KEHAMILAN
17 Februari 2020

7 Manfaat Pijat Prenatal untuk Ibu Hamil, Bikin Nyaman!

Pijat prenatal bisa bantu melancarkan persalinan lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms yang sedang hamil, apakah sering merasakan pegal-pegal? Jika sudah terasa pegal, rasanya ingin sekali pijat ya Moms. Betul tidak?

Beberapa Moms mungkin merasa khawatir pijat saat hamil bisa membahayakan janin. Tapi, tahukah Moms bahwa pijat saat hamil atau yang dikenal dengan istilah pijaat prenatal punya banyak manfaat untuk Moms.

Menurut American Pregnancy Association, investigasi dan penelitian modern telah menentukan bahwa pijat prenatal dapat menjadi unsur penting dalam perawatan ibu hamil dan harus dipertimbangkan secara cermat.

Jadi, siapa pun yang pernah melakukan prenatal massage tahu bahwa baik tubuh maupun pikiran merasa lebih baik terutama ketika berat badan Moms bertambah dan perubahan postur yang membangkitkan rasa sakit dan nyeri yang membuat Moms merasa tidak nyaman.

Baca Juga:Tak Perlu Takut, Pijat Kehamilan Ternyata Banyak Manfaatnya

Manfaat Pijat Prenatal untuk Ibu Hamil

Lalu, apa saja manfaat pijat prenatal bagi ibu hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Membantu Tubuh Santai

Ibu hamil tengah bersantai

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat pijat prenatal bagi ibu hamil adalah membantu tubuh santai dan mengurangi stres. Kehamilan tentu menjadi pengalaman yang menegangkan bagi pikiran dan tubuh.

Secara fisik, penambahan berat badan dan perubahan bisa membuat Moms merasa cemas tentang penampilan sementara hormon berpacu ke seluruh tubuh dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tiba-tiba.

Tidak jarang bagi wanita hamil terus-menerus merasa cemas tentang apakah mereka sehat. Sayangnya, jenis stres ini dapat berdampak negatif pada ibu dan anak.

Sebuah studi Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology telah menunjukkan bahwa pijat dapat sangat mengurangi hormon stres, memastikan Moms tetap tenang, dan mempertahankan kehamilan yang sehat.

2. Meredakan Nyeri

Ibu hamil mengalami nyeri

Foto: Orami Photo Stock

Tentu saja, menurut Journal of Bodywork and Movement Therapies, manfaat utama dari pijat prenatal untuk ibu hamil adalah sebagai penghilang rasa sakit yang tinggi.

Satu keuntungan besar dari jenis pijatan ini adalah pijat ini menjangkau area-area yang akan berdampak paling besar saat Moms hamil.

Misalnya, Moms menderita sakit pada tungkai dan kaki. Sangat umum bagi kaki Moms bengkak selama kehamilan. Ini membuat Moms kesulitan berjalan. Dengan pijat prenatal ini, sakit yang Moms rasakan bisa diredakan.

Baca Juga:Pijat Saat Hamil, Sejauh Mana Aman Dilakukan?

3. Memerbaiki Pola Tidur

Susah-Tidur-Hero (2).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pijat prenatal untuk ibu hamil selanjutnya adalah memerbaiki pola tidur. Banyak ibu hamil menemukan bahwa meningkatnya kekhawatiran dan gejala fisik seperti linu panggul dan lainnya membuat untuk sulit tidur di malam hari.

Satu studi menemukan bahwa, jika dibandingkan dengan kelompok relaksasi, peserta dalam kelompok prenatal massage mampu tidur lebih baik di malam hari

4. Mengurangi Pembengkakan

Ibu Hamil alami bengkak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pijat untuk hamil yang selanjutnya adalah mengurangi pembengkakan. Tak jarang, Moms pun mengalami pembengkakan selama kehamilan.

Journal of Athtletic menerangkan, prenatal massage dapat mengurangi pembengkakan yang dialami oleh ibu hamil dengan menggunakan tenaga ahli tentunya.

5. Meredakan Sakit Kepala

ibu hamil alami sakit kepala

Foto: Orami Photo Stock

Meredakan sakit kepala menjadi salah satu manfaat dari pijat prenatal untuk ibu hamil. Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan beberapa Moms mengalami peningkatan sakit kepala.

American Journal of Public Health menjelaskan manfaat prenatal massage bagi ibu hamil yaitu mengatasi sakit kepala serta mengurangi frekuensinya.

6. Meredakan Sakit Punggung Bagian Bawah

Sakit punggung bagian bawah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pijat prenatal untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meredakan sakit punggung bagian bawah. Adanya perubahan bentuk badan ibu hamil sehingga pusat gravitasinya pun bergeser, Moms pun mungkin merasakan sakit punggung bagian bawah.

Linu panggul dan ligamen yang rileks juga berkontribusi terhadap nyeri punggung bawah, tetapi manfaat prenatal massage dapat membantu memperbaiki gejala-gejala ini.

7. Mempermudah Persalinan

Mempermudah persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pijat prenatal untuk ibu hamil yang satu ini pasti sangat membantu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Expert Review of Obstetrics and Gynecology mengungkapkan bahwa wanita yang menerima pijat prenatal secara teratur memiliki tenaga kerja lebih pendek yaitu rata-rata tiga jam lebih pendek dan lebih sedikit permintaan untuk obat penghilang rasa sakit.

Ini kemungkinan karena penurunan tingkat stres.

Baca Juga:Haruskah Ibu Menyusui Mengonsumsi Vitamin Prenatal?

Itulah beberapa manfaat pijat prenatal untuk ibu hamil. Seperti halnya pendekatan terapeutik untuk kesehatan kehamilan, ibu hamil pun harus mendiskusikan pijatan dengan penyedia perawatan prenatal mereka. Selamat mencoba!

Bila masih memerlukan informasi tambahan seputar kehamilan, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait