KESEHATAN
19 Juli 2020

Ketahui Apa Saja Manfaat Salmon untuk Kulit

Ikan salmon baik untuk kesehatan tubuh dan juga mampu menyehatkan kulit, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan kulit. Selain memakai perawatan kulit yang tepat, menjaga pola makan agar tetap sehat juga wajib dilakukan. Moms mungkin saja sudah sering mendengar bahwa buah dan sayuran baik untuk kesehatan kulit.

Namun, penting untuk diketahui kalau ikan juga baik untuk menjaga kulit tetap sehat, salah satunya adalah salmon. Apa yang menyebabkan salmon baik untuk kulit Moms? Ini ulasan selengkapnya dan penjelasan apa saja manfaat salmon untuk kulit.

Kandungan Nutrisi dalam Salmon

Manfaat Salmon untuk Kulit-1.jpg

foto: freepik.com

Ada banyak cara untuk mengolah salmon menjadi sajian yang menggugah selera. Paling sering Moms dapat mengonsumsinya dalam bentuk sushi. Manfaat salmon untuk kulit bisa dilihat dari kandungan yang berada di dalamnya.

Melansir studi Bord Iascaigh Mhara dari Irlandia, semua ikan pada dasarnya merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Bagi orang dewasa, ikan membantu menjaga otot pada orang dewasa. Hampir semua jenis ikan juga kaya vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengurangi kelelahan.

Nah, salmon juga kaya protein dan B12. Namun, di samping itu, ada banyak kandungan lain dari salmon yang akhirnya mampu bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Salmon mengandung mineral penting, seperti selenium, yodium, fosfor, dan kalium. Salmon juga salah satu dari sedikit makanan dengan jumlah vitamin D yang besar. Salmon juga kaya omega-3 yang bermanfaat bagi tubuh.

Segala bentuk kandungan tersebut akan lebih maksimal apabila salmon tidak ditambahkan kadar garam yang tinggi. Lantas, kandungan apa saja yang berpengaruh pada kesehatan kulit?

Baca Juga: Salmon, Superfood yang Baik untuk Kulit

Manfaat Salmon untuk Kulit

Manfaat Salmon untuk Kulit-2.jpg

foto: freepik.com

Hal penting yang harus Moms tahu, salmon bermanfaat untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin D, dan omega-3. Salmon juga mengandung astaxanthin, senyawa kimia yang dikenal sebagai keto-karotenoid, yang kaya antioksidan dan antiinflamasi.

“Bisa dikatakan salmon adalah salah satu makanan super untuk kesehatan kulit. Makan salmon setiap hari juga dianjurkan. Omega-3 di dalam salmon membantu menenangkan peradangan yang bisa menyebabkan kerusakan kolagen. Hal ini membuat salmon membuat kulit tampak awet muda,” ungkap Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di New York.

Hal ini juga didukung oleh pendapat dari Dr. Melda Isaac, dokter kulit bersertifikat dari Washington DC. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam salmon mampu mempertahankan kelembapan kulit dan menjaga elastisitas kulit agar tetap kenyal.

Baca Juga: Resep Salmon Mentai Kekinian, Super Gampang!

Faktanya, kulit memiliki penghalang minyak alami yang berada di atasnya untuk melindunginya dari dunia luar. Nah, kandungan omega-3 pada salmon membantu kulit mempertahankan kelembapan dan tetap terhidrasi.

“Salmon mengandung vitamin D yang membantu melindungi kulit terhadap efek negatif dari sinar UV. Vitamin D juga baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit, serta melindungi kulit dari radikal bebas,” ungkap Dr. Isaac.

Salmon yang kaya antioksidan juga membantu menciptakan lebih banyak kolagen dan merupakan anti penuaan yang baik. Segala kandungan dalam salmon itu membuat Moms dapat mengonsumsi salmon sebagai makanan pokok.

Lalu, bagaimana kalau Moms tidak menyukai salmon? American Heart Association merekomendasikan beberapa jenis ikan yang juga bermanfaat untuk kulit, seperti ikan tenggiri, herring, sarden, dan tuna yang tinggi asam lemak omega-3.

Baca Juga: Heboh Krisdayanti Suntik DNA Salmon, Ternyata Manfaatnya Segudang Lho!

Itulah manfaat salmon untuk kulit. Selain itu, salmon juga dikenal baik untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, dan membantu menstabilkan gula darah. Jadi, yuk mulai konsumsi salmon mulai hari ini!

Artikel Terkait