DI ATAS 5 TAHUN
5 September 2018

Membangun Kepercayaan Diri dan 5 Manfaat Lain Senam Bagi Anak

Manfaatnya mulai dari fisik hingga kehidupan sosial
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tak hanya bagi orang dewasa saja, ternyata senam yang dilakukan dengan benar sesuai dengan usia anak-anak memiliki banyak manfaat lho, Moms.

Dari segi kesehatan saja, sudah pasti senam dapat membantu Si Kecil terhindar dari berbagai risiko penyakit seperti obesitas. Tak hanya itu, masih banyak manfaat senam bagi anak, apa saja ya?

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

1 gym

Ternyata dengan mengikuti senam, Si Kecil secara tak langsung akan dilatih untuk berpikir kreatif atas masalah-masalah geraknya.

Dengan kata lain, mentalnya akan terlatih untuk melatih kemampuan problem solving alias menyelesaikan masalah. Konsep diri yang positif juga akan semakin berkembang karena ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk bergerak sesuai instruksi atau gerakan yang benar.

Memperkuat Otot

2 gym

Gerakan senam pada anak juga terbukti mampu memperkuat otot punggung dan perut anak. Sehingga mereka yang telah terbiasa bergerak lincah ini tidak akan mudah cedera sejak dini saat melakukan aktifitas seperti melompat atau berlari.

Baca Juga: Iko Uwais Ajari Anak Bela Diri, Ternyata Banyak Manfaatnya!

Merangsang Motorik

3 gym

Dengan melakukan senam, Si Kecil akan mendapatkan rangsangan sensor dan motorik yang lebih baik. ta hanya itu, suara dan musik yang mereka dengar saat senam akan mampu menstimulasi kemampuan audionya.

Bahkan ketika dilakukan di tempat senam yang penuh dengan lampu, maka lampu-lampu tersebut akan merangsang matanya. Hal-hal tersebutlah yang akan membuat panca inderanya semakin terlatih.

Membangun Kepercayaan Diri

5 gym

Senam yang dilakukan Si Kecil dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka karena olahraga akan mampu membuat mereka menjadi optimis melalui pengembangan keterampilan.

Baca Juga: 5 Cara Mendidik Anak Jadi Suka Olahraga dan Mencetak Prestasi

Melatih Keseimbangan dan Konsentrasi

4 gym

Latihan senam pada Si Kecil akan mampu melatih keseimbangan tubuhnya. Keseimbangan sangat penting terutama saat mempersiapkan si kecil untuk mampu berdiri, melompat, berlari dengan benar.

Tak hanya itu senam juga mampu melatih konsentrasinya. Dengan gerakan-gerakan yang harus tepat membuat anak fokus dengan apa yang ia lakukan. Selain itu, keseimbangan tubuh pun akan ikut terlatih karena banyak gerakan yang membuat tubuh harus tetap seimbang.

Sosialisasi

6 gym

Saat Moms mengirimnya ke tempat olahraga yang penuh dengan teman sebaya, Si Kecil akan mulai terbiasa untuk bersosialisasi dengan membangun keberanian untuk berinteraksi dengan orang lain.

Hal ini akan baik bagi kehidupan sosialnya, karena ia bisa tumbuh menjadi sosok yang lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

Dengan segala manfaat ini, tidak perlu ragu lagi untuk mengajak anak senam ya, Moms!

(MDP)

Artikel Terkait