KESEHATAN
11 Oktober 2020

Enak dan Segar, Ini 10 Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Manfaat salad buah bisa untuk menambah daya tahan tubuh, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Berbicara tentang buah-buahan, kandungan nutrisi dan vitaminnya memang tidak perlu diragukan lagi.

Baik buah-buahan atau sayuran umumnya memiliki kepadatan energi yang rendah namun dapat menjadi sumber serat dan potasium yang baik serta bergizi.

Maka dari itu, buah-buahan dan sayuran harus tetap diimbangi dengan sumber karbohidrat yang baik.

Moms pasti pernah mendengar atau mencoba salad buah. Seperti namanya, salad buah adalah aneka buah-buahan yang dicampur, dipotong-potong, kemudian diberikan dressing seperti mayonaise atau keju.

Terkadang juga ditambah dengan sayuran, sebenarnya semua tergantung pada selera masing-masing saja.

Nah, simak ulasan berikut ini tentang manfaat salad buah yang bisa Moms dapatkan!

Baca Juga: 6 Resep Salad Buah dari Berbagai Negara yang Cocok untuk Camilan

Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Manfaat salad buah bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, di antaranya adalah:

1. Menjaga Hidrasi Tubuh dengan Baik

menjaga hidrasi tubuh dengan baik

Foto: Orami Photo Stock

Dehidrasi adalah suatu kondisi yang berbahaya dan sering kali disepelekan. Terlebih lagi ketika cuaca sedang panas dan kita sibuk untuk beraktivitas.

Mudah bagi kita untuk tenggelam dalam kegiatan sehari-hari dan lupa untuk mencegah dehidrasi. Padahal, dehidrasi yang berkepanjangan bisa membahayakan kesehatan tubuh, lho!

Rasa haus adalah cara tubuh untuk mengisyaratkan bahwa mereka butuh lebih banyak cairan.

Ya, minum air putih adalah cara efektif untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, Moms bisa makan salad buah. Mengapa demikian?

Buah mengandung hidrasi yang tinggi sehingga mampu menjaga cairan tubuh dengan baik.

Nah, Moms bisa memilih buah-buahan dengan kadar air yang tinggi sebagai menu salad buah, seperti jeruk, pir, apel, melon, semangka, atau stroberi.

“Minum air putih dapat menyehatkan tubuh. Kemudian, makanlah camilan sehat seperti irisan jeruk, pisang atau segenggam kecil kacang yang tidak asin,” kata John Batson, dokter kedokteran olahraga dengan Lowcountry Spine & Sport di Hilton Head Island.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

membantu menjaga kesehatan pencernaan

Foto: freepik.com

Pernahkah Moms atau anggota keluarga lainnya mengalami sembelit? Nah, gangguan kesehatan ini bisa terjadi karena kurangnya menjaga kesehatan pencernaan.

Salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah mengonsumsi makanan yang kaya serat. Manfaat salad buah juga baik untuk kesehatan pencernaan.

Dilansir dari laman US Department of Agriculture, serat dari buah-buahan membantu menjaga fungsi usus dengan baik. Hal ini membantu mengurangi sembelit dan divertikulosis.

Makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan membantu memberikan perasaan kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

Mau tahu buah apa saja yang mengandung serat tinggi? Banyak sekali pilihannya, Moms.

Mulai dari buah naga, belimbing, pepaya, avokad, mangga, pisang, nanas, hingga jambu biji merah. Nah, Moms dapat membuat salad buah sesuai dengan jenis buah yang disukai.

Baca Juga: 7 Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita GERD

3. Menjaga Tekanan Darah

menjaga tekanan darah

Foto: Orami Photo Stock

Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi bisa menjadi sumber dari berbagai penyakit kronis.

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya pengerasan dan penebalan arteri dinding pembuluh darah, yang disebut aterosklerosis. Selain itu, masalah ginjal hingga stroke juga bisa terjadi karena hipertensi.

Maka dari itu, sebaiknya jaga agar tekanan darah tetap normal dengan pola makan yang sehat. Ya, manfaat salad buah bisa menjaga tekanan darah.

Department of Food Science and Nutrition dari University of Minnesota mengungkapkan buah-buahan mengandung potasium yang membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Sumber buah yang kaya akan potasium termasuk pisang, plum, jeruk, persik, melon, dan jeruk.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

menjaga daya tahan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Di tengah situasi pandemi seperti saat ini, sudah seharusnya Moms dan keluarga menjaga daya tahan tubuh dengan baik agar mencegah berbagai infeksi penyakit.

Pola makan sehat menjadi kunci untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat.

Manfaat salad buah mampu menjaga daya tahan tubuh. Mengapa? Banyak sekali buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Nah, vitamin C penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk pertumbuhan dan perbaikan semua jaringan tubuh, membantu menyembuhkan luka, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Mendengar vitamin C, Moms pasti langsung mengingat buah jeruk. Ya, jeruk yang termasuk salah satu buah sitrus kaya akan vitamin C.

Selain jeruk, Moms dapat membuat salad buah dari kiwi, pepaya, melon, jambu, atau tomat untuk memperkaya kandungan vitamin C di dalamnya. Campuran buah-buahan ini sudah pasti sangat menyegarkan, ya, Moms!

Baca Juga: 5 Buah-buahan untuk Kulit Glowing, Yuk Mulai Dikonsumsi!

5. Mencegah Kolesterol Tinggi

mencegah kolesterol tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Mengubah makanan apa yang dikonsumsi sehari-hari mampu menurunkan tingkat kolesterol dan meningkatkan armada lemak yang mengambang melalui aliran darah tubuh Moms.

Caranya dengan diet rendah kolesterol, untuk menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang sering disebut kolesterol jahat.

Manfaat salad buah mampu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi. Dilansir dari Harvard Health Publishing, beberapa buah-buahan yang membantu menurunkan tingkat kolesterol yaitu apel, anggur, stroberi, dan buah jeruk.

Buah-buahan ini kaya pektin, sejenis serat larut yang dapat menurunkan LDL.

Selain itu, serat makanan dari buah-buahan, sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan, juga membantu mengurangi kadar kolesterol darah hingga akhirnya menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Manfaat Salad Buah untuk Diet

10 Manfaat Salad Buah.jpg

Foto: freepik.com

Kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah mengatur pola makan dengan teratur.

Defisit kalori menjadi istilah yang pasti sering Moms dengar. Sederhananya, kalori yang masuk ke dalam tubuh harus dibatasi dan jangan berlebihan.

Terdengar mudah, namun menjalankannya memang perlu usaha dan kerja keras. Banyak orang yang memilih salad buah sebagai menu untuk diet. Hal ini tidak salah. Kebanyakan buah secara alami rendah lemak, natrium, dan kalori. Selain itu, tidak ada buah yang memiliki kolesterol.

Namun, hal yang sering luput dari perhatian adalah pemakaian dressing. Buahnya memang menyehatkan, tapi kebanyakan dressing justru dapat mengacaukan diet yang sedang Moms jalani.

Jika ingin membuat salad buah untuk diet, hindari pemakaian susu kental manis, mayonaise, atau campuran gula buatan lainnya yang memiliki kalori berlebih.

Sebaiknya, pilihlah salad dressing yang sehat seperti olive oil atau plain yoghurt. Jika Moms tetap ingin menaburkan keju di atas salad buah agar lebih menarik, pastikan takarannya tepat, ya.

Campurkan dengan kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai sumber nutrisi tambahan yang mengenyangkan.

7. Sumber Kalsium yang Baik

sumber kalsium yang baik

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat salad buah juga bisa didapatkan dari dressing-nya, yaitu keju. Dilansir dari laman British Heart Foundation keju juga mengandung vitamin D, vitamin yang larut dalam lemak yang membantu kita menyerap kalsium dari makanan. Lantas, apa saja manfaat kalsium bagi tubuh?

Kalsium adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh dan penting untuk beragam mekanisme dan reaksi seperti kontraksi otot, pembentukan tulang, serta fungsi enzim dan hormon.

Memenuhi kebutuhan kalsium sama saja dengan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Selain sumber kalsium yang baik, keju juga mengandung protein. Namun, tetap ada hal yang perlu diperhatikan, ya Moms!

Keju sering kali tinggi lemak jenuh dan garam. Artinya, makan terlalu banyak dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Jadi, ketika membuat salad buah, tetap usahakan perbanyak buah-buahan dan bukan dressing-nya saja, ya! Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedang, keju bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat salad buah untuk kesehatan. Ternyata, salad buah juga bisa menjadi makanan yang lezat, sehat, dan mengenyangkan untuk ibu hamil, lho!

Baca Juga: Pentingnya Peran Kalsium dalam Masa Kehamilan

Manfaat Salad Buah untuk Ibu Hamil

Mungkin Moms pernah bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil makan salad? Tentu saja boleh.

Manfaat salad buah bisa diperoleh untuk kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungannya, yaitu:

8. Sumber Asam Folat yang Baik

sumber asam folat yang baik

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari American Pregnancy Association, folat dapat ditemukan dalam makanan utuh seperti sayuran berdaun hijau, telur, avokad, dan buah sitrus.

Sudah tidak perlu diragukan lagi, asam folat penting untuk ibu hamil. Manfaat salad buah mampu membantu mencukupi kebutuhan asam folat saat hamil.

Asam folat membantu tubuh membentuk sel darah merah. Selain ibu hamil, wanita usia subur yang mungkin hamil harus mengonsumsi folat yang cukup dari makanan jika sedang menjalani program hamil.

Nah, bagi ibu hamil, mendapatkan asupan asam folat yang cukup mampu mengurangi risiko cacat tabung saraf, spina bifida, dan anencephaly selama perkembangan janin.

Apa yang dimaksud dengan cacat tabung saraf? Cacat tabung saraf adalah cacat lahir serius pada sumsum tulang belakang dan otak bayi. Tabung saraf adalah bagian embrio di mana tulang belakang dan otak bayi berkembang.

Cacat tabung saraf terjadi pada tahap perkembangan sangat awal, bahkan sebelum Moms sadar kalau sedang hamil.

Itulah mengapa sangat penting untuk mulai konsumsi asam folat sebelum merencanakan kehamilan agar bayi dan ibu hamil sehat.

9. Sumber Energi dalam Tubuh

sumber energi dalam tubuh

Foto: freepik.com

Moms, pernahkah mengalami food craving saat hamil? Istilah lainnya adalah ngidam.

Biasanya, saat sedang food craving, ibu hamil cenderung mengonsumsi makanan yang asin atau manis namun mengandung sedikit sekali nutrisi.

Tentunya, kebiasaan ini harus dihentikan karena ibu hamil butuh nutrisi yang cukup selama mengandung.

Maka dari itu, cobalah untuk makan salad buah. Buah-buahan kebanyakan mengandung gula dan serat, seperti pektin, yang difermentasi secara ekstensif di usus besar.

Fruktosa bebas diserap ini mirip dengan serat makanan, keluar dari penyerapan di usus kecil saat difermentasi di usus besar.

Gula alami dalam buah tentunya lebih sehat dari cemilan yang banyak di pasaran.

Selain itu, salad buah juga menyegarkan dan memberikan energi dalam tubuh dengan lebih baik. Apel dan pir disebut menjadi buah-buahan dengan kandungan fruktosa tertinggi.

Namun, hati-hati saat membuat salad buah, ya, Moms. Hindari memasukkan terlalu banyak pemanis tambahan seperti gula, krim kocok, atau sirup.

Baca Juga: Resep Vietnamese Mango Salad: Segar dan Mudah Dibuat!

10. Sumber Vitamin C yang Baik

sumber vitamin C yang baik

Foto: Orami Photo Stock

Salad buah-buahan dapat menjadi sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Buah sitrus dan buah beri menjadi jenis buah-buahan yang kaya vitamin C dan antioksidan dalam tubuh.

Menurut National Health Service, vitamin C mampu melindungi sel dan membantu tubuh Moms agar tetap sehat.

Vitamin C juga membantu produksi kolagen dalam tubuh sehingga baik untuk kesehatan kulit, serta membantu meningkatkan kekebalan.

Terpenting, meningkatkan kemampuan Moms untuk menyerap zat besi. Hal ini juga berpengaruh pada perkembangan janin di dalam kandungan.

Nah, itulah berbagai manfaat salad buah yang bisa didapatkan oleh ibu hamil. Tetap seimbangkan dengan nutrisi lainnya agar kehamilan sehat dan pertumbuhan janin berjalan dengan baik, ya!

Artikel Terkait