KESEHATAN
8 November 2020

9 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan, Sudah Pernah Coba?

Teh rosella adalah jenis teh herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh ini juga memiliki rasa asam yang lezat dan dapat dibuat dan dinikmati dari kenyamanan dapur Moms sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernahkah Moms mendengar tentang teh rosella? Banyak orang mengonsumsi ini karena manfaat teh rosella yang cukup banyak untuk tubuh.

Teh rosella adalah teh herbal yang dibuat dari bagian tanaman rosella yang dikeringkan. Tentu saja Moms bisa membuatnya dengan cara menyeduhnya pada air mendidih.

Ada ratusan spesies rosella yang bervariasi berdasarkan lokasi dan iklim tempat mereka tumbuh. Akan tetapi, Hibiscus sabdariffa paling sering digunakan untuk membuat teh rosella. Tanaman ini berasal dari Afrika Utara dan Asia Tenggara, tetapi sekarang tumbuh di banyak iklim tropis dan subtropis.

Orang-orang di seluruh dunia menggunakan berbagai bagian tumbuhan rosella ini sebagai makanan dan obat. Teh rosella sendiri memiliki rasa manis dan asam, mirip dengan cranberry. Teh rosella dapat dikonsumsi panas atau dingin.

Teh rosella dikategorikan sebagai teh herbal. Teh herbal dibuat dari berbagai macam tumbuhan, jamu, dan rempah-rempah. Di banyak negara, teh herbal tidak bisa disebut “teh” karena tidak berasal dari tanaman teh Camellia sinensis.

Dikutip dari Healthline, disebutkan bahwa penelitian telah menemukan berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan teh rosella. Misalnya menurunkan sebagai antioksidan, meredakan sakit tenggorokan dan untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan

Lantas, apa manfaat lain dari teh rosella untuk kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat teh rosella beserta penjelasannya. Yuk simak!

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

6 Komplikasi Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang pertama adalah mengatasi tekanan darah tinggi. Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi teh rosella dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang berisiko tekanan darah tinggi dan mereka yang memiliki tekanan darah agak tinggi.

Partisipan penelitian mengonsumsi tiga porsi teh rosella atau minuman plasebo setiap hari selama 6 minggu. Mereka yang minum teh rosella mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi minuman plasebo.

Sebuah meta-analisis studi yang diterbitkan pada tahun 2015, menemukan bahwa minum teh rosella secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, memang lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengonfirmasi hasil.

2. Mengatasi Kolesterol

kadar kolesterol LDL - 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah mengatasi kolesterol. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 membandingkan hasil kadar kolesterol orang yang mengonsumsi teh rosella versus teh hitam. Sembilan puluh orang dengan tekanan darah tinggi mengonsumsi teh rosella atau teh hitam dua kali sehari selama 15 hari.

Setelah 30 hari, tidak ada kelompok yang mengalami perubahan berarti pada LDL atau kadar kolesterol "buruk" mereka. Namun, kedua kelompok mengalami peningkatan yang signifikan dalam total dan HDL atau kadar kolesterol "baik".

Namun, penelitian lain menunjukkan hasil yang beragam. Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan bahwa minum teh rosella tidak menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Penelitian lain, termasuk tinjauan tahun 2014 dari sejumlah uji klinis, menunjukkan bahwa mengonsumsi teh rosella meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Oleh karena itu, studi atau penelitian dengan kualitas yang lebih baik masih diperlukan untuk menyelidiki dampak konsumsi teh rosella terhadap kadar kolesterol.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengecilkan-Perut-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian telah menunjukkan dampak positif saat memeriksa efek teh rosella yang pekat dalam mengelola berat badan.

Satu laporan menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh rosella menghasilkan indeks massa tubuh (BMI), berat badan, lemak tubuh, dan rasio pinggul-ke-pinggang yang lebih rendah.

Sebuah studi yang lebih lampau menunjukkan bahwa ekstrak dari rosella menyebabkan penurunan kolesterol dan trigliserida pada populasi di Meksiko. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko obesitas.

Namun, perlu dicatat bahwa penelitian ini menggunakan dosis terkonsentrasi dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat rosella dalam teh.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Hati

man-holding-liver-illustration-against-gray-wall-background_46527-273.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan hati. Mulai dari memproduksi protein hingga mengeluarkan empedu dan memecah lemak, organ hati sangat berperan penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menariknya, penelitian telah menunjukkan bahwa rosella dapat meningkatkan kesehatan hati dan membantunya bekerja secara efisien.

Sebuah penelitian pada hamster menunjukkan sifat ekstrak rosella yang dapat melindungi hati atau dengan kata lain, pengobatan dengan ekstrak rosella, dapat menurunkan penanda kerusakan hati.

Penelitian pada hewan lain melaporkan bahwa pemberian ekstrak rosella pada tikus meningkatkan konsentrasi beberapa enzim obat detoksifikasi di hati hingga 65 persen.

Namun, patut diingat bahwa semua penelitian ini menilai efek ekstrak rosella, bukan teh rosella. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana teh rosella bermanfaat bagi kesehatan hati manusia.

Baca Juga: Apa itu Fatty Liver? Kenali Gejalanya dan Hindari Penyebabnya

5. Sebagai Antioksidan

Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya! 2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah sebagai antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang membantu melawan senyawa yang disebut radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan pada sel di tubuh seseorang. Teh rosella kaya akan antioksidan kuat dan hal tersebut dapat membantu mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas.

Dalam sebuah penelitian pada tikus, ekstrak rosella meningkatkan jumlah enzim antioksidan dan mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas hingga 92 persen. Studi tikus lain memiliki temuan serupa, menunjukkan bahwa bagian tanaman rosella, seperti daunnya, memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Namun, perlu diingat bahwa ini adalah penelitian pada hewan yang menggunakan ekstrak rosella dosis terkonsentrasi. Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk menentukan bagaimana antioksidan dalam teh rosella dapat memengaruhi manusia.

6. Mencegah Kanker

penyebab virus Corona novel-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah mencegah kanker. Kembang sepatu atau rosella mengandung polifenol tinggi. Polifenol merupakan senyawa yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker yang kuat.

Studi tabung reaksi telah menemukan hasil yang mengesankan mengenai potensi efek ekstrak rosella pada sel kanker. Dalam satu penelitian tabung reaksi, ekstrak rosella dapat mengganggu pertumbuhan sel dan mengurangi invasi kanker mulut dan sel plasma.

Studi tabung reaksi lain melaporkan bahwa ekstrak rosella mencegah penyebaran sel kanker prostat pada manusia. Ekstrak rosella juga telah terbukti menghambat sel kanker perut hingga 52 persen dalam penelitian tabung reaksi lainnya.

Ingatlah bahwa ini adalah penelitian tabung reaksi yang menggunakan ekstrak rosella dalam jumlah tinggi. Penelitian lebih luas pada manusia masih diperlukan untuk mengevaluasi efek teh rosella terhadap kanker.

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Mama Tahu

7. Bisa Membantu Memerangi Bakteri

Hubungan antara Infeksi Darah dan Kanker Kolorektal - Kanker kolorektal dan infeksi bakteri.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah membantu memerangi bakteri. Bakteri merupakan mikroorganisme bersel tunggal yang dapat menyebabkan berbagai macam infeksi. Misalnya mulai dari bronkitis hingga pneumonia bahkan infeksi saluran kemih.

Selain memiliki sifat antioksidan dan antikanker, beberapa penelitian tabung reaksi menemukan bahwa rosella dapat membantu melawan infeksi bakteri.

Faktanya, satu studi tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak rosella mampu menghambat aktivitas E. coli, strain bakteri yang dapat menyebabkan gejala seperti kram, gas, dan diare.

Studi tabung reaksi lain menunjukkan bahwa ekstrak tersebut juga mampu melawan delapan strain bakteri dan sama efektifnya dengan beberapa obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.

Namun, tidak ada penelitian pada manusia yang meneliti efek antibakteri dari teh rosella, jadi masih belum jelas bagaimana hasil ini dapat diterapkan pada manusia.

8. Mengontrol Gula Darah atau Mengatasi Diabetes

Tips-Camilan-untuk-Penderita-Diabetes.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah mengontrol gula darah. Teh rosella dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengontrol glukosa darah (gula) mereka dengan lebih baik.

Banyak bukti saat ini didasarkan pada penelitian pada hewan, termasuk studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Penelitian Farmakognosi di mana ekstrak H. sabdariffa yang disuntikkan, mampu mengurangi glukosa darah pada tikus sebesar 12 persen.  Menariknya, tikus normal yang disuntik dengan ekstrak yang sama tidak mengalami perubahan kadar glukosa.

Masalah lain yang dihadapi penderita diabetes adalah dampak penyakit ini terhadap kadar lemak (lemak) darah. Penderita diabetes cenderung memiliki lebih sedikit kolesterol "baik" dan lebih banyak kolesterol "jahat" dalam darahnya, yang keduanya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dalam sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, para peneliti menyediakan teh rosella dan teh hitam untuk diminum dua kali sehari selama 30 hari oleh penderita diabetes.

Dari 53 orang yang menyelesaikan penelitian, mereka yang minum teh rosella memiliki peningkatan signifikan dalam kolesterol "baik" high-density lipoprotein (HDL) dan penurunan kolesterol "jahat" low-density lipoprotein (LDL) dibandingkan dengan kelompok teh hitam. Dari situ, kadar kolesterol dan trigliserida total mereka juga secara konsisten turun.

9. Melancarkan Menstruasi

Menstruasi Normal dan Teratur, Kenapa Tidak Kunjung Hamil? 5

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah melancarkan menstruasi. Rosella rupanya juga dapat mempengaruhi estrogen. Artinya, minum teh rosella bisa membantu Moms yang siklus menstruasinya sering terlambat atau tidak teratur.

Bagi sebagian wanita, merangsang menstruasi adalah hal yang baik. Dan tidak hanya untuk masalah jadwal, secangkir teh rosella juga dapat membantu mengatasi kram perut yang biasa terjadi pada hari-hari awal menstruasi

Namun, jangan mencobanya ketika Moms sedang hamil karena teh rosella ini cukup berisiko untuk dikonsumsi ibu hamil. Dengan kemanpuannya  menginduksi menstruasi, hal itu meningkatkan kemungkinan ibu hamil dapat mengalami keguguran ketika meminum teh rosella.

Hal yang sama berlaku saat Moms sedang mencoba atau program untuk hamil. Dikutip dari sebuah blog, dijelaskan bahwa teh rosella bisa membuat peluang Moms untuk hamil menjadi semakin lebih sulit.

Selain banyak manfaat kesehatannya, teh rosella memiliki rasa lezat dan mudah disiapkan di rumah. Cukup tambahkan bunga rosella kering ke dalam teko dan tuangkan air mendidih ke atasnya. Biarkan terendam selama lima menit, lalu saring, beri gula jika memang ingin, dan siap untuk dinikmati.

Karena rasanya yang memiliki tekstur asam, maka untuk alasan ini banyak orang yang memberinya tambahan madu atau dibumbui dengan perasan air jeruk nipis untuk menyeimbangkan rasa getirnya.

Rosella kering dapat dibeli di toko makanan kesehatan terdekat atau online. Teh rosella juga tersedia dalam kantong teh yang sudah jadi atau instan dan bisa langsung direndam dalam air panas, diangkat dan dinikmati.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Nah, itulah beberapa manfaat teh rosella untuk kesehatan. Tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya.

Artikel Terkait