KEHAMILAN
1 Juli 2020

5 Manfaat Susu Kunyit untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Radang tenggorokan hingga peningkatan kekebalan tubuh merupakan manfaat susu kunyit saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika Moms mengetahui tengah hamil tentu tepat untuk berpikir dua kali tentang menu makanan yang akan dikonsumsi. Apapun yang Moms konsumsi akan memengaruhi kesehatan diri juga Si Kecil dalam kandungan.

Tak jarang, Moms pun ragu menggunakan bumbu-bumbu. Salah satunya adalah kunyit yang terkenal karena khasiatnya. Kunyit menawarkan beragam manfaat.

Menurut jurnal Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects, kunyit juga disebut "Sumber rempah-rempah emas" karena warna kuningnya yang cerah memiliki sejarah panjang. Faktanya, penggunaannya berasal dari 4.000 tahun yang lalu untuk budaya Veda di India.

Selama berabad-abad, kunyit telah berkeliling dunia untuk alasan yang baik dan tidak hanya sekedar pelengkap bumbu kari.

Susu pun dapat dicampur dengan kunyit! Jika Moms menderita sakit tenggorokan, batuk kering, maka susu kunyit diyakini mampu memberikan kelegaan.

Baca Juga: 4 Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil, Simak di Sini!

Manfaat Susu Kunyit untuk Ibu Hamil

susu kunyit.jpg

Foto: Medicalnewstoday.com

Sesuai dengan jurnal yang diterbitkan National Center For Biotechnology Information, kunyit dianggap aman untuk digunakan sebagai bahan makanan.

Namun, belum ada rekomendasi khusus untuk kehamilan. Karena itu, Moms bisa menambahkannya dalam menu makanan dalam jumlah kecil atau berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang jumlah yang tepat.

Bila sudah berkonsultasi, berikut ini beberapa manfaat minum susu kunyit saat hamil:

1. Atasi Nyeri Sendi

Nyeri sendi mungkin terjadi terutama karena beban sendi menanggung karena kenaikan berat badan. Namun, kadang-kadang nyeri sendi selama kehamilan bisa disebabkan oleh beberapa alasan medis seperti radang sendi.

Dalam skenario seperti itu, kunyit mungkin memberikan bantuan. Karena kualitas anti-inflamasi curcumin yang kuat, kunyit dapat memberikan bantuan gejala dari nyeri sendi dan kaki bengkak .

2. Kadar kolesterol

Kadar kolesterol dan trigliserida meningkat selama kehamilan karena sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta produksi hormon. Namun, peningkatan kolesterol dan total lemak yang tidak normal dapat menyebabkan komplikasi medis seperti pankreatitis akut.

Kunyit sering dianggap sebagai obat alami untuk mengatur kadar kolesterol. Sebuah studi penelitian dari Universitas Kristen Marantha menunjukkan efektivitas ekstrak kunyit dalam mengurangi kolesterol dan sintesis trigliserida.

Baca Juga: Ini Manfaat Kunyit untuk Program Hamil, Catat!

3. Radang tenggorokan

Sejak dulu, kunyit telah digunakan untuk mendapatkan bantuan dari dingin, batuk, sakit tenggorokan, dan kemacetan dada. Satu sendok teh kunyit yang direbus dalam susu dapat membantu mengeluarkan lendir, dan ini meredakan batuk .

4. Kekebalan

Kunyit memiliki nutrisi dan senyawa bioaktif tertentu yang memiliki sifat antioksidan dan membantu menghilangkan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan dengan mencegah infeksi ringan.

Oleh karena itu, penggunaan kunyit untuk mendukung kekebalan selama kehamilan adalah pilihan yang bijaksana. Namun, berkonsultasilah dengan dokter.

5. Membersihkan Darah

Membersihkan darah sangat penting untuk menjaga tubuh Anda bebas dari sisa metabolisme dan racun. Dalam pengobatan ayurveda dan unani, ada penggunaan kunyit untuk membersihkan darah.

Dengan demikian, susu kunyit dapat digunakan untuk mengatur aliran darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Namun, tidak ada penelitian yang membuktikan keamanan dan kemanjuran kunyit sebagai pembersih darah selama kehamilan.

Baca Juga: 6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Terakhir, terlepas dari berbagai manfaat susu kunyit untuk ibu hamil ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan atau bidan agar terhindar dari efek samping yang tak diinginkan.

Artikel Terkait