KESEHATAN
27 Maret 2020

3 Manfaat Temulawak, Salah Satu Bahan Jamu Empon-Empon Anti Corona, untuk Kesehatan

Bahan jamu empon-empon ini ternyata banyak digunakan untuk pengobatan tradisional lainnya.
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Temulawak merupakan salah satu rempah-rempah asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Jenis tanaman ini mampu mengobati berbagai macam penyakit yang berbeda.

Cara pengobatan alami yang menggunakan temulawak sudah dilakukan sejak 4.000 tahun lalu.

Dalam pengobatan Ayurvedic dan tradisional Tiongkok, para ahli sangat mengharga temulawak sebagai obat anti-inflamasi dan penyembuh luka yang efektif.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Asam Selain untuk Nyeri Haid

Sedangkan temulawak di Indonesia sering dijadikan sebagai bahan yang ada dalam jamu. Selain sebagai bahan jamu, tentunya juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Memang apa saja sih manfaat temulawak sampai banyak digunakan? Yuk cari tahu.

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

manfaat temulawak

Dilansir dari laman Incorpore Medical Center, menemukan bahwa manfaat temulawak salah satunya adalah untuk pencernaan.

Temulawak mampu merangsang produksi empedu di kantong empedu, yang dapat membantu memperlancar pencernaan.

The German Commission E, badan yang menentukan ramuan mana yang aman diresepkan di Jerman, mendukung temulawak untuk mengobati berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas, dan dispepsia.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology memeriksa pasien yang menderita kolitis ulseratif.

Pasien yang mengonsumsi temulawak harian mengalami tingkat kambuhan yang jauh lebih rendah daripada pasien yang menggunakan plasebo selama enam bulan.

Baca Juga: 6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

2. Osteoartritis

manfaat temulawak

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 oleh Journal of Alternative dan Complementary Medicine memeriksa pasien penderita artritis lutut yang mengambil ekstrak temulawak lokal atau ibuprofen setiap hari selama enam minggu.

Pada akhir penelitian, penelitian menunjukkan bahwa temulawak lokal bekerja sama baiknya dengan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi di lutut tanpa efek samping yang merugikan.

3. Mencegah Kanker

manfaat temulawak

Manfaat temulawak selanjutnya dapat membantu mencegah, mengendalikan atau bahkan membunuh beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, usus besar dan prostat.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah "The Prostate," menemukan bahwa curcumin secara signifikan menghambat pertumbuhan kanker prostat dan memiliki potensi untuk mencegah perkembangan kanker ke keadaan refrakter hormonnya.

Baca Juga: Tambahkan 6 Rempah Ini dalam Perawatan Kulit Moms Agar Tetap Awet Muda

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, tampaknya temulawak memiliki potensi yang kuat untuk melawan berbagai kanker.

Pusat Medis Universitas Maryland menjelaskan bahwa temulawak dapat bekerja dengan menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker, dan efek pencegahannya berasal dari aktivitas antioksidannya yang melindungi sel dari kerusakan.

Wah, ternyata banyak manfaat temulawak yang biasanya kita temukan! Jadi, Moms ingin rutin mengonsumsi jamu temulawak mulai sekarang?

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan minum jamu, pastikan Moms tetap di rumah dan sebisa mungkin minimalisir kegiatan di luar.

Kalau takut bosan, tenang saja Moms! Orami punya banyak promo di rumah aja supaya Moms bisa belanja berbagai kebutuhan secara lebih mudah dan dengan harga yang miring.

Moms tidak perlu khawatir berbelanja di Orami di tengah pandemi corona.

Sebab, produk-produk yang Moms beli telah diberi disinfektan untuk mencegah dari paparan virus dan bakteri.

Setiap kurir internal juga selalu mengenakan masker, serta semua kantor dan gudang Orami senantiasa terjaga kehigienisannya. Yuk belanja di rumah aja bersama Orami!

Artikel Terkait