3-12 BULAN
11 Juli 2019

5 Manfaat Pijat Bayi, Bisa Memperkuat Bonding!

Tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, pijat bayi juga memberi dampak positif pada emosi Si Kecil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat menempatkan bayi di tempat tidurnya, dia biasa akan menangis. Namun begitu Moms menggendongnya, sekejap tangisan itu hilang dan bisa berubah menjadi senyum atau tawa.

Jika menggendong bayi saja sudah bisa menenangkannya, bayangkan manfaat apa yang bisa dilakukan jika melakukan pijat bayi ke seluruh tubuhnya. Berikut ini berbagai manfaat pijat bayi.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

1. Menenangkan

manfaat pijat bayi

Manfaat pijat bayi yang pertama adalah dapat merangsang sistem saraf pusat Si Kecil.

“Hal ini memicu reaksi berantai, membuat otaknya memproduksi lebih banyak serotonin (senyawa yang membuat bahagia) dan mengurangi kortisol (hormon yang dihubungkan sebagai respon terhadap stres). Akibatnya, detak jantung dan pernapasan bayi melambat dan bayi menjadi lebih tenang atau santai,” ungkap Direktur Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, Tiffany Field, PhD.

2. Kedekatan

manfaat pijat bayi

Memberikan pijat bayi secara teratur juga baik untuk kesejahteraan emosional Si Kecil dan mendorong ikatan positif antara orang tua dan bayi.

“Sentuhan penuh kasih dan gerakan ritmis (berulang) adalah satu satu bentuk komunikasi paling kuat antara bayi dan orang tua. Jadi pijat bayi merupakan cara yang menakjubkan bagi orang tua untuk menjalin ikatan,” ungkap Direktur Parent-Infant Research Nursery di Pace University, New York City, K. Mark Sossin, PhD.

Baca Juga: Anak Mual Setelah Pijat Bayi, Apa Penyebabnya?

3. Tidur Lebih Baik

manfaat pijat bayi

Salah satu manfaat pijat bayi yang paling signifikan adalah peningkatan kualitas tidur bayi yang lebih baik. Pijat bayi secara teratur memberikan pola tidur bayi yang lebih baik, lebih mudah untuk tertidur dan durasi tidur yang lebih lama.

Bayi yang menerima pijatan juga menunjukkan peningkatan kewaspadaan dan menjadi lebih aktif di siang hari, sebagai hasil dari peningkatan tidur yang baik.

4. Mengenal Kebutuhan Bayi

manfaat pijat bayi

Manfaat pijat bayi tidak hanya pada Si Kecil, tapi juga bagi orang tua. Menyisihkan waktu memberikan pijat bayi, akan memberi waktu bagi orang tua dan anak untuk lebih belajar membaca sinyal bayi, sehingga dapat merespon kebutuhan bayi secara lebih maksimal.

Orang tua juga akan lebih percaya diri dalam mengasuh bayi, sehingga dapat merasa lebih tenang saat merawat bayi.

Baca Juga: 3 Tips Mandi untuk Bayi Berkulit Sensitif

5. Mendorong Kesehatan Bayi

manfaat pijat bayi

Dalam sebuah penelitian, bayi prematur di NICU (Neonatal Intensive Care Unit) yang menerima pijat bayi, 21% mengalami peningkatan berat badan dan dapat pulang ke rumah lima hari lebih awal daripada yang tidak menerima pijat bayi.

Manfaat pijat bayi secara fisiologis antara lain pernapasan bayi yang lebih baik, adanya peningkatan sirkulasi getah bening serta darah, dan jalannya fungsi pencernaan bayi menjadi lebih maksimal.

Pijat bayi juga dapat membantu meredakan beberapa masalah kesehatan Si Kecil, seperti mengurangi gejala sakit perut, sembelit, hingga masuk angin.

Itulah beberapa manfaat pijat bayi yang bisa didapatkan Moms serta bayi jika dilakukan secara teratur.

(GS)

Artikel Terkait