KEHAMILAN
23 Mei 2020

4 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil, Yuk Cari Tahu!

Telur kaya akan protein serta kolin yang mampu membantu perkembangan Si Kecil dalam kandungan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pola makan saat hamil perlu diperhatikan secara khusus karena memiliki dampak langsung pada Si Kecil dalam kandungan. Makan makanan yang bergizi penting untuk kesejahteraan ibu dan anak.

Nah, salah satu menu makanan yang mungkin dipikirkan serta mudah diolah adalah telur.

Ya, telur dipilih karena penuh dengan nutrisi serta protein yang terkandung di dalamnya. Namun amankah makan telur saat hamil? Menurut foodsafety, makan telur saat hamil aman, asalkan benar-benar dimasak karena telur mentah atau setengah matang mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella yang bisa menyebabkan keracunan.

Baca Juga: Apa Makan Telur Membuat Luka Operasi Gatal?

Nah, memasak dan mempasteurisasi telur akan membunuh bakteri, sehingga akan mengurangi risiko keracunan bakteri salmonella saat hamil.

Manfaat Makan Telur untuk Ibu Hamil

Makan Telur

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui makan telur saat hamil aman dilakukan, tentunya Moms pun penasaran seperti apa manfaat makan telur saat hamil?

1. Kaya Protein

Moms, protein sangat penting untuk perkembangan Si Kecil dalam kandungan agar sehat karena setiap sel janin terbuat dari protein.

Journal of Health, Population and Nutrition menerangkan makan telur dalam jumlah yang cukup dapat membantu pertumbuhan janin. Karena mengandung asam amino esensial yang tidak dapat disintetis oleh tubuh.

2. Perkembangan Otak Janin

Telur mengandung kadar kolin yang baik untuk pertumbuhan serta perkembangan otak janin. Karena itu, manfaat makan telur saat hamil lainnya adalah melindungi Si Kecil dari cacat tabung saraf.

Baca Juga: Lebih Sehat Mana, Makan Kuning Telur Atau Putih Telur?

3. Menambah Kalori

Ibu hamil membutuhkan sekitar 200 hingga 300 kalori ekstra dalam sehari. Menurut USDA, telur rata-rata menghasilkan 70 kalori, sehingga membantu memenuhi kebutuhan kalori ibu dan bayi.

4. Mengatur Kolesterol

Dilansir dari Center for Nutrition in Schools Department of Nutrition University of California, makan telur secara tertatur akan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun, Moms harus berbicara dengan dokter kandungan tentangan makanan yang dikonsumsi jika memiliki masalah kolesterol.

Tips Konsumsi telur saat Hamil

Makan telur

Foto: Orami Photo Stock

Tapi, sebelum mendapatkan manfaat makan telur saat hamil, Moms perlu mengingat beberapa hal, yaitu:

  • Jangan lupa untuk memeriksa telur yang terbaik sebelum atau sesudah dibeli
  • Jangan membeli telur yang memiliki cangkang yang pecah karena rentan terhadap bakteri serta kotoran.
  • Baiknya beli telur yang organic karena mereka tidak menggunakan antiobiotik atau hormon apapun pada unggas.
  • Sebelum memasak, lakukan tes kesegaran telur dengan menaruh dalam mangkuk air. Bila mengapung berarti telur tidak segar dan kebalikannya bila tenggelam ke dasar maka telur dianggap segar.

Baca Juga: Amankah Ibu Hamil Makan Telur Ikan?

Karena sumber protein mudah tersedia, maka telur merupakan tambahan yang bagus selama kehamilan. Sehingga, tak ada salahnya memasukkan telur ke dalam menu harian selama kehamilan asalkan ingat untuk tidak memakan dalam keadaan mentah maupun setengah matang.

Artikel Terkait