KESEHATAN
17 Juni 2019

Mengenal Manfaat Sayuran Organik untuk Kesehatan Keluarga

Benarkah sayuran organik lebih baik dari sayuran biasa?
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Semua anggota keluarga tentu ingin selalu hidup sehat dan terhindar dari penyakit. Salah satunya dengan menjaga pola makan sehat, dan rajin mengonsumsi sayur dan buah.

Moms mungkin pernah mendengar tentang sayuran organik, yang biasanya dijumpai di toko atau supermarket. Namun, apakah manfaat sayur organik untuk kesehatan lebih banyak dibanding sayuran biasa?

Menurut Mayo Clinic, kata "organik" mengacu pada cara petani menanam dan mengolah produk pertanian, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu dan daging.

Baca Juga: Cegah Penuaan Dini dengan Bahan Organik

Perbedaan Makanan Organik dan Alami

manfaat sayuran organik-1.jpg

Foto: moneycrashers.com

Berikut ini manfaat sayur organik. Tidak heran, banyak orang percaya manfaat sayur organik untuk kesehatan lebih banyak dibandingkan dengan sayuran biasa:

  • Punya kualitas tanah dan air yang lebih baik
  • Bermanfaat mengurangi polusi
  • Menyediakan habitat ternak yang aman dan sehat
  • Mempromosikan siklus sumber daya mandiri di pertanian

Dikutip dari Organic Facts, ada beberapa perbedaan antara makanan yang ditanam secara organik dan ditanam biasa. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Permintaan Makanan

Makanan organik: Ada lebih banyak untuk makanan organik daripada makanan alami. Makanan organik sudah tersedia di seluruh dunia dan orang-orang membelinya semakin banyak setiap tahun.

Makanan alami: Permintaan meningkat, tetapi tidak sebanyak makanan organik.

2. Manfaat Kesehatan

Makanan organik: Tidak ada bukti bahwa makanan organik lebih sehat daripada makanan non-organik. Orang lebih suka makanan organik karena merasa lebih aman daripada makanan yang ditanam alami, karena bahan kimia tidak digunakan dalam produksinya.

Makanan alami: Orang lebih suka jenis makanan ini karena mereka percaya pemrosesan makanan yang berlebihan bisa mengurangi manfaat kesehatan yang memang sudah ada.

3. Harga Makanan

Makanan organik: Harga lebih tinggi dari makanan non-organik.

Makanan alami: Harga lebih tinggi dari makanan olahan.

4. Umur Penyimpanan

Makanan organik: Umur simpan makanan organik lebih lama dari pada makanan alami, sehingga Moms dapat menyimpannya dengan aman untuk durasi yang lebih lama.

Makanan alami: Karena diproses secara minimal, banyak makanan yang memiliki kadar air tinggi memiliki masa simpan yang lebih pendek.

Ada banyak bukti yang menunjukkan beberapa manfaat sayur organik untuk kesehatan jika dibandingkan dengan makanan yang ditanam pada umumnya.

Baca Juga: Apakah Sebaiknya Anak Hanya Makan Makanan Organik?

Manfaat Sayur Organik untuk Kesehatan

manfaat sayuran organik-2.jpg

Foto: usatoday.com

Beberapa manfaat sayur organik untuk kesehatan. Berikut daftarnya!

1. Makanan Organik Punya Lebih Banyak Nutrisi

Makanan organik lebih baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran organik kaya akan antioksidan, vitamin C, kalsium, zat besi, kromium, dan magnesium.

Sayuran organik juga mengandung lebih sedikit pestisida. Bahan kimia seperti fungisida, herbisida, dan insektisida banyak digunakan dalam pertanian konvensional dan residunya tetap pada, dan di makanan yang dimakan.

Jadi, setuju kan jika ada lebih banyak manfaat sayur organik untuk kesehatan dibandingkan sayur biasa?

2. Makanan Juga Baik untuk Lingkungan

Pestisida yang digunakan dalam sayuran non-organik mengalir bersama air dan mencemari air kita juga. Ini buruk untuk kehidupan air dan buruk untuk diminum atau ketika hendak digunakan pada tanaman.

Praktik pertanian organik mengurangi polusi, menghemat air, mengurangi erosi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, dan menggunakan lebih sedikit energi.

Bertani tanpa pestisida juga lebih baik untuk burung dan hewan di sekitarnya serta orang-orang yang tinggal dekat dengan peternakan.

Ternyata, manfaat sayur organik untuk kesehatan bukan hanya kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan lingkungan.

Baca Juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

3. Rasa Sayur Organik Sangat Enak

Karena tidak dimodifikasi secara genetik, atau menggunakan pestisida, produk organik memiliki rasa keseluruhan yang lebih kaya, dan jauh lebih memuaskan.

Manfaat sayur organik untuk kesehatan antara lain membantu mengurangi risiko kanker dan efek kesehatan lainnya.

Itulah manfaat sayur organik untuk kesehatan. Meskipun harganya cenderung mahal, tapi manfaatnya untuk kesehatan lebih besar.

Artikel Terkait