KEHAMILAN
17 September 2020

Serba-Serbi Manfaat Sari Kurma bagi Ibu Hamil, Bisa Memperlancar Kelahiran Juga!

Membantu melancarkan proses melahirkan, karena kandungam nutrisinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketika kita berbicara tentang manfaat dari buah kurma untuk kesehatan, maka itu bukan rahasia umum lagi. Kurma dan juga sarinya yang biasa disebut sari kurma, bisa menjadi cemilan manis dan sehat untuk dikonsumsi oleh Moms yang sedang hamil.

Sari kurma bisa Moms dapatkan dari produk instan siap guna atau dari buah asli yang diolah sendiri menjadi sari kurma. Moms hanya perlu membuang biji kurma, mencuci dan lalu dikukus sekitar 20 menit.

Setelah itu, kurma yang sudah dikukus harus dihaluskan dengan blender atau food processor. Jika sudah halus, simpan dalam wadah kedap udara dan letakan dalam lemari es atau freezer untuk digunakan saat diperlukan.

Seperti halnya buah kurma itu sendiri, sari kurma tidak hanya aman bagi ibu hamil dan Si Kecil di dalam perut. Akan tetapi, juga menyimpan sejuta manfaat termasuk pada proses persalinan.

Baca Juga: Manfaat Kurma Sebagai Makanan Pendamping Bayi

Kandungan Sari Kurma yang Bermanfaat bagi Ibu Hamil

kurma untuk ibu hamil-3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Sari kurma sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat mengurangi risiko anemia, membantu mengatasi morning sickness, mengatur tekanan darah dan kadar gula darah, membuang racun, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan kandungan kalsium dalam tubuh.

Sari kurma sarat dengan nutrisi berbeda dengan buah lainnya dan sangat membantu ibu hamil. Berikut ini adalah berapa kandungan nutrisi sari kurma diataranya:

Zat besi

Semua orang tahu bahwa ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi daripada yang lain. Sari kurma diperkaya dengan zat besi dan dapat membantu mencegah anemia dengan memastikan bahwa darah Moms memiliki jumlah hemoglobin yang sehat. Zat besi membantu berbagai proses metabolisme dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan Moms dan Si Kecil.

Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi terpenting yang perlu dikonsumsi ibu hamil. Ini mencegah Si Kecil lahir dengan cacat otak dan masalah sumsum tulang belakang.

Baca Juga: 3 Resep Minuman Kurma yang Layak Dicoba, Segar dan Enak!

Vitamin K

Vitamin K membantu dalam pembekuan darah dan juga membantu dalam perkembangan struktur tulang bayi. Sari kurma adalah salah satu sumber terbaik vitamin ini. Kekurangan vitamin K bisa berbahaya bagi kesehatan bayi dan dengan makan sari kurma, ibu hamil bisa mengimbangi kekurangan ini jika menghadapinya.

Serat

Sembelit sering terjadi selama masa kehamilan dan Moms dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi sari kurma. Sari kurma menawarkan kandungan serat yang tinggi dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kalium

Kalium membantu dalam menjaga keseimbangan garam dan tekanan darah dalam tubuh. Kram otot sering terjadi selama kehamilan dan Moms dapat mencegahnya dengan memastikan bahwa tubuh Moms memiliki kadar kalium yang cukup. Perlu Moms ketahui bahwa kekurangan kalium, dapat menyebabkan masalah ginjal.

Fruktosa

Sari kurma mengandung fruktosa yang memastikan bahwa tingkat energi Moms akan selalu tinggi. Sangat penting untuk memiliki energi yang tinggi selama kehamilan agar tubuh Moms dapat mengatasi perubahan yang dihadapi. Konsumsi sari kurma akan menawarkan energi tambahan secara instan.

Gula

Moms akan membutuhkan lebih banyak kalori ketika sedang hamil. Jadi tidak masalah untuk konsumsi sari kurma karena buah ini adalah sumber gula yang baik dan menawarkan kalori yang sangat dibutuhkan tanpa memengaruhi berat badan secara drastis.

Magnesium

Bayi Moms membutuhkan magnesium untuk pembentukan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, magnesium juga membantu dalam mengatur gula darah dan tingkat tekanan darah Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Kurma untuk Diet, Tertarik Mencoba?

Manfaat Sari Kurma bagi Ibu Hamil

sari kurma

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Karena mengandung banyak nutrisi bermanfaat, sari kurma sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Misalnya, kandungan fruktosanya yang terurai dengan cepat, dapat menawarkan energi instan tanpa mengubah kadar gula darah seseorang.

Penelitian dari Journal of Obstetrics and Gynaecology telah menunjukkan bahwa konsumsi kurma selama akhir kehamilan memperpendek persalinan dan mempengaruhi persalinan secara positif. Berikut ini adalah manfaat lainnya dari konsumsi sari kurma bagi ibu hamil:

  • Kurma mengandung protein yang membantu membangun asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh.
  • Penelitian lain dari Journal of Obstetrics and Gynaecology membuktikan bahwa lebih dari 83% ibu hamil yang makan sari kurma memiliki proporsi selaput atau membran yang utuh (leher rahim mereka lebih matang) saat dirawat di rumah sakit. Sementara sisanya atau kurang dari 28% ibu hamil lainnya, harus diberi oksitosin sintetis atau prostin selama persalinan.
  • Sari Kurma membantu meningkatkan pengaruh oksitosin atau kontraksi rahim yang pada gilirannya meningkatkan sensitivitas rahim.
  • Kalsium, serotonin, dan tanin yang ada dalam sari kurma membantu kontraksi otot rahim yang tepat.
  • Sari kurma mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh yang memasok energi serta membantu dalam memproduksi prostaglandin. Baik efek oksitosin dan prostaglandin, merupakan unsur yang penting untuk persalinan.
  • Sari kurma memudahkan dan mempersingkat persalinan karena mengandung obat pencahar yang membantu kontraksi.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sari kurma boleh dikonsumsi dan memiliki manfaat berbeda berdasarkan usia kehamilan Moms, yaitu:

  • Trimester Pertama
    Konsumsi sari kurma penting pada trimester pertama karena sembelit adalah masalah besar utama saat ini. Konsumsi sari kurma dapat membantu Moms untuk memastikan pergerakan usus yang sehat dan tidak ada ketidaknyamanan internal. Namun, pastikan untuk membatasi jumlah sari kurma yang Moms makan selama trimester pertama jika Moms memiliki masalah gula darah atau infeksi strep group B.
  • Trimester Kedua
    Hindari konsumsi sari kurma selama trimester kedua jika kadar gula darah Moms tinggi atau tes glukosa Moms tidak normal karena kemungkinan terkena diabetes gestasional akan cukup tinggi selama waktu ini. Namun, Moms bisa mengkonsultasikannya dengan dokter jika ingin mencoba sari kurma pada usia kehamilan pertengahan ini.
  • Trimester Ketiga
    Pastikan Moms makan kurma selama trimester ketiga kehamilam karena ini akan membantu mempersingkat persalinan dan membuat seluruh proses persalinan menjadi mudah. Sari kurma bersifat sebagai pencahar alami yang membantu kontraksi.

Mungkin dampaknya lebih cepat terasa ketika Moms mengkonsumsi kurmanya secara langsung. Menurut para peneliti, ada beberapa bukti yang mendukung klaim bahwa makan buah kurma dapat mempercepat persalinan. Ini tergantung pada berapa banyak kurma yang Moms makan selama hamil dan akhirnya kurma dipercaya dapat meningkatkan proses induksi secara alami.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi 2011 menyebutkan bahwa para peneliti meminta 69 ibu hamil makan enam kurma sehari selama 4 minggu menjelang perkiraan tanggal persalinan. Studi tersebut juga terdiri dari 45 ibu hamil yang tidak makan kurma sebelum tanggal persalinan mereka.

Pada kesimpulan penelitian, para peneliti menemukan bahwa wanita yang makan enam kurma sehari selama 4 minggu memiliki tahap pertama persalinan yang lebih pendek. Rata-rata mereka memiliki dilatasi serviks yang lebih tinggi dan leher rahim mereka lebih matang untuk melahirkan. Selain itu, 96 % ibu hamil yang makan kurma mengalami persalinan spontan dibandingkan dengan hanya 79% wanita yang tidak makan kurma.

Baca Juga:Jangan Makan Kurma Berlebihan saat Buka Puasa, Ketahui Risikonya!

Ragam Kurma yang Sarinya bisa Bermanfaat bagi Ibu Hamil

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil kurma.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Ada banyak jenis kurma yang tersedia, beberapa di antaranya kurma yang lembut dan memiliki kadar air yang tinggi, ada juga yang kering dan kenyal. Apa pun jenisnya, Moms dapat mengambil sarinya untuk membuat berbagai camilan dan resep. Mari kita lihat jenis kurma yang bisa Moms ambil sarinya untuk dikonsumsi selama hamil:

Kurma Merah Cina

Kurma jenis ini tinggi zat besi dan dapat membantu mencegah anemia, bahkan dikenal dapat meningkatkan kualitas ASI dan mencegah perdarahan pasca persalinan.

Kurma Medjool

Variasi kurma ini memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Kurma Medjool kebetulan merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik dan memiliki kandungan rendah lemak.

Diperkaya dengan serat dan protein, kurma ini adalah salah satu varietas kurma terbaik yang bisa Moms makan dan ambil sarinya saat hamil.

Dikutip dari FirstCry Parenting, kurma medjool juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi seperti folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, tiamin, dan vitamin lain seperti A, C, dan K.

Kandungan zat besi yang tinggi pada kurma ini juga membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung Moms. Antioksidan didalamnya juga mampu menghilangkan radikal bebas dan juga mencegah kanker.

Baca Juga: Punya Khasiat Menakjubkan, Ini 6 Kurma Termahal dan Terenak Di Dunia

Resep Olahan dari Sari Kurma yang Bermanfaat bagi Ibu Hamil

kurma cokelat keju.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Beberapa olahan yang bisa Moms gunakan dari sari kurma yang telah Moms buat yaitu:

Susu Kurma Pisang

Bahan-bahan

  • 1-2 cangkir campuran buah beku cherry berry
  • 1 buah pisang
  • 5-6 sendok susu kurma
  • 400 ml susu almond

Cara Membuat

  • Campur semua bahan dalam blender dan mix selama 2 menit
  • Tuang dan nikmati!

Alpukat Kurma Madu

Bahan-bahan

  • 1,5 buah alpukat
  • 3 sdm sari kurma
  • 1 sendok makan madu
  • 300 ml air

Cara Membuat

  • Masukan alpukat yang sudah dikerok, ke dalam blender dan campur dengan bahan lainnya
  • Kocok atau haluskan selama beberapa menit dan siap dihidangkan!

Baca Juga: Bosan Makan Kurma? Olah Jadi 4 Hidangan Ini

Artikel Terkait