit rentan berjerawat (acne-prone).

Petroleum jelly bisa menyebabkan jerawat bagi sebagian orang, karena menutup pori-pori kulit. Mengaplikasikan petroleum jelly tanpa membersihkan kulit terlebih dahulu juga bisa menyebabkan infeksi jamur dan bakteri.

Baca Juga: 4 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Bayi

Dengan berbagai manfaat petroleum jelly, tetap pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai petroleum jelly pada Si Kecil ya, Moms.

Artikel Terkait