TRIMESTER 1
9 Desember 2019

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Ketahui Porsi yang Tepat!

Susu kedelai tinggi akan kandungan protein
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Di masa kehamilan, penting agar menjaga janin tetap sehat, sehingga Moms perlu memerhatikan asupan makanan dan aktivitas fisik sehari-hari.

Salah satu asupan yang tidak kalah penting dibutuhkan bagi ibu hamil adalah susu. Dari ragam jenis susu, Moms mungkin mempertimbangkan untuk minum susu kedelai.

Produk kedelai mengandung protein tinggi dan asam amino vital yang dibutuhkan janin untuk berkembang.

Dilansir dari Colorado State University, makanan dan minuman yang mengandung kedelai, seperti kacang kedelai, edamame, tahu, tempe, dan susu kedelai mengandung berbagai phytochemical dan antioksidan.

Hal ini membuat produk kedelai dapat melindungi kita dari gangguan jantung, beberapa tipe kanker, dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Susu Kedelai Bisa jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi untuk Bayi?

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

susubumil1.jpg

Mengutip dari Mom Junction, berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil.

1. Kaya Asam Folat

Susu kedelai kaya akan asam folat yang menawarkan nutrisi yang diperlukan dalam kehamilan.

Asupan asam folat secara teratur meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf dan mengoptimalkan perkembangan janin.

2. Mengandung Ragam Vitamin

Vitamin B1, A dan E adalah beberapa vitamin yang paling dibutuhkan di masa kehamilan.

Vitamin E menawarkan energi yang membuat kehamilan Moms tetap sehat. Konsumsi susu kedelai akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin pada janin dan ibu hamil.

3. Tinggi Kandungan Protein

Seperti yang dikatakan sebelumnya, susu kedelai tinggi kandungan protein yang dapat menjaga kesehatan pada organ di dalam tubuh.

Zat protein memastikan organ-organ janin untuk bisa berkembang dengan baik. Beberapa protein dalam susu kedelai adalah treonin, arginin, isoleusin, glisin, dan lisin.

Baca Juga: Benarkah Makan Kedelai Akan Meningkatkan Kesuburan?

Jangan Berlebihan Minum Susu Kedelai Saat Hamil

ibu hamil-2.jpg

Tetapi, Moms perlu ingat bahwa konsumsi susu kedelai untuk ibu hamil juga tidak selamanya baik, terutama bila berlebihan.

Kedelai mengandung asam fitat, zat tumbuhan alami yang berikatan dengan mineral. Zat ini dapat menghalangi penyerapan beberapa logam berat seperti merkuri, timbal, kadmium, dan uranium.

"Ini sangat bagus. Tetapi, di saat yang sama juga dapat menghambat penyerapan mineral penting seperti niasin, kalsium, magnesium, besi dan seng, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin," kata Brandon Horn, Ph.D., JD, L.Ac., profesor kedokteran reproduksi di Universitas Pengobatan Tradisional Cina Yo-San, Los Angeles, mengutip Parents.

Selain itu, produk kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol yang sebenarnya dibutuhkan tubuh semasa hamil, untuk membuat progesteron, estrogen, dan vitamin D.

Baca Juga: Perlukah Minum Susu Khusus Ibu Hamil?

Porsi Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

ibu hamil-1.jpg

Jika Moms ingin mengonsumsi susu kedelai, perhatikan jumlah asupan agar tidak membahayakan bayi yang berada di dalam kandungan.

Selama kehamilan, disarankan satu atau dua porsi konsumsi kedelai. Satu porsi itu setara dengan setengah cangkir tahu, atau satu cangkir susu kedelai.

Namun, jika Moms ragu untuk mengonsumsi kacang kedelai, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsi susu kedelai selama kehamilan.

Konsumsi dengan porsi yang salah dapat menimbulkan risiko penyakit yang ditularkan melalui makanan untuk Moms, dan juga janin yang belum lahir.

Artikel Terkait